rizamuharramAvatar border
TS
rizamuharram
Di Mana Aja Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Bisa Diamati?
Halo, gansis~

Tau nggak kalo tanggal 26 Desember 2019 nanti akan ada peristiwa langit gerhana Matahari cincin yang bisa diamati di Indonesia?

Kalo belum tau, simak thread ane ini dah. emoticon-Malu (S)


Menurut EarthSky.org, gerhana Matahari pada 26 Desember 2019 ini adalah gerhana Matahari cincin, gansis. Buat yang belum tau, gerhana Matahari cincin terjadi ketika Matahari-Bulan-Bumi berada segaris lurus di bidang tata surya. Tapi, ketika kesejajaran itu terjadi, Bulan bertepatan dengan jarak terjauhnya dari Bumi tuh, membuat diameter sudut (diameter kenampakannya dari Bumi) jadi lebih kecil daripada diameter sudut Matahari.

Hal itulah yang bikin Matahari nggak akan tertutup sempurna oleh Bulan saat puncak gerhana Matahari cincin 26 Desember 2019 nanti terjadi, melainkan menyisakan sekitar 6% bagian pinggiran Matahari, yang nantinya akan kelihatan seperti cincin. Dengan kata lain, 94% wajah Matahari akan tertutupi oleh Bulan.

Eits, nggak semua wilayah bisa ngamat gerhana Matahari cincin ini ya, gansis. Cuma daerah-daerah yang dilalui jalur gerhana aja nih, dengan persentasenya sebagai berikut:

Spoiler for Persentase gerhana:


Yak, menurut infografik dari InfoAstronomy.org itu, wilayah yang bisa mengamati gerhana Matahari cincin cuma Sibolga, Padang Sidempuan, Siak, Batam, Singkawang, Entikong, dan Tanjung Selor. Sementara wilayah-wilayah lainnya cuma bisa mengamati gerhana Matahari sebagian.

Semakin jauh gansis tinggal dari wilayah yang dilalui jalur gerhana, semakin kecil gerhana Matahari sebagian yang bisa diamati. Sebagai contoh nih, menurut infografik di atas, wilayah Lampung bisa ngamat gerhana Matahari sebagian 80-85%. Sementara kalo gansis tinggal di Bali, cuma dapet 60-65% gerhana aja.

Oh iya, jam berapa sih gerhana ini akan terjadi? Masih menurut InfoAstronomy.org, ini dia nih jam-jamnya:

Spoiler for Gerhana Matahari Cincin:


Gimana dengan wilayah-wilayah yang bisa melihat gerhana Matahari sebagian? Nih~

Spoiler for Gerhana Matahari Sebagian:


Wilayah tempat tinggal gansis nggak disebutkan dalam list di atas? Itu bukan berarti nggak kebagian gerhana kok!

Gansis cukup ikutin persentase dan waktu terjadinya gerhana untuk wilayah terdekat yang tercantum dalam list aja. Jadi misalnya gansis tinggal di Cirebon (yang mana nggak disebutkan dalam list di atas), maka bisa ikutin persentase dan waktu terjadinya gerhana untuk wilayah Bandung. Nggak akan beda kok.

Oh iya, ngamat gerhana Matahari cincin atau gerhana Matahari sebagian wajib menggunakan kacamata berfilter matahari ya gansis. Beli yang jenis filternya paling gelap atau nama jenisnya optical density 5.

Selamat berburu gerhana! emoticon-Cendol (S)

Spoiler for Sumur:

Elpipo
bang.didot
nona212
nona212 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
6.4K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.