luko.belitaAvatar border
TS
luko.belita
Warga Temukan 5 Jenazah di Nduga, Diduga Ditembak Oknum TNI


Jakarta, IDN Times - Sebanyak lima jenazah ditemukan warga di Kampung Iniye, Distrik Mbua, Nduga, Papua. Diduga, kelimanya merupakan korban penembakan yang dilakukan oknum anggota TNI.

Dikutip dari dari Jubi.co.id, lima jenazah ini ditemukan warga bersama aktivis Jaringan Pembela HAM (JapHAM) Pegunungan Tengah pada Kamis (10/10).

Kelima jenazah ditemukan di dalam satu lubang. Lubang tersebut ditutupi daun-daunan dan ditimbun dengan tanah. Tiga dari jenazah tersebut disebut berjenis kelamin perempuan.
1. Cerita dari saudara korban

Warga Temukan 5 Jenazah di Nduga, Diduga Ditembak Oknum [url]TNIhttps://riaurealita.com/mobile/detailberita/1942/sadis-petani-ini-rudapaksa-dan-bunuh-siswi-kelas-1-sd[/url]

Salah seorang saudara korban yang juga tokoh pemuda Nduga, Samuel Tabuni, mengatakan bahwa korban dari Wamena akan menuju ke Nduga untuk membawa bahan makanan pada Jumat (20/9).

Korban kala itu diketahui bersama rombongan pemuda Nduga menggunakan mobil Estrada. Di Kampung Iniye, sejumlah orang disebut-sebut memisahkan diri membawa bahan makanan ke kampung masing-masing.

Sedangkan korban bersama sejumlah orang yang tersisa menyimpan bahan makanan yang dibawa di Gua Batu di Gunung Kanbobo. Lokasi yang terbilang masih cukup jauh dari Kampung Iniye, korban lantas menginap di Kampung Iniye.

“Pada tanggal 21 September, lima orang berniat mengambil bahan makanan yang mereka simpan di Gua Batu. Yang lainnya menyusul kemudian. Saat rombongan lainnya sedang menyusul, terdengar bunyi tembakan sehingga mereka tak berani meneruskan perjalanan mereka ke Gua Batu. Mereka berbalik kembali ke Iniye lalu menelepon saya,” kata Samuel Tabuni pada Kamis (10/10) dikutip dari Jubi.co.id.

Menurut Samuel, ia belum yakin dengan informasi yang dia peroleh dari warga di Kampung Iniye. Hal ini lantas membuat Samuel meminta bantuan kepada aparat keamanan untuk mencari tahu mengenai kebenaran dari informasi yang dia dapatkan tersebut. Namun informasi yang didapatkan dari aparat keamanan justru menyatakan tidak ada laporan mengenai insiden penembakan di Mbua.

“Ini saudara saya yang jadi korban. Sehingga saya terus mencari tahu kebenarannya. Setelah lebih 20 hari, akhirnya terungkap juga bahwa benar kelimanya menjadi korban penembakan yang diduga dilakukan oleh oknum anggota TNI,” kata Samuel lagi.

Menurut informasi dari Samuel, warga yang sejak awal menghubungi dirinya mengatakan melihat anggota TNI di sekitar Gua Batu.


2. Identitas lima jenazah

Warga Temukan 5 Jenazah di Nduga, Diduga Ditembak Oknum TNIDok. Jubi/IDN Times

Dari lima jenazah yang ditemukan, tiga di antaranya berjenis kelamin perempuan sedang dua lagi berusia di bawah 17 tahun. Tercatat kelima korban yang meninggal dunia adalah Yuliana Dronggi (35 tahun), Jelince Bugi (25 tahun), Macen Kusumbrue (26 tahun), Tolop Bugi (13 tahun), dan Hardius Bugi (15 tahun).

Kelimanya sudah dalam kondisi membusuk ketika ditemukan. Jenazah ditemukan di dalam satu lubang yang ditutupi dengan rumput dan daun-daun.

“Jenazah mereka ditemukan oleh sejumlah warga dan JapHAM Pegunungan Tengah yang dipimpin Theo Hesegem,” kata Samuel Tabuni.

3. Belum ada laporan diterima Kodam Cendrawasih


Dilansir dari Jubi.co.id, pihak Kodam XVII/Cenderawasih belum mendapatkan informasi mengenai peristiwa penembakan tersebut. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh pihak Jubi.co.id.

“Kita belum terima laporan resmi dari satuan setempat,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto dikutip dari Jubi.co.id.

Sejak konflik di Nduga pada awal Desember lalu hingga saat ini, 189 orang tercatat meninggal dunia. Penyebab kematian mulai dari kelaparan di pengungsian atau pun ditembak oleh anggota TNI dan Polri.

Jubi.co.id mencatat ribuan warga Nduga telah mengungsi. Selain itu 39 gereja telah dikosongkan.

4. Masyarakat Nduga minta TNI/Polri ditarik dari Nduga


Menurut Samuel, masyarakat Nduga menuntut agar semua pasukan TNI/Polri ditarik dari Nduga. Samuel juga secara terbuka menyatakan membutuhkan intervensi bantuan kemanusiaan mulai dari obat-obatan, bahan makanan, dan investigasi independen oleh lembaga kemanusiaan Internasional.

Di sisi lain, Gubernur Papua, Lukas Enembe, meminta agar pengungsi di Nduga diberlakukan sama seperti pengungsi di konflik Wamena.

“Warga Nduga juga warga Negara Indonesia yang harus diperlakukan sama dengan warga lainnya,” kata Enembe dikutip dari Jubi.co.id.

Enembe mengatakan telah berkoordinasi dengan Bupati Kabupaten Jayawijaya dan Lanny Jaya. Hal ini dilakukan lantaran sebagian besar pengungsi Nduga berada di dua kabupaten tersebut.

Dia meminta kepala daerah di Kabupaten Jayawijaya dan Lanny Jaya untuk memperhatikan para pengungsi Nduga dengan baik. Para pengungsi disebut Enembe merupakan masyarakat Papua yang perlu perhatian dari pemerintah.

https://sulsel.idntimes.com/news/ind...al-sulsel/full
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

The good news is, selain semakin banyak negara2 di dunia yang mendukung papua merdeka, sudah mencapai 80 an negara, mencakup negara2 unieropa dan negara2 wakanda (aprika), juga para akademia di Universitas Oxford sudah mendukung kemerdekaan Papua, kata para professor di sana dalam berbagai thesis, tidak ada landasan hukum apapun bagi Indonesia untuk mengklaim papua sebagai bagian dari republik ormas teroris ceria emoticon-Ngakak

Asal lihat video2 papua, ane jadi teringat Starwars, dimana OPM,TNPB mirip Rebel Alliance, melawan tirani empire emoticon-Ngakak

Remember fellow papuans, never let your land become the second North Sumatra

If you choose to die today, then future generations will live in a terror free era

Should you choose to bow your heads, then future gens will also bow their heads in terror and fear

And your land, will be just like north sumatra, a large receptable of human wastes, ridden and plaqued by terrorists called ormas, okp, endorsed by greedy generals

Para jenderal petak peternak ormas okp, kalau ga dapat lahan di papua, jaga keamanan dan ketahanan lahan parkir saja yah, kan mau dibangun mesjid raya baru, dan objek2 wisata baru di sumut emoticon-Shakehand2

Republik sakau ormas
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.