• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Motor Roda Empat Asal Swiss Baru Saja Dirlis, Boleh Masuk Tol?

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Motor Roda Empat Asal Swiss Baru Saja Dirlis, Boleh Masuk Tol?


Bagi yang belum tahu, beberapa waktu lalu kita kedatangan motor matic baru bernama Qooder. Motor matic ini bukan skutik biasa…jika kebanyakan motor pakai dua buah roda, untuk Qooder pakai 4 buah roda.

Yap, empat buah roda dengan konfigurasi dua depan dan dua di belakang. Posisi roda seperti ini mungkin bisa kita bilang sebagai motor dengan konsep mobil.



Motor ini sebelumnya sempat tertangkap kamera spyshot sedang di test di jalanan Indonesia. Saat pertama kali diunggah, sontak warganet yang melihat penamapakan motor ini dibuat mati penasaran. Sebab belum pernah ada sebelumnya motor beroda empat di Indonesia…roda tiga aja jarang.

Akhirnya kita sudah tidak dibikin penasaran lagi, sosok tersebut kemarin telah resmi diperkenalkan oleh APM (Agen Pemegang Merk) Gforce Republic.

Qooder saat ini diklaim jadi motor beroda empat pertama di Indonesia, dan bagi yang masih asing motor ini adalah motor buatan Swiss.



Dari segi mesin Qooder sebenarnya tidak ada yang istimewa, yakni menggunakan mesin 399cc 4 tak single silinder SOHC 4 katup berpendingin cairan dan pakai transmisi model CVT.

Transmisi CVT tersebut disalurkan ke dua roda belakang dengan belt di setiap rodanya. Jadi bisa dibilang motor ini punya dua penggerak roda, yakni roda belakang kanan dan roda belakang kiri.

Untuk system kinerja rodanya menggunakan suspensi independen dengan shock hidrolik tanpa spring. Dengan itu pengendara dapat lebih mudah mengendalikan handling si motor ketika melahap tikungan atau bermanuver.



Sayang system lock pada motor Qooder ini masih mekanikal belum elektrik. Jadi ketika motor berhenti pengendara perlu mengunci gerak suspensi depan dan juga belakang dengan cara menarik tuas yang ada di dashboar. Tujuannya agar motor bisa berdiri tanpa kaki pengendara turun.

Meski bodinya sangat bongsor, namun motor ini hanya punya bagasi dengan ukuran mungil dan letaknya ada di jok paling belakang.

Tapi jangan kaget meskipun kelasnya skutik 400cc tapi motor beroda empat ini dibandrol dengan harga Rp 357 jutaan.



Kalau pakai 4 roda kira-kira bisa masuk tol gak ya?

“Kami belum melihat ke arah situ, yang jelas kami tunduk dan patuh pada aturan pemerintah,” tutur Budi Kurniawan, Sales & Marketing Director PT. GForce Republic.

Jadi sekarang Qooder masih belum bisa masuk tol, jadi jangan coba-coba nekat ya hehe.

Referensi : motorplus-online.com(14/12/2019).
koukigeass
nona212
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.