Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

motivanjritAvatar border
TS
motivanjrit
6 Barang Canggih Yang Prototipe-nya Ada Dari Zaman Dulu


Beberapa barang yang akan dibahas di bawah ini merupakan barang-barang yang masih eksis di zaman sekarang. Bahkan beberapa ada yang namanya mencuat ke peermukaan baru-baru ini. Nah penasaran barang-barang apa aja ? Berikut 6 Barang Canggih yang prototipe-nya ada dari zaman dulu gan.


Tank 

Image Source


Perwakilan dari ketentaraan Inggris dan Sekretaris Komite Pertahanan, yakni Kolonel Ernest Swinton dan William Hankey mencetuskan ide pembangunan kendaraan lapis baja. Karena mereka berpendapat bahwa untuk menerobos wilayah musuh dan membantu pasukan infanteri dalam pertempuran. Gagasan, ide serta konsep pun dibentuk dan diutarakan kepada Winston Churchill seorang Menteri Angkatan Laut Inggris yang akhirnya menerima ide ini.
 
Pada tanggal 6 September 1915 (104 tahun lalu) Prototipe Tank yang dijuluki “Little Willie” pertamakali ditunjukan ke rakyat inggris.  Little Willie merupakan kendaraan lapis baja. Kendaraan yang memiliki berat 14 Ton ini mudah terjebak dalam parit dan hanya mampu berjalan sejauh 2 mil/jam di medan berat yang dinilai menjadi kekurangan prototipe Tank ini. Tujuan pengembangan Tank dilakukan Inggris adalah bentuk reaksi ketika perang dunia I. Little Willie Inilah yang menjadi awal mula perkembangan tank untuk menjadi kendaraan perang militer.
 
 
 

Jika Definisi Drone adalah kendaraan via udara tanpa awak, maka drone sudah bisa dikatakan muncul pada tahun 1839, saat tentara Austria menyerang kota Venesia dengan balon tanpa awak yang membawa bahan peledak. Kemudian pada tahun 1916, Inggris Raya berhasil merancang Ruston Proctor Aerial yakni pesawat bersayap tanpa pilot pertama yang didesain berdasarkan Ramalan Futuristik Nikola Tesla.
 
Militer Inggris memilih untuk membatalkan proyek karena gagalnya beberapa prototipe yang diluncurkan. Namun setahun kemudian, diluncurkan Pesawat Otomatis Hewitt-Sperry sebuah alternatif dari amerika.
Hingga saat ini Pesawat tanpa awak terus dikembangkan sampai dijadikan untuk memantau sawah serta menjadi alat videografi menjadi yang saat ini lebih dikenal sebagai fungsi drone.


 
SmartWatch


Image Source

Sebelum ada teknologi seperti sekarang ini, orang-orang jaman dahulu menentukan waktu siang dan malam melalui sebuah jam matahari (Sundial). Jam matahari pertama kali digunakan sekitar 3.500 tahun sebelum Masehi. Jam ini menunjukkan waktu berdasarkan pada posisi matahari. Caranya, dengan memanfaatkan bayangan yang jatuh pada permukaan datar yang kemudian ditandai dengan jam-jam dalam satu hari.


Kita lompat jauh ke tahun 1970-an adalah sejarah pertama kalinya di dunia, jam digital muncul. Cikal-bakal kemunculan smart watch ini pertama kali dibuat oleh Hamilton Pulsar dengan harga awal yang cukup Mahal dan kemudian pada tahun 1975 harga jam digital menjadi terjangkau karena diproduksi secara massal dalam case plastik yang kemudian membuat merk jam digital Pulsar dijual kepada Seiko.

Seiko menjadi pemain utama dalam bisnis jam digital di Jepang setelah adanya Quartz Revolution yang menguntungkan industri jam tangan Jepang . Kemudian disusul oleh perusahaan Swiss yang awalnya hanya ikut memproduksi prototipe jam tangan LCD yang kemudian menjadi raksasa jam tang digital terbesar yang bernama casio.

Lalu pada thun 1980-an inovasi terhadap jam digital mulai besar-besaran, dari mulai TV Watch yang diproduksi oleh seiko, Radio + Voice Memo Watch yang dikeluarkan oleh Citizen, Jam digital yang bisa digunakan untuk memainkan game, mendeteksi suhu, built-in GPS dan Translate yang dibuat oleh Casio. Hingga saat ini, Jam terus-terusan berinovasi hingga bermunculan banyak smartwatch dengan merk-merk dari yang terkenal hingga tidak terkenal.


 
Rokok Elektrik


Image Source

Jika mengutip dari Consumer Advocates for Smoke Alternative, rokok elektrik dikatakan sudah ada semenjak tahun 1930. Bukti kuat keberadaan rokok elektrik saat itu adalah dokumen berisi hak paten rokok elektrik yang diberikan kepada Joseph Robinson meskipun tidak pernah dipasarkan.
 
Kemudian di Tahun 1960-an ada seseorang yang dianggap sebagai pencipta pertama sebuah device yang mirip dengan rokok elektrik yang bernama Herbert A Gilbert karena disebut-sebut telah menerima hak paten atas rokok elektrik tersebut, namun sayangnya pada 1965 rokok elektrik dianggap gagal untuk dikomersialkan.

Nama “Vape” mulai dipopulerkan pada tahun 1979-1980 dan kemudian salah satu pelopor komputer yang bekerjasama dengan ahli fisika, yakni Phil Ray dan Norman Jacobson bergagasan untuk menciptakan variasi rokok elektrik komersil pertama yang diawali langkah mereka dengan mengadakan penelitian formal untuk menciptakan sebuah alat penghantar nikotin.

Namun sayangnya kesalahan-kesalahan yang ada membuat perangkat tersebut tidak pernah menjadi teknologi yang menjanjikan. Namun kedua orang inilah yang berhasil mempopulerkan nama Vape pada tahun 1990-an.

Karena semakin Populer, banyak mata yang mulai melirik industri rokok elektrik ini, Hingga sebuah perusahaan tembakau asal Amerika Serikat berani melaunching sebuah produk yang mirip dengan rokok elektrik modern pada tahun tersebut. 

Perusahaan itu kemudian  mengurus izin kepada Food and Drug Administration untuk mengepakan sayap rokok elektrik tersebut menuju pasar di tahun 1998, meskipun FDA menolaknya dengan alasan device tersebut dianggap device yang belum disetujui.

Di Tahun 2003, seorang perokok yang berprofesi sebagai seorang farmasi yang bernama  Hon Lik membuat sebuah device rokok elektrik dan berhasil membuatnya komersil dan dikembangkan oleh perusahaan tempatnya bekerja dan mengganti namanya menjadi “Ruyan”.

Rokok Elektrikterus berkembang hingga saat ini, dari yang bentuknya besar dan rumit dalam pengoperasiannya hingga menjadi bentuk pods yang sudah sangat mudah dicari di toko-toko baik itu offline maupun online.
 


Seorang Cendikiawan Muslim bernama Abu Ali Al-Hasan ibn Al-Haytham atau juga dikenal sebagai Alhazen pada abad ke 10 telah membuat benda yang menjadi cikal bakal semua kamera yang ada pada saat ini. Ketika membuatnya, Alhazen melakukan berbagai percobaan-percobaan tentang optik. Eksperimen nya ini menggunakan istilah  “Al Bayt al-Muthlim” yang ketika diterjemahkan artinya adalah Ruang Gelap. 

Kamera yang dibuat pertama kali oleh Al-Hazen ini lebih dinamakan kamera obscura atau lebih dikenal sebagai kamera lubang jarum, yakni sebuah benda yang menjukan bahwa cahaya bisa digunakan untuk memproyeksikan gambar pada permukaan datar.

Meskipun membuatnya, Alhazen menyebut bukan dia yang menemukannya yang dinyatakan dalam bahasa latin “Et nos non inventimus ita”  yang artinya “kami tidak menemukannya.” Karena pada dasarnya ide awal kamera memang telah dijelaskan oleh seorang filsuf china bernama Mozi. Kemudian agar dapat lebih paham tentang optik, Aristoteles juga menuliskan tentang kamera obscura.

Lensa kamera ditemukan pada pertengahan tahun 1600-an yang membuat para seniman mulai menggunakan kamera obscura untuk membantu para seniman melukis dan menggambar objek yang rumit. Dan pada tahun 1827, ilmuwa Perancis Joseph Nicephore Niepce mengembangkan gambar fotografi pertama dengan kamera obscura, karena sebelumnya tidak ditemukan gambar fotografi permanen.

Niepce menempatkan ukiran ke pelat logam yang dilapisi aspal dan kemudian memaparkannya ke cahaya. Area bayangan dari ukiran itu menghalangi cahaya, namun area yang lebih putih memungkinkan cahaya bereaksi dengan bahan kimia di atas
 
Kemudian Fotografi instan diciptakan oleh Edwin Herbert Land, seorang penemu dan fisikawan Amerika. Land sudah dikenal karena rintisannya menggunakan polimer peka cahaya dalam kacamata untuk menciptakan lensa terpolarisasi. Pada 1948, dia meluncurkan kamera film instan pertamanya, yaitu Land Camera 95. 

Selama beberapa dekade berikutnya, Land's Polaroid Corporation menyempurnakan film dan kamera hitam putih yang cepat, murah, dan sangat canggih. Polaroid mengenalkan film berwarna pada tahun 1963 dan menciptakan kamera lipat SX-70 yang ikonik pada tahun 1972.
 
 
Pesawat


Image Source

 
Pada abad ke-9, Abbas ibn Firnas seorang matematikawan, Fisikawan, Astronom dan ahli penerbangan Muslim tercatat sebagai manusia pertama yang mengembangkan alat penerbangan dan sukses terbang jauh sebelum wright bersaudara berhasil menerbangkan pesawat, karena ia terinspirasi oleh se-ekor burung.

Abbas Ibn Firnas sukses terbang menggunakan alat yang masih sederhana semacam glider, alat penerbangan sederhana ini dilengkapi sayap. Meski memang penemu pesawat pertama adalah Wright Bersaudara, namun keberhasilan Abbas Ibn Firnas menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan barat untuk mengembangkan alat penerbangan.

Lelaki Maroko ini lahir di Izn-Rand Onda ( Ronda, Spanyol ) tahun 810 Masehi. Semasa hidupnya, Abbas Ibn Firnas dikenal sebagai Ilmuwan serba bisa dan menguasai beragam disiplin ilmu pengetahuan. Saat ia ingin memulai penerbangan pertamanya, ia mengundang orang-orang Cordoba untuk menyaksikan percobaanya yang berlokasi  di Jabal Al-‘Arus, di kawasan Rusafa, dekat dengan Cordoba dan Sebelum melakukan penerbangan, Ibn Firnas mengucapkan salam perpisahan.

Alhasil, Ibn Firnas mampu terbang selama 10 menit, namun sayangnya ia tak memperhitungkan pentingnya ekor sebagai bagian yang digunakan untuk memperlambat kecepatan saat melakukan pendaratan sebagaimana layaknya burung ketika menggunakan ekornya. 

Akibat hal tersebut , Abbas Ibn Firnas melakukan pendaratan yang cukup fatal, ia terhempas ke tanah dan mengalami patah tulang dan ada sejarah yang mengatakan bahwa ia wafat di tempat dan ada juga yang mengatakan Ibn Firnas wafat pada Tahun 888 Masehi karena tidak bisa bertahan dari cedera punggung yang didapatkannya ketika melakukan pendaratan saat uji coba pesawat. 

Pengalaman terbangnya menjadi pelajaran bagi Ilmuwan lain dan gagasannya terus dipelajari setelahnya, Hingga Alat Transportasi Penerbangan terus berkembang hingga saat ini.

Quote:


 


Diubah oleh motivanjrit 20-12-2019 10:28
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 13 lainnya memberi reputasi
14
3.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.