News
Batal
KATEGORI
link has been copied
54
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfc4f24c0cad75de5786da2/menag-sebut-ucapan-selamat-natal-tak-ganggu-akidah-mui-tergantung-niat
Ketua MUI Pusat Masduki Baidlowi. (Foto: Lisye/detikcom) Jakarta - Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi menegaskan mengucapkan selamat Natal kepada penganut Nasrani tidak bakal melunturkan akidah seseorang Muslim. Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan pandangannya. Ketua Komisi Infokom MUI Pusat Masduki Baidlowi mengatakan, ada pendapat yang menyatakan ucapan selamat Natal dari seorang Mu
Lapor Hansip
20-12-2019 11:33

Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat

Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
Ketua MUI Pusat Masduki Baidlowi. (Foto: Lisye/detikcom)

Jakarta - Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi menegaskan mengucapkan selamat Natal kepada penganut Nasrani tidak bakal melunturkan akidah seseorang Muslim. Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan pandangannya.

Ketua Komisi Infokom MUI Pusat Masduki Baidlowi mengatakan, ada pendapat yang menyatakan ucapan selamat Natal dari seorang Muslim tidak masalah jika tidak diniatkan secara keimanan. Jadi, kata Masduki, semua kembali ke niat umat Muslim soal pengucapan selamat Natal.

"Iya (tergantung niat). Jadi kalau niatnya itu melakukan satu proses persahabatan, menghormati orang yang bernatal, menghormati sahabat yang merayakan Natal, maka itu tidak masalah. Makanya ada 2 ucapan, saya mengucapkan selamat kepada sahabat-sahabat itu yang sedang merayakan Natal dan itu ucapan kepada sahabat. Bukan mengucapkan Natal. Itu tidak masalah," kata Masduki, Kamis (19/12/2019).

"Kedua, 'selamat hari Natal ya untuk kamu' itu tidak apa-apa, asalkan tidak diniatkan dari bentuk peribadatan dan keimanan. Itu dinyatakan oleh Yusuf Qardhawi, salah seorang tokoh yang reputasinya di dunia internasional, kealimannya dalam ilmu fikih. Lalu banyak yang melarang mengucapkan Natal karena itu merupakan bagian dari keimanan. Itu pendapat begini karena memahami agama secara tekstualis sehingga ketika diucapkan dianggap sebagai sebuah pengakuan keimanan. Itulah yang menyatakan tidak boleh," imbuhnya.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4829...ergantung-niat

profile-picture
profile-picture
areszzjay dan nomorelies memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 13:59
hoammm nyam nyam nyam dari tahun ke tahun kemajuan oemat tiap akhir tahun hanya mentok bahas huram harom pengucapan natal
yg natalannya ga peduli mo di ucapin selamet atau kgk, yg penting mrk bs natalan selamet ga kena bom, udh syukron kok
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 14:00
yang mau ngemeng biarin,, yang ndak mau ngemeng ya ga usah ngemeng..
beres bubar,, hal simple kok dibikin ribet..

btw yang lahir tanggal 25 Des itu siapa sih ? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 14:01
syarat dan ketentuan berlaku nggak bray??
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
Lapor Hansip
20-12-2019 14:11
Balasan post lupis.manis
Dasar Kadrun.... hahahahha
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 14:12
Adem benerrrr.....

saatnya toleransi dijunjung tinggi di bumi Indonesia....
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 14:22
Quote:Original Posted By lupis.manis
Kadrun lemah iman dan lemah syahwat ya, sampai ngucapin natal bisa bikin iman terguncang? emoticon-Ngakak



Mantap bre
emoticon-Shakehand2

Ada link full videonya?
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 14:27
Quote:Original Posted By oh.ola.oh.oliba
masalahnya udah tau natal itu salah kenapa tetap dirayain dan dikasih ucapan selamat??

apa masih mau terus dalam kesesatan dan kebodohan??

hari dewa matahari, penyembahan agama pagan eropa diadopsi kedalam kekristenan

the sun god... diubah jadi the son of god??

betapa sesatnya..


Ane suka kalo ada yg ngomong dr segi philology gini
Sayangnya philology yg dibumbui cocokologi..

emoticon-Ngakak

Bntr lagi apa? Sunday dari penyembah matahari? Maluku dari bhs arab Malikiemoticon-Ngakak?

Gw tantang lo ngobrol philology skrg juga
Silahkan argument dr affirmative team dimulaiemoticon-Ngakak
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 15:15
Kang stempel mulai lunak...

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 15:46
bani mamad pedo pada panas kalo bulan desember emoticon-Ngakak
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 15:54
Pasti tetap saja ada yg maksa dan ngelarang ngucapin natal dengan seruan haram maupun auto kafir.

Cuma ucapan selamat doang gk lunturin iman kalian yg setipis Qtela

Ini MUI pake tapi pula emoticon-Ngakak


Yg jelas suka2 orangnya mau ngucap apa kagak gk usah maksain
Diubah oleh aliensia
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 16:46
Quote:Original Posted By kiara.sato
Haram ucapkan selamat natal
Jangan percaya sama NU. Ini tahun kemarin MUI bilang haram eh NU bilang gpp. NU ahlul bid'ah. Giliran rokok dibilang mubah makruh lah, goblok kan jual agama demi kesenangan ngudud.
Dah jelas kristen ga sempurna makanya turun islam ini lu suruh selamatin kelahiran juri selamat, isa itu nabi bukan tuhan.
Inilah propaganda Liberal dan sejenisnya jadi suruh ucapin dengan alsan toleransi,
Semua agama sama pada kebaikan ujungnya. Semua masuk surga, goblok lah
Kalau semua agama sama pindah kristen aja lu semua cuman seminggu sekali nyanyi nyanyi percaya jasjus anak tuhan udah ditebus dosa lu sama darahnya masuk surga lu, daripada tiap hari harus solat 5 waktu


Umat nabi palsu penyembah berhala sok2 ngeklaim paling sempurna. emoticon-Wkwkwk
Baca ga bisa sok2 mau jadi nabi wahai penyembah kubus emoticon-Wkwkwk
Kelakuan banyak yang amoral kok jadi nabi. Inilah bukti umat pagan otaknya goblok emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
20-12-2019 16:50
MUI berubah lagi? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
Lapor Hansip
20-12-2019 17:59
Balasan post zeledi
@zeledi wahai anak muda... apakah ada tertulis dalam bibel tanggal pasti kelahiran yesus??

Sampe elu revisi alkitab lu jga gk bakalan ada...


Satu lagi... selama yesus mengajar.. beliau tidak pernah memperkenalkan dia lahir sebagai tuhan... malah dia berdoa dan memohon2 kepada tuhan...


Jadi esensi natal pagan dipatahkan sendiri oleh kitab yg diimani kristen
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
Lapor Hansip
20-12-2019 18:55
Balasan post oh.ola.oh.oliba
Quote:Original Posted By oh.ola.oh.oliba
@zeledi wahai anak muda... apakah ada tertulis dalam bibel tanggal pasti kelahiran yesus??

Sampe elu revisi alkitab lu jga gk bakalan ada...


Satu lagi... selama yesus mengajar.. beliau tidak pernah memperkenalkan dia lahir sebagai tuhan... malah dia berdoa dan memohon2 kepada tuhan...


Jadi esensi natal pagan dipatahkan sendiri oleh kitab yg diimani kristen


Tidak ada di bible, tapi ada di dokumen gereja, ijtihad bapa bapa gereja menghitung tanggal kelahirannya. Sudah baca dokumen purba yang lebih dulu ada ketimbang perayaan sol invictus?

Di agamamu tidak ada ijtihad anak muda?

0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
21-12-2019 08:49
Umatnya ngomong aja diatur dasar kadrun emoticon-Leh Uga
0 0
0
Menag Sebut Ucapan Selamat Natal Tak Ganggu Akidah, MUI: Tergantung Niat
21-12-2019 23:48
Quote:Original Posted By casper69
Yang katolik dan kristen gak usah tersinggung atau marah, saya yakin saat idul fitri nanti MUI juga akan melarang umat islam meminta THR kepada non muslim karena dapat merusak akidah.


Dan yg nasrani dan kristen dan yang katolik, nanti pas lagi lebaran juga TIDAK PERLU mengucapkan selamat hari raya kepada yang berhubungan juga yah. Yang penting saling menghormati satu sama lain saja. Ga perlu saling tukar selamat selamatan
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia