ElviHusnaAvatar border
TS
ElviHusna
7 Fakta Unik Tentang Taj Mahal yang Perlu Agan Sista Ketahui
Ungkap fakta Taj Mahal di India


Taj Mahal adalah bangunan ikonik India yang terletak di Agra, Uttar Pradesh, India Utara.
Taj Mahal merupakan Mausoleum atau tempat yang di dalamnya terdapat makam. Sultan Mughal ke 5, Shah Jahan membuat bangunan itu untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal. Nama Taj Mahal sendiri diambil dari nama istrinya Mumtaz Mahal yang kemudian dipermudah pengucapannya menjadi Taj Mahal.

Bangunan ini juga menjadi salah satu keajaiban dunia. Kalau seseorang menyebutkan nama negara India, pasti yang awal terpikirkan adalah Taj Mahal.

Nah, dibalik bangunan indah itu, ternyata menyimpan fakta-fakta menarik yang perlu diketahui. Yuk simak!


1. Taj Mahal dibangun untuk menghormati istri penguasa Dinasti Mughal



Taj Mahal memang terlihat seperti sebuah mesjid dengan kubah besar berwarna putih. Namun, nyatanya bangunan itu adalah tempat pemakaman istri Sultan Mughal yang bernama Mumtaz Mahal.

Sultan Shah Jahan memang memiliki banyak istri, tapi diantara para istrinya itu Mumtaz Mahal adalah wanita yang paling ia cintai. Namun, sayangnya kisah cinta mereka tidak berlangsung lama karena istrinya meninggal ketika melahirkan anak mereka. Rasa sayang itulah yang mendorong Sultan Mughal mengabadikan kisah cinta mereka dalam sebuah bangunan megah yang mendunia.

2. Taj Mahal dibangun selama 22 tahun



Taj Mahal dibangun oleh Shah Jahan dengan sepenuh hati, sebab itulah menciptakan sebuah bangunan yang Megah nan indah.

Bangunan itu memiliki luas 42 hektar dan dikelilingi oleh kubah besar setinggi 73 meter juga 4 kubah kecil di sekitarnya.

Bagian makam dilapisi dengan marmer putih, tulisan Arab kaligrafi dan berbagai batu mulia menghiasinya seperti rubi, giok hingga kristal disatukan menjadi bunga yang indah.

Tak heran bangunan bersejarah itu memakan waktu pembangunan selama 22 tahun, karena Shah Jahan memang benar-benar menginginkan bangunan yang sempurna.

Diperkirakan Taj Mahal dibangun sejak 1631 hingga 1653.


3. Membutuhkan 20.000 pekerja untuk membangun Taj Mahal



Selain membutuhkan waktu yang sangat lama, pembangunan Taj Mahal juga membutuhkan banyak pekerja. Tak hanya Ahmad Lawhari, arsitektur bangunan itu yang berperan, melainkan juga 20.000 pekerja lainnya yang berasal dari berbagai negara seperti Persia hingga orang Eropa.

Wow, bayangkan 22 tahun dengan 20.000 pekerja. Fantastis, bukan?

4. Tak hanya manusia, 1000 gajah juga ikut bekerja.



Nah, selain memakai tenaga manusia, pembangunan Taj Mahal ini juga menggunakan 1000 gajah untuk mengangkut barang-barang berat seperti kayu atau bahan bangunan lainnya.

Bahkan ane pernah baca dalam novel Taj Mahal yang ditulis oleh John Shors (ane baca versi terjemahan). Saat itu Muslim-Hindu saling membantu untuk pembangunan monumen spektakuler ini. Tanpa perang, tanpa keberatan mereka bahu-membahu membantu agar Taj Mahal cepat terselesaikan.

Setelah Taj Mahal selesai dibangun, Shah Jahan membagi kayu-kayu perancah yang menopang bangunan itu untuk Muslim dan Hindu agar mereka membangun mesjid atau kuil sesuai keyakinan.


5. Shah Jahan konon memotong jari arsitek dan para pekerja Taj Mahal



Setelah Taj Mahal selesai dibangun, konon katanya Sultan Mughal memotong ibu jari arsitek dan seluruh pekerja yang terlibat dalam pembangunan Taj Mahal. Hal itu dilakukan agar mereka tidak bisa menciptakan bangunan megah lainnya yang menandingi keindahan Taj Mahal. Namun, kabar ini tidak pernah terbukti kebenarannya hingga sekarang.

6. Ada Ruang Rahasia di dalam Taj Mahal



Dibalik bangunan indah ini, ternyata juga menyimpan misteri tentang ruang dan lorong-lorong rahasia yang sejak Sultan Shah Jahan hingga pemerintah kini, lorong dan kamar itu tetap ditutup.

Sebenarnya ini unik, seperti yang pernah ane baca dalam novel Taj Mahal versi terjemahan. Di novel tersebut ada beberapa bab yang menjelaskan tentang lorong bawah tanah di kediaman Shah Jahan tepatnya di kamar pribadi milik Mumtaz Mahal. Entah fakta atau hanya sekadar fiksi. Lorong itu dibangun untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada musuh yang menyusup ke kediaman sang sultan. Uniknya lagi, ruang bawah tanah itu dibangun dengan sangat kokoh sehingga sekeras apa pun kita berteriak, tidak akan terdengar ke luar ruang.


Novel terjemahan karya John Shors yang menulis tentang ruang bawah tanah.

7. Sedihnya, Shah Jahan tidak bisa mengunjungi Taj Mahal di akhir hidupnya.



Menjelang akhir hayatnya, terjadilah perang saudara antara dua putra Shah Jahan. Aurangzeb dan Dara Sikhoh berperang memperebutkan tahta kerajaan. Sultan Shah Jahan sendiri mendukung Dara Sikhoh. Namun pada akhirnya Aurangzeb yang memenangkan peperangan dan menggulingkan kekuasaan Shah Jahan pada tahun 1658.


Aurangzeb


Dara Sikhoh

Shah Jahan dikurung dalam Benteng Agra sampai akhir hayatnya. Ia hanya bisa menikmati keindahan Taj Mahal melalui jendela kamar penjara yang mengarah langsung ke tempat peristirahatan terakhir istri tercinta.

Shah Jahan juga dimakamkan di dalam Taj Mahal, bersebelahan dengan istrinya, tapi dengan makam lebih tinggi dari Mumtaz Mahal.


Makam Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Nah, sudah tahu kan fakta unik tentang Taj Mahal. Hmm, kapan ya TS bisa ke sana?

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat.



Sumber Opini pribadi dan Here

Klik
Diubah oleh ElviHusna 09-06-2020 14:37
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
3.5K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.