Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Setelah UMKM, Bukalapak Akan Fokus Garap Warung Tradisional #TerimaKasihZaky

anakmudaindiaAvatar border
TS
anakmudaindia
Setelah UMKM, Bukalapak Akan Fokus Garap Warung Tradisional #TerimaKasihZaky
Spoiler for #UMKMNaikKelas:


Setelah berhasil mengembangkan segmen UMKM, perusahaan e-commerce unicorn Indonesia, Bukalapak, bakal fokus mengembangkan segmen warung tradisional. Bukalapak mencatat, warung memiliki kontribusi 65-70% terhadap transaksi retail nasional. Sejauh ini, Bukalapak telah berhasil menggaet 2,5 juta warung dan agen individual yang disebut Mitra Bukalapak. Sebanyak 1,2 juta di antaranya merupakan warung tradisional di 477 kota/kabupaten Indonesia, yang telah bertransformasi menjadi berbasis digital.

Namun, ada sekitar 6 juta warung lagi di Indonesia yang belum tergarap, segmen inilah menurut Bukalapak sangat potensial untuk difokuskan kedepannya.

“Bisa dibayangkan warung tradisional di kota-kota kecil Indonesia yang tadinya hanya menjual kebutuhan sehari-hari secara perlahan beralih fungsi sebagai sarana untuk mengenalkan adopsi digital,” kata CoFounder sekaligus Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid dalam siaran pers, Jumat (8/11/2019).

Spoiler for #UMKMNaikKelas:


Saat ini, Mitra Bukalapak yang paling jauh berada di Timika, Papua. Ia ingin mentransformasikan warung tradisional di Indonesia secara berkelanjutan.

“Kami (ingin) membangun masyarakat inklusif yang berperan aktif terhadap kemajuan ekonomi digital Indonesia,” katanya.

Perusahaan e-commerce ini juga telah mengembangkan Mitra Bukalapak selama dua tahun terakhir. Salah satu layanan yang disediakan oleh mitra warung adalah pembayaran berbasis standardisasi kode Quick Response (QRIS). Layanan pembayaran itu bisa melalui LinkAja, GoPay, OVO, DANA dan lainnya. Alhasil, mereka bisa menjual produk digital seperti bayar tagihan, pulsa, dan lainnya. Bukalapak target 10 ribu Mitra Bukalapak implementasi QRIS hingga akhir tahun ini.

Spoiler for #UMKMNaikKelas:


Startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar ini pun sudah mendaftarkan 95 ribu Mitra Bukalapak ke fitur Google Bisnisku (Google My Business). Dengan begitu, lokasi warung bakal muncul di Google Maps dan penelusuran Google.

Bukalapak sejak awal telah berkomitmen untuk meningkatkan level UMKM dan warung tradisional ke era digitalisasi, sehingga roda perekonomian di Indonesia otomatis bisa terbantu. Layak diketahui bahwa UMKM dan warung tradisional merupakan ujung tombak peningkatan ekonomi riil di Indonesia.

“Kami percaya teknologi itu harus dapat diakses oleh siapa saja dari berbagai latar belakang usia dan pendidikan untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” kata Fajrin.

Spoiler for #UMKMNaikKelas:


Bukalapak juga telah bekerjasama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Utamanya, terkait pembiayaan Ultra Mikro (UMi) untuk Mitra Bukalapak.

Manfaat Bukalapak sudah dirasakan langsung oleh para pedagang kecil. Salahnya adalah seorang pemilik warung Mitra di Kemayoran, Buhari mengaku senang karena bisa bertransformasi ke arah digital.

'Sekarang, warung saya bisa dipromosikan ke jutaan orang di Google. Menambah pelanggan, otomatis menambah pemasukan,” katanya.

#TerimaKasihZaky
#UMKMNaikKelas


Spoiler for #TerimaKasihZaky:


Spoiler for JANGAN LUPA:

anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.4K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.