Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ontasipitAvatar border
TS
ontasipit
Ini 2 Kebijakan Anies Baswedan yang Dianggap FPI 'Maksiat Friendly'
Jakarta - Front Pembela Islam (FPI) memprotes kebijakan Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan karena disebut pro terhadap berkembangnya kemaksiatan. Ada dua hal yang disebut FPI sebagai kebijakan 'maksiat friendly'. 

"Pertama, izin terhadap kegiatan yang di dalamnya terdapat atau memfasilitasi dan memberi peluang terjadinya berbagai maksiat, namun berkedok wisata hiburan, termasuk penyelenggaraan Djakarta Warehouse Project (DWP)," tulis pernyataan sikap FPI yang diterima dari Sekretaris Umum FPI, Munarman, Senin (16/12/2019).

FPI mengatakan Djakarta Warehouse Project bertahun-tahun sudah diketahui merupakan kegiatan pesta pora, hura-hura dengan musik keras. Menurut FPI, di dalamnya terdapat anak muda dan sangat potensial dirusak dengan cara berpakaian membuka aurat serta mengkonsumsi makanan dan minuman haram.

ADVERTISEMENT



Kedua, kebijakan pemberian penghargaan terhadap, lagi-lagi, tempat maksiat berkedok hiburan, yaitu diskotek-diskotek yang semua orang berpikiran waras pasti tahu tidak ada manfaat sama sekali untuk mencapai tujuan pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa," ujarnya.

Baca juga:FPI Protes Keras Anies Baswedan soal Kebijakan 'Maksiat Friendly'


FPI pun menyayangkan Pemprov DKI Jakarta justru memberikan izin dan bahkan memberikan penghargaan terhadap industri 'maksiat friendly' berkedok pariwisata tersebut.

Karena itu, FPI memberikan empat masukan dan mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pertama, FPI mengingatkan Anies soal alasan umat menjatuhkan pilihan saat Pilkada DKI 2017.

"Umat Islam DKI Jakarta menjatuhkan pilihan kepada Anda saat Pemilihan Gubernur tahun 2017 yang lalu, karena Umat Islam Jakarta menginginkan ada perubahan mendasar orientasi pembangunan dari yang semata mata mengejar pertumbuhan ekonomi, PAD yang tinggi, kehidupan dunia yang glamor, diubah menjadi indeks pembangunan yang lebih mengedepankan aspek kehidupan yang religius, takut kepada Allah, dan nyaman bagi umat semua agama," ucapnya.

Kedua, kata FPI, umat Islam di Jakarta sampai saat ini masih menaruh kepercayaan kepada Anies Baswedan untuk mampu mewujudkan kehidupan di Jakarta yang religius. Sebab, berdasarkan sejarah berdirinya, Jakarta merupakan kota yang penuh dengan nilai religius dari seorang Fatahillah dan penuh perjuangan dalam melawan berbagai bentuk kemungkaran sebagaimana dalam riwayat Pitung.

Ketiga, FPI memprotes keras berbagai kebijakan Pemprov DKI dengan dua contoh di atas, izin DWP dan penghargaan untuk diskotek. FPI menilai dua hal itu memberikan peluang, memfasilitasi berbagai kemaksiatan dan pesta pora serta hura-hura semata. 

"Kebijakan tersebut jelas-jelas memberikan pesan yang salah kepada publik, bahwa Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Bapak Anies Baswedan tidak cukup mampu mengubah secara fundamental kebijakan Pemprov DKI Jakarta dari 'maksiat friendly' kepada kebijakan yang berorientasi pada pembangunan manusia yang beriman dan bertakwa," katanya. 

ADVERTISEMENT



FPI menyarankan agar Anies melakukanreview menyeluruh terhadap berbagai kebijakan yang dinilai sangat potensial membuka celah dan peluang berkembangnya segala bentuk kemungkaran dan kemaksiatan dengan berkonsultasi kepada alim ulama. Sekaligus juga mengembangkan wisata yang ramah terhadap umat beragama, wisata halal, religi, budaya, sejarah yang sangat tersedia potensinya. Anies diminta cerdas dan kreatif dalam membangun indeks kualitas manusia sekaligus perekonomian yang halal.

"Keempat, FPI menuntut kepada Gubernur DKI Jakarta untuk mencabut berbagai izin tempat hiburan dan kegiatan hiburan yang telah nyata-nyata dijadikan ajang atau memfasilitasi berbagai kemungkaran dan kemaksiatan. Dan menghentikan pemberian penghargaan kepada tempat tempat hiburan seperti diskotek dan sejenisnya yang tidak ada manfaat sama sekali dalam pencapaian index manusia yang beriman dan bertakwa," pungkasnya.

Penjelasan Pemprov DKI Soal Penghargaan untuk Colosseum

Sebelum FPI melayangkan protes keras ini, telah viral terlebih dahulu mengenai penghargaan Pemprov DKI kepada Colosseum dalam kategori klab malam dan diskotek.

Dalam penjelasannya, pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyampaikan, Adikarya Wisata 2019 tidak hanya diberikan kepada Colosseum, tapi juga kepada 31 industri wisata. 

ADVERTISEMENT


Penghargaan adikarya wisata itu ada 31 kategori bukan cuma itu. Salah satunya diskotek, dari 31, (kategori) diskotek itu yang menang Colosseum," ucap Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Alberto Ali, kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Ada tiga penilaian yang dilihat hingga akhirnya Colosseum menang kategori Hiburan dan Rekreasi. Selain itu, ada tim penilai yang ditunjuk oleh Pemprov.

"Ada faktor ada 3 hal yang diatur dedikasinya, kinerja perusahaan, lalu kontribusi terhadap pariwisata Jakarta. Ada tim yang nilai itu semua," ucap Alberto. 

Diketahui, malam penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019 diselenggarakan pada 6 Desember 2019 di JW Marriott Hotel, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. 

"Adikarya Wisata merupakan salah satu acara yang paling dinantikan dan menjadi kebanggaan untuk pelaku usaha, institusi, dan tenaga kerja pada usaha pariwisata untuk memacu daya saing dan untuk meningkatkan kualitas. Acara ini juga menjadi pembuktian dan harapan baru untuk pariwisata Jakarta," ujar Alberto dalam keterangannya, (9/12).

Penghargaan Adikarya 2019 menetapkan 31 kategori penghargaan dari 13 bidang industri pariwisata dan industri pendukung pariwisata untuk tahun ini. Kategori tersebut adalah Akomodasi, Restoran, Jasa Boga/Catering, Bar & Lounge, Spa, Hiburan & Rekreasi, Kawasan Pariwisata, Usaha Jasa Pariwisata, Maskapai Penerbangan, Transportasi Darat, Atraksi Buatan, Diklat Pariwisata, dan Media Elektronik.

Daftar pemenang 31 kategori tersebut adalah:
1. Nominasi Akomodasi Hotel Bintang 5
Grand Hyatt Jakarta
2. Nominasi Akomodasi Hotel Bintang 4
JS Luwansa
3. Nominasi Akomodasi Hotel Bintang 3
Artotel Thamrin Jakarta
4. Nominasi Akomodasi Hotel Bintang 2 & 1
POP! Hotel Pasar Baru Jakarta
5. Nominasi Restoran - Indonesia Formal Dining 
Bunga Rampai Menteng
6. Nominasi Restoran-Indonesia-Tradisional
Tesate Menteng
7. Nominasi Restoran-Chinese Food
Hakkasan Jakarta
8. Nominasi Restoran-Japanese Food
Akira Back Jakarta
9. Nominasi Restoran-Korean Food
Chung Gi Wa Wijaya
10. Nominasi Restoran-Middle East Food Restaurant
Turkuaz Gunawarman
11. Nominasi Restoran-Western Food
Amuz Gourmet SCBD
12. Nominasi Bar & Lounge
Skye BCA Tower
13. Nominasi Jasa Boga/Katering
Mardika Catering
14. Nominasi Kawasan Pariwisata
Taman Mini Indonesia Indah
15. Nominasi Jasa Pariwisata-Biro Perjalanan Wisata
Dwidaya Tour
16. Nominasi Jasa Pariwisata-MICE
Pacto Convex
17. Nominasi Jasa Pariwisata-Impresariat
Ismaya Live
18. Nominasi Jasa Pariwisata-Balai Pertemuan
JI Expo Kemayoran
19. Nominasi Spa
Martha Tilaar Salon & Day SPA
20. Nominasi Hiburan & Rekreasi-Golf
Damai Indah Golf - PIK Course
21. Nominasi Hiburan & Rekreasi-Kelab Malam & Diskotek
Colosseum Club 1001
22. Nominasi Hiburan & Rekreasi-Karaoke
Happy Puppy Karaoke Mampang
23. Nominasi Hiburan & Rekreasi-Sarana Rekreasi Keluarga
Jakarta Aquarium
24. Nominasi Maskapai Penerbangan
Garuda Indonesia
25. Nominasi Transportasi Darat-Bus Wisata
Big Bird
26. Nominasi Atraksi Buatan-Mall
Kota Kasablanka Mall
27. Nominasi Atraksi Buatan-Museum
Museum Macan
28. Nominasi Unsur Pendidikan-Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata
SMK 57 Jakarta
29. Nominasi Unsur Pendidikan-Sekolah Tinggi Pariwisata
Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
30. Nominasi Media Elektronik-Media Online
liputan6.com
31. Nominasi Media Elektronik-Stasiun Televisi
TVRI

Dari Discover di Google https://news.detik.com/berita/d-4824...ksiat-friendly
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
839
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.