hardlenAvatar border
TS
hardlen
Tips Redakan Sariawan Secara Alami
 Ilustrasi. (Freedom Studio/Shutterstock)






Sariawan merupakan salah satu masalah yang sangat umum dialami banyak orang. Keberadaan sariawan di bibir dan area mulut memang dapat mengganggu aktivitas seperti makan, minum, bahkan kerap terasa sakit pula saat berbicara.

Pada umumnya, sariawan tidak menular dan akan hilang dalam satu hingga dua minggu. Hanya saja, jika sariawan terasa sangat menyakitkan dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama tanpa terlihat adanya kesembuhan bisa menjadi masalah.

Menurut situs kesehatan Healthline, tidak ada penyebab yang pasti di balik timbulnya sariawan. Namun terdapat beragam faktor pemicu yang meliputi cedera mulut ringan akibat tak sengaja tergigit, menggunakan pasta gigi yang mengandung sodium lauril sulfat, sensitivitas mulut terhadap asam, kekurangan vitamin, perubahan hormon, infeksi bakteri dan virus, hingga stres.

Ketika hendak menghilangkan sariawan yang mengganggu, sebagian orang sering kali memilih untuk mengaplikasikan berbagai obat-obatan agar mendapatkan efek yang instan.

Selain obat-obatan, terdapat alternatif lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi sariawan. Dengan mengutip Medical News Today, berikut terdapat sejumlah cara mengatasi sariawanyang mudah tanpa mengandalkan obat.

1.      Air garam

Membilas mulut dengan air garam diketahui dapat mengatasi sariawan. Larutan air garam sendiri kerap dijadikan sebagai obat alami untuk memerangi berbagai jenis masalah pada mulut.

Untuk menggunakan metode ini, campurkan garam dengan air hangat dan mulailah berkumur hingga kurang lebih 30 detik. Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2.      Gunakan sikat lembut

Merawat kesehatan dan kebersihan mulut dapat mencegah terjadinya sariawan. Namun jika sariawan muncul, sebaiknya berhati-hati untuk tidak ‘merusak’ agar dapat mempercepat proses penyembuhan.

Menggunakan sikat gigi yang lembut mampu membantu menghindari iritasi sariawan. Menjaga kebersihan mulut yang tepat dengan menjaga gigi dan gusi selalu dalam kondisi bersih dapat mencegah infeksi pada sariawan.

3.      Vitamin B12

Vitamin B12 bermanfaat untuk mendukung fungsi normal otak dan sistem saraf serta berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Jenis vitamin ini dapat ditemukan dalam produk hewani seperti telur, susu, serta daging ikan dan unggas, bahkan suplemen.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Board of Family Medicine mengungkap bahwa dengan mengonsumsi suplemen vitamin B12 dapat meredakan rasa sakit yang dihasilkan sariawan.

4.      Teh chamomile

Chamomile memiliki sifat antiinflamasi. Dengan menyeduh secangkir teh chamomile diyakini dapat meredakan kondisi sariawan.

Selain dengan cara diminum, mengoleskan kantong teh chamomile yang sudah direndam air hangat langsung ke sariawan juga bisa membantu.

5.      Madu

Madu sendiri kerap berperan sebagai agen antiseptik dan mampu menyembuhkan sariawan. Jika sariawan muncul, oleskanlah madu secara langsung ke permukaan mulut yang menjadi tempat sariawan.

Bila ingin mendapatkan hasil yang lebih efektif, campurkan madu ke dalam secangkir teh chamomile. Kombinasi sifat antiseptik dan antiinflamasi tentu mampu meredakan sariawan.

6.      Hindari makanan tertentu

Seseorang dengan kondisi sariawan sebaiknya menghindari jenis makanan tertentu seperti santapan yang memiliki rasa sangat pedas, asin, atau asam. Rasa yang kuat dapat membuat sariawan menjadi iritasi dan memperlambat proses penyembuhan.

7.      Aloe vera

Mengoleskan gel aloe vera langsung ke sariawan dapat membantu meredakan iritasi sariawan. Tak hanya itu, sifat antiinflamasi efek menenangkan dari kandungan aloe vera juga bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi.

National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) juga menyarankan penggunaan lidah buaya untuk meredakan sariawan dan menganggapnya sebagai metode penyembuhan yang aman.

6elek
tata604
lina.wh
lina.wh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
679
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.