Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NegaraKITAAvatar border
TS
NegaraKITA
Presiden Beri Sinyal Usut Prostitusi Pramugari Garuda
Spoiler for Pramugari:


Spoiler for Video:



Kasus prostitusi di Garuda Indonesia membuat geger. Skandal tersebut menjadi viral sampai-sampai Presiden Jokowi buka suara tentang kasus prostitusi itu. Ia mengatakan kasus itu bukan urusan BUMN, melainkan urusan Polisi. Ucapan Jokowi telah menjadi sinyal agar Kepolisian mengusut kasus amoral tersebut.

Detik [Soal Tudingan Germo di Garuda, Jokowi: Itu Urusan Polisi!]

Garuda Indonesia, The Airline of Indonesia. Apabila kita melihat kondisi Garuda Indonesia saat ini, mungkin slogan tersebut telah bergeser menjadi Garuda Indonesia, The Bordello of Indonesia.

Bagaimana tidak, belum usai persoalan penyelundupan Harley dan Brompton, Garuda Indonesia kini kembali diterpa isu miring, yakni kasus prostitusi pramugari.

Dugaan prostitusi di Garuda mencuat setelah akun Twitter @digeeembok membuat kicauan hingga menjadi trending topik. Semua berawal saat akun tersebut mengungkit video lama dari pengacara Hotman Paris Hutapea soal aduan pramugari. Dalam video itu Hotman menjelaskan bahwa ada pramugari yang mendapatkan ancaman PHK dari oknum pimpinan karena menolak diajak berhubungan badan.

Tribunnews [Pramugari Dipecat karena Menolak Diajak 'Ngamar' Sama Bosnya, Hotman Paris Minta Menhub Turun Tangan]

Eks pramugari Garuda Indonesia ada yang membenarkan sejumlah poin yang diungkap kicauan akun Twitter @digeeembok. Mantan pramugari tersebut mengaku tidak kaget dengan cuitan akun Twitter @digeeembok yang membuka aib para direksi di era kepemimpinan Ari Ashkara.

Akun Twitter @digeeembok juga menyebut ada sosok ‘germo’ di Garuda Indonesia. "Germo Jahat yang memperlakukan pramugari sebagai ‘pramuria’ adalah seorang Vice President (VP) Awak Kabin Garuda," begitu bunyi kicauannya. Seorang eks pramugari yang juga mengenal VP Awak Kabin Garuda yang dimaksud mengaku pejabat itu sudah sejak lama merayu pramugari untuk melakukan hal-hal yang tidak pantas. Banyak teman-temannya memiliki pengalaman langsung dengan orang tersebut. Entah di-PHK karena tidak mau ‘ditiduri’, maupun ‘syarat khusus’ untuk kembali bekerja di Garuda.

Suara [Mantan Pramugari Benarkan Cerita Dugaan Prostitusi di Garuda Indonesia]

Selain adanya 'germo', Direksi Garuda Indonesia juga disebut-sebut memiliki sosok pramugari 'kesayangan'. Thread yang dibuat akun @digeeembok juga menyebutkan bahwa pramugari spesial yang dekat dengan Ari Askhara mendapatkan beberapa perlakuan khusus. Nama Putri Novitasari pun mencuat ke permukaan.

Suara [5 Poin Dugaan Prostitusi Garuda, Pengakuan Pramugari soal Germo]

Putri diketahui memiliki pengaruh yang sangat besar bagi pekerja Garuda Indonesia, karena kedekatannya dengan Ari Askhara. Dari pengakuan pekerja yang tergabung dalam Ikatan Awak kabin Garuda Indonesia (IKAGI), Puteri sering bertindak semena-mena pada pekerja yang tidak disukainya. Seperti membuat penanggung jawab Garuda di Osaka diturunkan jabatannya menjadi seorang Office Boy (OB) di Crew Center, Jakarta.

Tribunnews [Beredar Foto Puteri Novitasari Pulang Kampung Sendiri, Wanita yang Disebut Simpanan Ari Askhara]

Skandal di Garuda Indonesia ini menyebabkan Menteri BUMN Erick Thohir mengkaji opsi pemecatan bagi pejabat Garuda yang diduga melakukan eksploitasi terhadap pramugari di perusahaan. Ia mengatakan opsi ini muncul karena belum ada hukuman yang jelas terhadap kasus ini. "Hukumnya belum ada, tapi kalau di Amerika itu nanti saya pelajari, bisa diberhentikan. Apalagi kalau ada pegawai wanita yang jelas-jelas sudah ada sexual harassment (pelecehan seksual)," ucap Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, pada Rabu, 11 Desember 2019.

Erick mengaku tidak bisa bertindak lebih atas dugaan eksploitasi pramugari. Ia hanya bisa menindak secara etika korporasi. "Kalau amoral seperti itu kan pasti nanti prosesnya nanti bukan di saya, tapi itu mungkin hukum yang lain, yaitu mungkin di Kepolisian. Kalau saya kan lebih korporasi," ujarnya.

CNN Indonesia [Erick Thohir Kaji Pecat Orang Garuda Soal Pelecehan Pramugari]

Skandal yang mencoreng nama Garuda Indonesia pun membuat Presiden Jokowi buka suara. Ia menegaskan, masalah tersebut urusan Kepolisian, bukan wewenang Kementerian BUMN. "Itu bukan urusan BUMN lagi. Itu urusan polisi," kata Jokowi, saat meninjau pembangunan proyek LRT Jabodetabek, Hari Kamis 12 Desember 2019.

Detik [Komentar Jokowi soal Tudingan Germo di Garuda Indonesia]

Jawaban dari Presiden Jokowi dan Menteri BUMN telah menjadi pintu masuk bagi aparat untuk menyelidiki kasus Garuda. Maka berbarengan dengan kasus penyelundupan Harley yang kini sedang ditangani Bea Cukai, akan semakin banyak fakta yang terungkap dari kebobrokan Garuda Indonesia. Kasus prostitusi bisa jadi pintu masuk bagi KPK nantinya apabila ditemukan fakta baru yang dapat membantu mengungkap korupsi antara Garuda Indonesia dengan Bea Cukai pada kasus Harley.
Diubah oleh NegaraKITA 13-12-2019 14:57
scorpiolama
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.7K
29
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.