News
Batal
KATEGORI
link has been copied
59
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df1aa53a7276827607d9114/pembangunan-gereja-dan-pura-kerap-ditolak-pemerintah-klaim-kerukunan-umat-tinggi
Angka kerukunan beragama yang diklaim 'tinggi' oleh kementerian agama diragukan sejumlah pihak di tengah masih maraknya kasus intoleransi di Indonesia. Sejumlah pihak yang mengatakan masih menuntut hak untuk beribadah di lokasi layak adalah dari Gereja Kristen Indonesia, GKI Yasmin Bogor, Jawa Barat. Sudah tujuh tahun, puluhan jemaat gereja menggelar ibadah Minggu di jalan seberang Istana Negara u
Lapor Hansip
12-12-2019 09:47

Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'

Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'

Angka kerukunan beragama yang diklaim 'tinggi' oleh kementerian agama diragukan sejumlah pihak di tengah masih maraknya kasus intoleransi di Indonesia.
Sejumlah pihak yang mengatakan masih menuntut hak untuk beribadah di lokasi layak adalah dari Gereja Kristen Indonesia, GKI Yasmin Bogor, Jawa Barat.

Sudah tujuh tahun, puluhan jemaat gereja menggelar ibadah Minggu di jalan seberang Istana Negara untuk mendesak pemerintah menjamin hak mereka beribadah.
Mereka bahkan berencana menggelar ibadah Natal di atas aspal untuk ketujuh kalinya.

Gereja mereka, yang selesai dibangun tahun 2006, disegel empat tahun kemudian setelah sekelompok masyarakat menganggap pembangunan gereja itu menyalahi aturan.


Maka, sejak 2011, mereka beribadah di rumah jemaat dan di depan Istana.
Salah seorang jemaat GKI Yasmin, Renata Anggraeni, mengatakan perjuangan jemaat untuk menuntut hak melelahkan.

"Orang bisa dengan gagah bertindak intoleran"
Sebelumnya, gereja itu memiliki sekitar 400 jemaat, namun angka itu menyusut menjadi puluhan karena jemaat-jemaat yang sudah tua tak lagi kuat beribadah di bawah terik matahari di depan istana.

Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Protes penyegelan GKI Yasmin pada Januari 2012 di depan Istana Presiden, Jakarta.

"Jujur kalau dari saya secara pribadi, hal ini melelahkan mungkin hanya orang-orang tertentu yang berani bersuara di depan. Tapi kalau bukan kami, siapa lagi?" ujar Renata.

Selain GKI Yasmin, jemaat gereja HKBP Filadelfia Bekasi Jawa Barat juga ikut ibadah di depan Istana karena mengalami hal serupa.

Selain umat Kristen, sejumlah kelompok minoritas di Jawa Barat juga masih kesulitan beribadah, seperti umat Ahmadiyah di Sukabumi hingga penganut Hindu di Bekasi.
Meski begitu, berdasarkan Indeks Kerukunan Umat Beragama, yang dirilis Kementerian Agama (11/12), kerukunan di Jawa Barat masuk dalam kategori tinggi karena meraih angka 68,5, meski berada di bawah rata-rata nasional, yakni 73, 8.
Hasil survei itu dikritisi oleh Diah Pitaloka, anggota komisi VIII fraksi PDI-P, yang mempertanyakan metode survei yang dilaksanakan kementerian merujuk kasus-kasus intoleransi di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Hal itu dinyatakannya saat menghadiri peluncuran indeks kerukunan beragama di Kementerian Agama.

Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'Pengendara motor di Yogyakarta melintas graviti bertuliskan kota toleransi?

"Kayak gini-gini hal-hal kayak gini, terpotret nggak dari risetnya. Orang bisa dengan gagah bertindak intoleran dan tidak merasa bersalah atas nama keyakinan. Nah ini terpotret nggak? Angka kuantitatifnya, bisa nggak merepresentasikan kondisi kualitatifnya?" tanya Diah.

"Belum lagi jangan-jangan... mohon maaf ini kan ada elemen birokrasi juga ya," ujarnya.

'Tidak mempertimbangkan kasus-kasus intoleransi'

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Abdurrahman Mas'ud, yang juga menghadiri acara itu, menjawab keraguan itu dengan mengatakan survei yang dilakukan lembaganya valid.

Namun, ia mengakui indeks itu tidak mempertimbangkan kasus-kasus intoleransi yang ada, hal yang sering disebutkan oleh sejumlah pakar.

"Tapi ini kan survei kerukunan, bukan survei konflik umat beragama. Itu yang penting," ujar Mas'ud.

Ia menambahkan pemerintah belum melakukan survei mengenai kasus-kasus intoleransi umat beragama, namun optimistis angkanya akan lebih rendah dari angka kerukunan.

"Insya Allah lebih tinggi kerukunannya," ujarnya.


Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Penduduk di Bekasi melewati tulisan tolak pembangunan gereja di dekat GPIB Filadelfia, Bekasi, yang disegel pada 25 Desember 2012.

Menurut hasil riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dimumumkan November lalu, secara umum belum ada perbaikan dalam indikator intoleransi beragama dan berpolitik, bahkan lebih buruk dibanding 2016-2017.

Laporan itu memaparkan lebih dari 50% umat Muslim keberatan jika warga non-Muslim membangun rumah ibadah di sekitar mereka.

LSI juga menilai cukup banyak umat Muslim (37,2%) yang setuju bahwa umat agama minoritas di Indonesia harus mengikuti kemauan Muslim mayoritas

Survei itu juga mengatakan terjadi penurunan toleransi warga non-muslim terhadap warga muslim, yang tercermin dari berkurangnya jumlah orang yang tidak keberatan memiliki pemimpin beragama Muslim, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Setara Institut mencatat sejak tahun 2007 hingga 2018, sudah terjadi 2.400 peristiwa pelanggaran Kondisi Kebebasan/Berkeyakinan (KKB) dengan kasus terbanyak terjadi di Jawa Barat.


Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Kasus intoleransi paling sering terjadi di Jawa Barat.

Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'

Yang paling sering menjadi korban adalah jemaah Ahmadiyah diikuti penganut aliran keagamaan dan umat Kristen.



'Harus pertajam survei'


Yang paling sering menjadi korban adalah jemaah Ahmadiyah diikuti penganut aliran keagamaan dan umat Kristen.

Jemaat gereja Yasmin, Renata Anggraeini menyayangkan langkah pemerintah untuk memisahkan masalah intoleransi dengan tingkat kerukunan.

Senada dengan itu, Direktur Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD), Paramadina, Ihsan Ali-Fauzi mengatakan peristiwa intoleransi seharusnya dipertimbangkan untuk menentukan angka kerukunan.

"Toleransi itu kan secara positif bisa ditafsirkan sebagai di absence of violance(ketiadaan kekerasan). Artinya kekerasannya harus diukur," ujarnya.
Hal yang sama dikatakan oleh Direktur Riset Setara Institute Halili yang mengatakan dengan hanya menganalisa persepsi masyarakat mengenai kerukunan, kementerian cenderung menyederhanakan kondisi yang sebenarnya terjadi.

"Harusnya mempertimbangkan catatan peristiwa, kualitatif secara umum," ujarnya.
Diah Pitaloka, anggota komisi VIII DPR, meminta kementerian agama untuk mempertajam hasil riset mereka dengan melakukan penelitian kualitatif dan memberi pertanyaan-pertanyaan yang tidak normatif pada responden.

Menurutnya hal itu penting untuk memotret kondisi kerukunan beragama yang sebenarnya terjadi di Indonesia.

sumber: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-50740353


nyimak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 13:36
Balasan post wiry
Quote:Original Posted By wiry
Dan dibiarken jokkui selama 5 tahun yang lalu emoticon-Ngakak.

Kasihan non-uclim, ditakut-takuti terus kalok gak milih jokkui (yang gak berbuat apa-apa demi melindungi non-uclim) nanti wowo dan barisan kilafahnya bisa menang.

Dipaksa milih pemimpin lembek yang gak mau melindungi dan lebih sukak mengamanken 2 periode kekuasaannya.

Non-uclim yang kristen katolik di-qibulin oleh semboyan "Minus Malum" (Lesser Evil). Padahal kalok non-uclim yang kristen/katolik nanyak ke pastor/pendetanya, justru diajarken tidak memilih "iblis"/kejahatan dalam ukuran apapun.

Sekarang "Iblis kecil"/lesser evil-nya ngajak gabung "iblis besar", dan prok prok prok jadi apa?

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


@wiry Dan saya yakin akan tetap dibiarkan juga 5 tahun ke depan.
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 13:42
Balasan post wiry
Quote:Original Posted By wiry
@soljin7 Gak milih kedua-duanya. Mending mati ngelawan, daripada jadi budak. Selalu ada pilihan emoticon-Ngakak

Tuh lihat si wowok jadi menhan elu sekarang, diangkat sama wiwi. Dulu sebelum pemilu, rajin nakut2in : "jangan pilih pelanggar HAM jadi presiden" Setelah menang pemilu bilangnya : "HAM HEM HOM nggak butuh"

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Nanti wiwi nyuruh elu mintak maap sama wowok trus nyuruh elu puja-puji wowok, gue jugak yakin elu sewot emoticon-Ngakak


Katanya gak milih kedua-duanya. Katanya mending mati ngelawan, daripada jadi budak.
Loh, kok situ masih hidup?
Lagi online di alam baka atau lagi jilat ludah sendiri nih?

emoticon-Wakaka
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 13:43
Balasan post wiry
@wiry tuh kan, antum itu macem uclim radikal yg ngafir-ngafirin banser NU, gede bacod doang tapi kalo di seriusin juga ciut nya elo.

alah gede bacod fengen melawan sampe mati, tar kalo kejadian juga ciut nya elo dan pasti milih yg jahat nya sedikit macem ameriki. lu bacot kek elo punya pilihan, padahal elo gak punya pilihan lain sama sekaliemoticon-Tai emoticon-DP
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 13:45
Balasan post runpid123
@runpid123 minimal suruh sih nasbung kadal gurun @wiry ini minggat lah dari indon, minggat ke saudi sana dari pada sakid hati untuk 5 tahun lagi, perih rasa nya gagal khilafack meluluemoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 13:49
Balasan post soljin7
Quote:Original Posted By soljin7
@runpid123 minimal suruh sih nasbung kadal gurun @wiry ini minggat lah dari indon, minggat ke saudi sana dari pada sakid hati untuk 5 tahun lagi, perih rasa nya gagal khilafack meluluemoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk


Mending ada duitnya buat ke saudi.
Paling jauh juga ke Aceh, serambi mekah. emoticon-Wakaka
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 13:53
Yang katanya penegak toleransi, memegng amanag jadi pelindung NKRI kemana yah ?
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 14:25
Balasan post MrJeffBezos
Om Jeff mngkn bisa sumpel pakai duit.. 😁
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
1 0
1
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 14:44
berdoa untuk yg terbaik aje dech
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 14:56
Quote:Original Posted By bangtjah
Om Jeff mngkn bisa sumpel pakai duit.. 😁


saya ga ngurus ginian, saya sumbangnya ke homeless
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
profile-picture
profile-picture
samradler dan bangtjah memberi reputasi
2 0
2
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 14:56
ikut nyimak juga
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 15:09
Quote:"Tapi ini kan survei kerukunan, bukan survei konflik umat beragama. Itu yang penting," ujar Mas'ud.

Asli goblok nya emoticon-Wkwkwk
Banyak konflik = rukun, kadrun detected emoticon-Leh Uga
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 15:16
Balasan post runpid123
@runpid123 saya sudah golput. emoticon-Malu

Lebih memalukan ya mereka yg dukung jokkoui (konon dengan terpaksa) tapi diem aja kalok sodara seimannya dianiaya dan jokkui diem aja.

Baru galax kalo ada yg nyindir jokkoui junjungannya. Langsung sigap dan kompak bilang : "jangan salahkan jokui kalo ada grombolan bigot yg bubarkan ibadah minoritas. Tanya kepala daerahnya kok diem aja!?".

Repot soalnya diehard jokkoers sudah menganut agama baru : jokkuisme

emoticon-Ngakak
Diubah oleh wiry
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
1 0
1
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 15:25
Balasan post wiry
Quote:Original Posted By wiry
@runpid123 saya sudah golput. emoticon-Malu

Lebih memalukan ya mereka yg dukung jokkoui (konon dengan terpaksa) tapi diem aja kalok sodara seimannya dianiaya dan jokkui diem aja.

Baru galax kalo ada yg nyindir jokkoui junjungannya. Langsung sigap dan kompak bilang : "jangan salahkan jokui kalo ada grombolan bigot yg bubarkan ibadah minoritas. Tanya kepala daerahnya kok diem aja!?".

Repot soalnya diehard jokkoers sudah menganut agama baru : jokkuisme

emoticon-Ngakak


@runpid123 @wiry Saya pernah baca, mereka ini sudah pasrah kok, ndak ada harapan sama jokowi. Mereka melihat di jaman jokowi persekusi kaum minoritas dibiarkan saja oleh pemerintah, seperti kasus Meiliana di medan tahun 2018... Tapi waktu pilpres kemarin mereka terpaksa tetap pilih jokowi, karena takut dengan pendukung prabowo...
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
Lapor Hansip
12-12-2019 16:04
Balasan post ssgbaik
sedih kl mayoritas goblog
profile-picture
profile-picture
garren007 dan Exorcizm memberi reputasi
2 0
2
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 16:17
Toleransi kiranya jangan diartikan sebagai absence of violance saja, tapi juga bisa dimaknai sebagai kesadaran akan apa yang menjadi hak dari orang lain yang harus dihormati. Selagi pihak orang lain yang dimaksud, juga bersedia melakukan kewajibannya secara seimbang sebagai bagian dari masyarakat dan warga negara (Indonesia, tentunya).
profile-picture
samradler memberi reputasi
1 0
1
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 16:30
Makanya skali2 nagkat tu mentri agama orang budha kristen atau hindu, jangan orang islam mulu ni negara bukan negara islam emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
samradler dan Exorcizm memberi reputasi
2 0
2
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 16:41
Agamamu, agamamu
Agamaku, agakmaksa

emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk

0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 17:05
buktinya kepala kalian masih nempel di badan kan?? emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment

pembelaan generik kaum intoleran/kadron untuk menegaskan betapa "damainya" mereka
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 17:35
meanwhile in Abu Dhabi

Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'

Gereja, Masjid sama Synagogue jg dibangun satu kompleks

Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
0 0
0
Pembangunan Gereja dan Pura Kerap Ditolak, Pemerintah klaim Kerukunan Umat 'Tinggi'
12-12-2019 18:12
Oo ukurannya kalo gak diganggu secara fisik gitu?
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia