v312m0ntAvatar border
TS
v312m0nt
Benarkah Kita Tidak Melihat Ketika Memejamkan Mata?


Coba sekarang, Anda pejamkan mata sesaat. Apa yang Anda lihat?
Kebanyakan orang akan melihat corak cahaya bergelombang warna-warni setiap kali mereka memejamkan mata atau menguceknya. Mungkin warna merah, kuning, atau hijau yang berkelap-kelip dan bergerak ke sana kemari di jarak pandang Anda, seperti pertunjukan kembang api.
Dan mungkin kamu menyadari adanya pola aneh seperti kerlap-kerlip atau cacing bergerak-gerak di balik kelopak matamu. Namun, jangan khawatir, hal tersebut nyata dan benar-benar bisa terjadi. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?


Corak kilatan warna-warni yang Anda lihat itu adalah Phospene. Phospenes adalah sensasi visual yang terjadi saat mata dalam keadaan istirahat atau menutup sehingga pandangan jadi gelap gulita.
Dikutip dari Wikipedia

Quote:




Penyebab terjadi:

Quote:


Phospene juga dapat muncul akibat rangsangan sehari-hari yang memberikan tekanan pada mata (retina) seperti bersin yang cukup intens, tertawa, batuk, atau saat anda berdiri terlalu cepat. Tekanan fisik pada retina kemudian merangsang bagian saraf mata hingga akhirnya menghasilkan phospenes. Itu kenapa mengucek atau menekan bola mata saat memejamkan mata juga bisa menghasilkan pola kilatan yang sama. Namun ingat, jangan melakukannya terlalu sering apalagi dengan tekanan yang keras dengan sengaja karena dapat membahayakan mata.
Aktivitas sinyal listrik dan mekanis yang diterima retina ini dapat menciptakan percikan warna atau pola yang dapat berubah secara acak. Frekuensi, durasi, dan jenis efek yang muncul semuanya dipengaruhi oleh bagian neuron mana yang dirangsang di waktu tersebut.
Selain itu, faktor fisik lain seperti tekanan darah rendah atau asupan oksigen yang terlalu sedikit bisa meningkatkan intensitas kilatan cahaya saat memejamkan mata.





Spoiler for Sumber:


rrraaaa
anasabila
sebelahblog
sebelahblog dan 22 lainnya memberi reputasi
21
7.2K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.