Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jantakamAvatar border
TS
jantakam
Mas Nadiem, JK Tak Setuju Nih UN Dihapuskan!

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
11 December 2019 16:32
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-un-dihapuskan

Foto: Jusuf Kalla meraih penghargaan Lifetime Achievement di Malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Java Ballroom The Westin Jakarta, Rabu 4 Desember 2019. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Format seperti Ujian Nasional pada tahun 2020 akan menjadi yang terakhir. Mendikbud Nadiem Makarim mengungkapkan program pengganti ujian nasional mulai berlaku di 2021.

"Untuk 2020, UN akan dilaksanakan sesuai seperti tahun sebelumnya. Jadi 2020, bagi banyak orang tua yang sudah investasi buat anaknya belajar mendapat angka terbaik di UN itu silakan lanjut untuk 2020. Tapi itu hari terakhir UN seperti format sekarang diselenggarakan," kata Nadiem.

"Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter," jelasnya.


[table][tr][td]Pilihan Redaksi
Erick Bongkar 85 Hotel di Luar Bisnis BUMN, Apa Dampaknya?
Selain Erick, Nadiem Bikin Gebrakan! Hapus Ujian Nasional
[/td]
[/tr]
[/table]
Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh siswa yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Hasil ujian ini tidak digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang selanjutnya.

Nah ternyata gebrakan Nadiem menuai kontra juga. Adalah Wapres RI ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla yang secara tegas menolak dihapuskannya UN.

"Jika Ujian Nasional tidak ada lagi, tidak jadi penentu kelulusan akhirnya semangat belajarnya berkurang," kata JK di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

"Kalau tidak ada UN semangat belajar akan turun, make sure lagi. Akan jadi generasi lembek. Kalau tidak mau keras bahwa mereka lulus atau tidak lulus," tegas JK lebih jauh.

sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.