News
Batal
KATEGORI
link has been copied
276
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5deed22b349d0f6fab365d88/tiga-tempat-ibadah-di-gunung-bromo-dirusak-orang-tak-dikenal
Padmasana ini ditemukan rusak pada Minggu siang (8/12) saat warga hendak melaksanakan ritual. Tempat ini merupakan lokasi saat umat hindu menggelar ritual untuk melakukan pengambilan air suci dalam upacara mendak tirta.
Lapor Hansip
10-12-2019 06:00

Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal

Past Hot Thread
Brommm

Tiga tempat ibadah umat hindu yang bermukim di lereng gunung Bromo dirusak oleh orang tak dikenal. Salah satunya tempat suci Pinanditan Widodaren yang berada di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Padmasana ini ditemukan rusak pada Minggu siang (8/12) saat warga hendak melaksanakan ritual. Tempat ini merupakan lokasi saat umat hindu menggelar ritual untuk melakukan pengambilan air suci dalam upacara mendak tirta.

Padmasana setinggi 4,5 meter ini tak hanya rusak pada bagian atap, namun aksesoris peribadatan juga dirusak.

Selain Padmasana Widodaren, dua tempat ibadah lain juga dirusak yakni Pure Mini Widodaren dan tempat ibadah gua Lanang. Masyarakat suku Tengger menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada pihak kepolisian dan pengelola wisata.

Hingga Senin (9/12) pagi, proses penyelidikan masih dilakukan. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan kepolisian kesulitan menyelidiki kasus perusakan rumah ibadah ini karena minim saksi dan barang bukti. Diketahui juga, lokasi perusakan jauh dari permukiman warga.

Masyarakat Suku Tengger berharap aparat dapat mengungkap pelaku perusakan tempat ibadah tersebut. Pelaku harus diproses hukum baik melibatkan  wisatawan maupun warga sekitar Gunung Bromo.

Bromo

Quote:Pelakunya orang tak dikenal 


Diubah oleh badfilename
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 15
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 16:41
Quote:Original Posted By Betutubali
Pelakunya pasti tidak beragama, karena sepengetahuan ane semua agama tidak ada mengajar kan kejahatan atau merusak agama lain.

Hanya yg salah memahami agama aja yg jadi jahat, jadi digolongkan tidak beragama


Beda tingkatan itu udh jadi tuhan orang kaya gitugan udh bisa nilai baik burung orang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
badfilename dan Betutubali memberi reputasi
2 0
2
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 16:42
biar pak poilisi yang bergerak emoticon-Hansip
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 16:48
profile-picture
kampret.strez memberi reputasi
0 1
-1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 16:59
Pasti Kadrun alias kadal gurun.
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 16:59
Di cari dlu lah pelakunya siapa pun itu, tindakannya udah mencerminkan aksi radikalisme.. terlepas 80% udah mengarah ke salah satu kelompok, monggo klo ketemu di tanya juga motifnya ap ngerusak2 properti agama orang.
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 16:59
Quote:Original Posted By munpumaru
Pelakunya memang orang tak dikenal,
tapi gw yakin hampir semua orang tau dari Kaum mana Pelakunya.

jadi inget gara2 1orang protes TOA, 1 vihara dibakar??


mungkin pelakunya penggemar fanatik merek TOA
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:00
Seperti yang sudah-sudah gan, kasus seperti ini pasti gak akan terusut tuntas sampe ketemu pelaku yg sebenernya. Banyuwangi juga lagi rame kasus seperti ini. Beda kasus tapi menurut saya maksud dan tujuannya sama yaitu memecah toleransi dan kedamaian kehidupan beragama. Kasus kehilangan gamelan a.k.a Ganjur yg menjadi ciri khas hindu lagi marak di tempat ane. Dengan waktu yg relatif bersamaan kemungkinan itu bukan murni kriminal. Sampe sekarang belum ada pengusutan yg jelas dari pihak berwajib. Yang mana yang menjadi alasannya masih sama yaitu minim saksi. Tapi apakah itu mustahil untuk diusut tuntas? Kami sebagai orang hindu sendiri mencoba untuk tidak terprovokasi akan kejadian ini. Dan hanya berharap sama pihak berwajib untuk segera mengusut kasus tersebut. Ya kami berharap si sampai selesai. Tapi akan kah nanti akhirnya kek yang sudah-sudah? Berhenti sampai disitu dengan alasan klise?emoticon-Bingung (S)
Apakah murni kriminal atau emg ada maksud dan tujuan lain, kami cuman ingin semua diselesaikan. Dan diusut tuntas. Biar kami bisa beribadah dengan tenang dan tanpa ada rasa resah.
Diubah oleh andikizia
profile-picture
ChristmanToding memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:03
Ini nih minta ditusbol kalo masuk penjara
0 0
0
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:04
Orang yg bertanggung jawab
0 0
0
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:04
Syarat ngilmu kah???
0 0
0
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
Lapor Hansip
10-12-2019 17:11
Balasan post bagong2018
@bagong2018

gunung kawi dan gunung kemukus yg sering jd rujukan pesugihan emoticon-No Hope

ane hilir mudik ke bromo blom pernah denger kisah pesugihan disono
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
Lapor Hansip
10-12-2019 17:12
Balasan post Betutubali
Quote:Original Posted By Betutubali
Pelakunya pasti tidak beragama, karena sepengetahuan ane semua agama tidak ada mengajar kan kejahatan atau merusak agama lain.

Hanya yg salah memahami agama aja yg jadi jahat, jadi digolongkan tidak beragama


klo gak beragama kok pelaku peledakan mayatnya disholatkan breyy??? coba jawab breyy aku bingungg breyy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badfilename dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:15
Semoga cepat dibenerin, dan semoga mereka bisa beribadah kembali.

Buat pelaku dan dalang, semoga pihak berwajib bisa memproses segera.

Indonesia bersatu. emoticon-thumbsup

Salam NKRI.emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
Lapor Hansip
10-12-2019 17:16
Balasan post reaper_k1d
[mention]reaper_k1d[/mention] itu ane ga tahu bre, ane hanya baca di koran dan lihat di tv bre.

Kl semua pelaku sudah tidak diakui beragama, dan karena ane bukan pemeluk agama itu jadi ane ga bisa menjawab pertanyaan ente bre...mohon yg merasa menganut agama tersebut aja yg menjawab bre
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:17
Quote:Original Posted By RyanYulio
T erduga
A gamanya
P asti
I
R eady call? emoticon-Bingung


agama Intho? emoticon-Bingung
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:20
ngapain bikin tempat ibadah disitu, sdah tahu kan bumi dan segala isinya milik dewa shinto
0 0
0
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:22
Paling ya golongab cingkrang sama cadar emoticon-Ngakak mungkin terinspirasi sama isis emoticon-Ngakak
profile-picture
badfilename memberi reputasi
1 0
1
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:36
sangat disayangkan
sangat disesalkan
semoga segera mendapatkan balasan atas segala perbuatan keji dan biadab mereka.
0 0
0
Tiga Tempat Ibadah di Gunung Bromo Dirusak Orang tak Dikenal
10-12-2019 17:40
pelakunya MUSLIM itu ...

tinggal nyebut gitu aja ribet amat ...

kalo emang jelek, ngaku aja kenapa sih

jangan jelek tapi musuhin orang lain

itu namanya maha g0blok
profile-picture
riskywira memberi reputasi
1 0
1
Halaman 12 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia