• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengharukan, Begini Reaksi Seorang Buta Warna Saat Pertamakali Melihat 'Warna' Dunia

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mengharukan, Begini Reaksi Seorang Buta Warna Saat Pertamakali Melihat 'Warna' Dunia

Memang Tuhan menciptakan manusia memiliki keunikan dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh sesama, tapi mereka dapat saling mengisi kehidupan untuk menyempurnakannya seperti seorang ahli yang telah membantu menemukan sebuah teknologi untuk membuat kacamata khusus penderita buta warna.

Tapi sebelumnya, buat kita yang normal patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah kita terima. Dan terlebih lagi bagi penderita buta warna (color blind) total memang memiliki keterbatasan mengenal warna-warni yang ada di dunia, ya apa yang mereka lihat hanyalah ada abu-abu dan turunannya. Mungkin buat kita yang normal warna monoton ini pastinya cukup membosankan bukan?



Dalam video yang berdurasi sekitar 1:12 detik ini terlihat seorang siswa sekolah yang menderita buta warna total di pinjamkan sebuah kacamata khusus oleh kepala sekolahnya, saat memakai awalnya dia merasa biasa saja, namun setelah menyadari apa yang dia lihat dan amati tiba-tiba semua terasa berubah 180 derajat.




Siswa yang beruntung ini adalah Jonathan Jones, 12 tahun mendapat kesempatan pertama kali dalam hidupnya untuk melihat dunia penuh warna ini. Ketika sang kepala sekolah Lakeview School di Cottonwood, Minnesota yang buta warna juga menawarkan Jonathan Jones sebuah kacamata khusus, Jones pun tidak bisa menolaknya dan segera mencobanya.





Kemudian yang terjadi setelah memakai kacamata ini adalah apa yang nampak dalam pandangannya kini terlihat penuh warna dan indah. Spontan dia merasa bahagia, tanpa terasa air mata menetes basah di kedua pipinya dan ruangan kelas tiba-tiba menjadi haru biru melihat reaksi spontanitas yang dia rasakan dan dia alami ketika memakai kacamata khusus ini. 




Sebagai rasa empati yang mendalam beberapa guru pun memeluknya sebagai rasa syukur dan rasa sayang karena sebuah teknologi kini mampu membuatnya tampil lebih baik dan lebih percaya diri. Saat ditanya bagaimana reaksi setelah memakai kacamata ini, Jonathan Jones tak bisa berucap satu katahpun dia hanya bisa menjawab dengan jempol nya sebagai pertanda baik.

Kepala sekolahpun memintanya untuk menyusuri ruang kelas dan mengamati apa yang Jonathan Jones lihat dan menawarkanya untuk memakainya sebentar dan bisa dibawa pulang agar orang tuanya mungkin akan membelikannya. "Kamu boleh memakainya agar kamu bisa mengalami sebanyak yang kamu bisa di waktu yang terbatas ini," ujar kepala sekolah.

Rupanya apa yang terjadi di ruangan itu disaksikan pula oleh orang tuan Jonathan Jones dan mendapat sambutan baik dari GoFundMe untuk mengumpulkan dana untuk membelikan kacamata khusus ini.





Tak butuh lama GoFundMe pun mendapatkan sumbangan yang cukup besar dan nilainya lebih dari $ 25.000 atau jika dirupiahkan saat ini nilainya sekitar Rp 350,514,016.59! "Kami sangat terkejut dengan jumlah dana yang terkumpul, mereka (donatur) sangat bermurah hati ini sebagai bukti nyata rasa simpatik mereka kepada Jonathan Jones," kata Carole salah satu pembicara GoFundMe.




Keluarga Jonathan Jones amat sangat bersyukur atas dana yang telah mereka terima, dan rencana kelebihan dana untuk membeli kacamata khusus ini akan mereka belikan kacamata serupa bagi penderita seperti yang dialami Jonathan Jones. Sungguh mulia.

Sebagai informasi, kacamata khusus ini adalah buatan EnChroma sebuah perusahaan kacamata yang unggul dengan teknologi lensa khusus, dimana lensa kacamata ini mampu meningkatkan kontras sinyal warna yang berbeda, terutama warna hijau dan merah dimana kedua warna ini cenderung terlihat sama saja (abu-abu) bagi penglihatan penderita buta warna total.




Copyright © 2016 - 2019 iskrim™

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: cbsnews | Sotoshop : iskrim  

Diubah oleh iskrim 09-12-2019 08:57
swiitdebby
sebelahblog
pabloo
pabloo dan 2 lainnya memberi reputasi
3
581
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.