Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

proquipersAvatar border
TS
proquipers
Anies akan bangun pengelolaan limbah berfungsi edukasi dan hiburan


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membangun fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) domestik skala perkotaan di Krukut, Karet Setiabudi, Jakarta Selatan. Tak hanya pengolahan air limbah, IPAL Krukut juga dilengkapi dengan fasilitas edukasi dan hiburan.

"Ini (IPAL) penting sekali bagi Jakarta. Kita di Jakarta sebagai kota besar perlu secara serius mengelola limbahnya. Dengan dibangun instalasi pengelolaan air limbah, harapannya nanti limbah air di Jakarta bisa diolah dan digunakan kembali," kata Anies dalam keterangannya usai melakukan peletakan batu pertama IPAL di Krukut, Jakarta Selatan, Minggu (8/12/2019).

Baca juga: Kementerian PUPR Bantu Jakarta Bangun Pengolahan Limbah Rp 14 T

Anies mengatakan IPAL Krukut IPAL yang dirancang sebagai tempat pembelajaran. Hal itu bertujuan untuk memudahkan bagi siswa, warga, dan pengelola limbah dari kota lain untuk belajar mengembangkan pengolahan limbahnya.

"Fasilitas ini dirancang dari awal, agar desainnya memudahkan untuk jadi tempat belajar. Jadi nanti ada jalur dan tempat yang dibuka untuk umum sehingga mereka bisa menyaksikan proses dan urutannya. Terlebih tempat ini lokasinya strategis, berada di samping Jalan Sudirman, jadi siapa saja bisa mampir untuk menyaksikan proses pengolahan limbah sebagai bahan pembelajaran," ungkap Anies.

Anies menyebut fasilitas ini merupakan keberlanjutan pengoperasian IPAL modern yang sudah dimulai sejak Januari 2019. Sebelumnya, PD PAL Jaya menggunakan teknik konvensional dan bergabung dengan pengendali banjir yang memilki kelemahan karena memerlukan tempat yang luas sehingga kurang efisien.

IPAL Krukut dibangun pada lahan sekitar 2.000 meter persegi. Pembangunan fasilitas IPAL Krukut ini pun akan berlangsung selama 18 bulan.

Sementara itu, Dirut Utama PD PAL Jaya, Subekti mengatakan jumlah pelanggan PD PAL Jaya tahun 2019 sebanyak 2.715 pelanggan perunit. Sedangkan, cakupan layanan air limbah sampai dengan Triwulan III tahun 2019 mencapai 22,08 persen atau melayani 1.286.415 penduduk DKI Jakarta.

"Direksi PD PAL Jaya mengharapkan dukungan semua stakeholder untuk membantu terlaksananya penyediaan sarana sanitasi menuju terwujudnya PAL Jaya Hebat Jakarta Sehat. Perlu juga kepedulian masyarakat terhadap air limbah, kepedulian ini yang harus ditingkatkan. Sehingga, air limbah yang dibuang itu melalui jaringan perpipaan," ujar Subekti.

https://news.detik.com/berita/d-4814...si-dan-hiburan

Gubernur level limbah emoticon-2 Jempol
darmawati040
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
887
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.