Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de73d8bc9518b023f510cd0/gastronomi-molekuler-terobosan-di-bidang-kuliner-yang-redup-di-indonesia
Penggunaan nitrogen cair dalam proses memasak merupakan salah satu teknik gastronomi molekuler. Bahan lain yang biasa digunakan untuk eksperimen memasak ini, di antaranya biang es, agar—agar, xantham gum (zat pengental makanan), lesitin kedelai, kalsium laktat, dan natrium alginat.
Lapor Hansip
04-12-2019 12:00

Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kepulan asap putih keluar dari mulut Novanti saat mengunyah kue sagu. “Enak,” sahut perempuan berusia 33 tahun itu sambal terus mengunyah. Kue sagu yang disantap Novanti bukan kue sagu biasa. Kue sagu disajikan dengan nitrogen cair bersuhu minus 198 derajat celsius sehingga menimbulkan efek asap saat disantap.

Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia

Penggunaan nitrogen cair dalam proses memasak merupakan salah satu teknik gastronomi molekuler. Bahan lain yang biasa digunakan untuk eksperimen memasak ini, di antaranya biang es, agar—agar, xantham gum (zat pengental makanan), lesitin kedelai, kalsium laktat, dan natrium alginat.

Gastronomi molekuler merupakan terobosan di bidang kuliner. Tampilan makanan dibuat seunik mungkin dengan menggunakan teknik fisiokimia. Awalnya, teknik ini hanya hasil penelitian antara koki dan ilmuwan yang melihat transformasi fisika dan kimia saat proses memasak. Seiring waktu, teknik ini dipakai oleh banyak koki.

Pengalaman menikmati sajian makanan yang diolah dengan teknik gastronomi molekuler membawa sensasi berbeda bagi lidah. Selain itu, perubahan bentuk tanpa menghilangkan rasa asli dan gizi makanan menjadi hal yang layak dicoba. Gastronomi molekuler lebih kepada pcngalaman fun-nya.

Di berbagai belahan dunia, gastronomi molekuler sempat menjadi tren gaya hidup. Di Indonesia, restoran yang menyajikan makanan dengan teknik gastronomi molekuler belum terlalu banyak. Satu di antaranya Namaaz Dining, restoran yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Restoran yang berdiri pada 2013 ini digagas oleh Andrian Ishak. Ada belasan menu yang disajikan. Menu yang dihidangkan berganti sesuai season. Satu season menu bertahan enam sampai delapan bulan.

Pihak restoran hanya menyediakan kursi dalam jumlah terbatas, sekitar 29 kursi. Saking terbatasnya, bagi para penikmat kuliner yang ingin mencicipi makanan di Namaaz Dining perlu reservasi tempat melalui situs resminya. Harga yang harus dirogoh tamu juga lumayan mahal, Rpl,25 juta per tamu. Artinya, jika semua kursi tempat terisi, maka uang yang masuk ke kocek Namaaz Dining Rp 36,25 juta per hari.

Terhadap fenomena gastronomi molekuler di Indonesia ini patut diapresiasi. Gastronomi molekuler memperkaya Cita rasa makanan dengan bentuk yang berbeda. Apalagi proses memasak seperti di laboratorium mampu membuat orang tertarik. Namun dari sisi bisnis, makanan dengan teknik ini bukan primadona, sebab proses pembuatan makanan butuh waktu lama.

Selain itu, dibutuhkan tenaga kerja yang paham pengetahuan dasar dapur. Ini yang membuat banderol makanan dengan teknik gastronomi molekuler menjadi mahal. Restoran yang sepenuhnya menggunakan gastronomi molekuler tak akan bertahan lama. Segmen pasar makanan ini adalah orang—orang yang berani mencicipi dan membayar.

Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia

Diakui pelaku bisnis kuliner ini tak banyak. Masa tren gastronomi molekuler pun sudah redup. Fenomena ini di Eropa dan Amerika saja sudah tertinggal. Saat ini yang sedang marak adalah artisan dan creative industry. Indonesia tidak menuju pada pengembangan gastronomi molekuler karena aset Indonesia ada pada budaya dan kekayaan resep warisan serta keberagaman produk lokal. Gastronomi molekuler hanyalah sebuah pengembangan kreasi para koki yang memang memiliki kreativitas dan imajinasi tinggi.


Referensi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 12:33
soalnya ribet mungkin emoticon-Big Grin
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 13:19
bahannya juga agak mahal tekniknya agak ribet. akhirnya harga produk juga gak murah untuk rasa mungkin lebih enak tapi buat orang sini lebih banyak juga maunya coba sekali untuk selanjutnya ya makan nasi rames aja.
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 13:34
Kek ilmunya NAKIRI ALICE donk
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 14:08
terlalu mahal dan inovasi kompetitor juga berpengaruh
Diubah oleh billy227extreme
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 15:24
https://youtu.be/vWGvl3Kuyh4
Liburan
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 16:33
Quote:Original Posted By feliia
25 jt, yg beli cuma jutawan aja emoticon-Leh Uga


Nah ntu dia, makan abis jutaan. Emang sih bukan hanya makanan ny tp kita juga beli "experience"

Eh kok kita, ane belom pernah gan, sayang duit segitu bisa idup sebulan.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
feliia memberi reputasi
1 0
1
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 18:32
Hanya orang kayah yg penasaran makan ginian
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
Lapor Hansip
07-12-2019 18:44
Balasan post waiting4MDA
Quote:Original Posted By waiting4MDA
namaaz dining masih rame ga tuh?. ga mehong kayak bayang2 ente semua kok. itu 1,2 an ya/pax bukan 25 juta sekali makan.. TSnya salah ketik.. dan ya emg kudu waiting list klo mau makan disitu.. krn gastronomi molekuler tuh mainnya di food experience, sm rasa penasaran di otak lu (kok bisa rasa nya gini, bentuknya pdhl kek gini)

klo yg dipikir makan tuh kenyang aja ya....... warteg aja gih haha atau nasi padang bungkus haha


betul 1,2 sekali makan dan itu klo gak salah dibagi sekitar 20 type makanan .... cuman yah harga segitu enakan AYCE kli yah ....

tapi buat 1x experience sih boljug .... ntar lah klo ane punya 1 M dah emoticon-Traveller
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 19:58
Padahal enak sekali tuh
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 20:20
Quote:Original Posted By prasetyanddy
Nah ntu dia, makan abis jutaan. Emang sih bukan hanya makanan ny tp kita juga beli "experience"

Eh kok kita, ane belom pernah gan, sayang duit segitu bisa idup sebulan.

emoticon-Leh Uga


Bisa buat modal untuk hidup masa depan wkwk
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 20:55
Enak tapi mahal
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
07-12-2019 23:21
Quote:Original Posted By feliia
Bisa buat modal untuk hidup masa depan wkwk


Ralat gan, bisa buat idup setaun
emoticon-Traveller
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
08-12-2019 02:27
buat gue kalau makan kelewat aneh malah nanti sayang kalau sampe usus kenapa-kenapa.
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
08-12-2019 21:43
alasannya ya krna mahal sih
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
11-12-2019 10:29
jelas reduplah, makanan khas kadrun kan mie gelas emoticon-Leh Uga
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
Lapor Hansip
13-12-2019 00:12
Balasan post bruckbeck
Quote:Original Posted By bruckbeck
Semua akan kalah sama nasi padang dengan rendang sayur nangka, kikil, paru, dan otak sapi


Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia

Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
13-12-2019 01:00
Pergi ke tempat masyarakat adat kampung Cirendeu, Cimahi. Niscaya anda akan melihat dan merasakan Wisata Gastronomi yang sesungguhnya.

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
Diubah oleh oranggarutpisan
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
Lapor Hansip
14-12-2019 01:45
Balasan post feliia
Quote:Original Posted By feliia


25 jt, yg beli cuma jutawan aja emoticon-Leh Uga


Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia

emoticon-Matabelo
0 0
0
Gastronomi Molekuler, Terobosan di bidang Kuliner yang Redup di Indonesia
16-12-2019 04:57
mahal pastinya
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Outdoor Adventure & Nature Clubs
salju-terakhir-di-bumi-khatulistiwa
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia