Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fakta Unik dan Menarik Basrizal Koto, Tidak Tamat SD Namun Jadi Miliarder Sukses

wengki733Avatar border
TS
wengki733
Fakta Unik dan Menarik Basrizal Koto, Tidak Tamat SD Namun Jadi Miliarder Sukses

TASTETHELOCAL INSPIRING PEOPLE MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT


Jika Anda berpikir bahwa latar belakang pendidikan yang menentukan kesuksesan, maka Anda salah besar. Kesuksesan itu tidak akan Anda dapatkan tanpa kerja keras dan pantang menyerah walaupun Anda memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Begitupun sebaliknya meskipun Anda memiliki latar belakang pendidikan yang rendah namun Anda selalu bekerja keras dan pantang menyerah maka kesuksesan itu pasti akan Anda dapatkan. Semua itu dibuktikan oleh pengusah sukses asal Sumatera Barat, Basrizal Koto.




Basrizal Koto atau yang akrab di panggil dengan Basko lahir di Kampung Ladang, Pariaman, Sumatera Barat pada 11 Oktober 1959. Basko pun sukses berbisnis di banyak bidang, di antaranya, percetakan, peternakan, perhotelan, bisnis median dan properti. 

Berikut beberapa fakta unik dan menarik basko yang menjadi salah satu miliarder sukses Indonesia.


1. Dulu Miskin dan Bahkan Tidak Tamat SD




Basko memiliki masa kecil yang cukup pahit. Ayahnya hanya bekerja sebagai buruh tani dan terkadang ia hanya makan satu kali dalam sehari. Karna keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan sekolahnya. Padahal waktu itu umurnya baru 11 tahun dan hampir lulus dari jenjang pendidikan sekolah dasar. 

Basko akhirnya berpendapat bahwa kemiskinan itu tidak untuk di nikmati tapi kemiskinan harus di lawan. Akhirnya dengan meminta izin kepada ibunya basko pun pergi menrantau ke Pekanbaru. Tentu saja di sana basko belum mendapatkan pekerjaan yang ia inginkan. Namun dengan kerja keras dan semangat ia tetap menjalankan semuanya dengan iklas dan tidak pernah lupa untuk bersyukur atas apa yang telah ia dapatkan. Walaupun semua itu tidak sesuai dengan harapanya. 


2. Pernah Jadi Kernet Angkot dan Kerja Serabutan.


Saat berada di rantau orang, basko bekerja sebagai kernet angkot untuk menyambung hidupnya. Dan iapun terpaksa bekerja siang malam untuk bisa menyewa sebuah rumah kontrakan. Selain jadi kernet angkot basko juga pernah bekerja sebagai buruh serabutan, sopir, sampai jadi tukang jahit. 

Akhirnya dengan kegigihan dan semangat pantang menyera, pada usia 17 tahun basko sudah bisa berjualan motor untuk yang pertama kalinya. Di sinilah ia mulai merintis kesuksesan dan bisnis pertamanya. Bermula dari hasil menjahit yang ia  tabung dan akhirnya ia bisa membeli motor. Motor tersebut ia perjualbelikan dan akhirnya ia dapat membeli sebuah mobil kijang. 

Kemahiran dalam berkomunikasi, menepati janji, menjaga kepercayaan, dan membangun jaringan akhirnya membawanya kepada kesuksesan dan menaklukan kemiskinan, membangun bisnis sampai menciptakan lapangan pekerjaan. 


3. Tidak Mudah Menyerah 



Dalam kamus hidupnya dia tidak pernah menyimpan kata menyerah dan pasrah akan keadaan. Kesuksesan yang ia raih bukanlah datang begitu saja. Semua itu ia bangun dari nol dengan susah payah dan penuh denga pengorbanan. Menurutnya kesuksesan itu bukanlah apa yang telah ia miliki sekarang. Tapi menurut basko kesuksesan itu adalah sebuah perjalanan. 

Basko sendiri memulai langkahnya sebagai entrepreneur  sejak kecil. Ketika semua orang berfikir mengalami kesulitan dalam hidupnya Basko malah menganggapnya sebagai suatu kemudahan dan suatau pelajaran yang amat berati. Seseorang tentu saja tidak dapat mengandalkan pendidikan formalnya untuk bisa menghadapi semua permasalahanya. Walaupun tidak tamat SD, pendidikan informal yang ia dapatkan melebihi dari pendidikan formal yang didapatkan teman-temannya. 

Basko tidak pernah menyerah. Ia berprinsip bahwa satu langkah kecil akan membawanya pada ribuan langkah pada hari esok. Basko pernah berkata "Yang terpenting bukan bagaimana saya menggenggam kesuksesan, namun mengapa saya harus sukses, itulah langkas pertama saya yang sangat kuat." Jawaban sederhana yang memiliki maksud yang kuat. Langkah kecil basko akhirnya menjadi jejak-jejak makna yang besar pada hari ini.

4. Memiliki Koleksi Kendaraan Mewah


Tak mengherankan, dengan kesuksesannya yang sekarang basko memiliki berbagai koleksi kendaraan-kendaraan mewah. Inilah buah dari perjuangannya selama ini. Berkat kegigihan dan perjuangan sekarang basko sudah mengoleksi berbagai kendaraan mewah. Mulai dari mobil sport sampai deretan motor mewah. 

Pasalnya Basko memiliki berbagai perusahaan yang ia kelola. Perusahaan yang telah ia kelola hari ini adalah sebanyak 15 perusahaan. Tidak berhenti disitu basko juga melebarkan sayapnya dengan terjun ke bisnis penambangan batu bara di Riau, menyediakan jasa internet dan TV kabel di Sumatera Barat. 

Basko juga memiliki empat media yang perputarannya hampir mecapai seluruh Pulau Sumatare bahkan sampai ke Pulau Jawa. Media yang ia miliki yaitu Harian Haluan di Padang, Harian Haluan Kepri di Batam, Harian Haluan Riau di Pekanbaru dan Radio Mandiri FM di Pekanbaru. Jika kita membayangkannya lagi semua itu didapatkan oleh seseorang yang bahkan tidak tamat memiliki sebuah ijazah bahkan ijazah SD.



Itulah beberapa fakta menarik dari seorang Basrizal koto. Apa yang dapat kita cotoh dari beliau adalah jangan pernah menyerah pada keadaan sekalipun keadaan tersebut membuat Anda berfikir untuk menyerah. Nasib kita bukanlah ditentukan oleh orang lain tapi diri kita sendirilah yang akan menentukannya. 

Anda tidak akan mencapai sebuah kesuksesan jika anda hanya diam saja dan pasrah akan keadaan. Kesusksesan juga tidak dapat diukur dari tingkat pendidikan yang telah Anda lalui. Buktinya seorang yang tidak tamat SD saja bisa sukses dan bahkan bisa menjadi miliarder. Jadi sebenarnya kita semua itu berhak untuk sukses. Namun Anda yang menentukan, apakah hak itu akan Anda ambil atau tidak. 


Sumber referensi : https://id.wikipedia.org/w/index.php...tion=history  
https://books.google.co.id/books?id=...0koto&f=false
sebelahblog
tien212700
tien212700 dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.