• Beranda
  • ...
  • Health
  • Penyakit Cacar Air Wasapadai Terutama Di Musim Ekstrim Dan Pancaroba

Amarta17Avatar border
TS
Amarta17
Penyakit Cacar Air Wasapadai Terutama Di Musim Ekstrim Dan Pancaroba

Penyakit Cacar air adalah salah satu penyakit yang di sebabkan oleh virus yang bernama varicella zooster, yang di tandai dengan penderitanya akan mengalami ruam atau bercak kulit sampai adanya bintil kulit yang melepuh berisi cairan bening seperti terkena api.

Artikel ini saya tulis karena beberapa hari yang lalu anak saya mengeluhkan kalau di sela-sela jari tangannya muncul bintil bintil kecil yang berisi cairan bening yang belakangan diketahui ternyata penyakit cacar air.

Cacar air tidak sama dengan campak, hal pertama yang berbeda dari kedua penyakit ini adalah penyebabmya campak di sebabkan virus paramyxo sementara cacar air disebabkan oleh virusvaricella zoster. Yang kedua adalah ruam kulit yang terjadi pada cacar air cenderung lebih basah daripada campak.

Sejarah cacar air di kenal pertamakali di benua eropa sekitar tahun 1796, saat itu seorang dokter dari inggris bernama Edward jenner memberikan suntikan vaksin kepada seorang anak berusia 8 tahun yang bernama james philips. Setelah pemberian vaksin tersebut philips keadaannya membaik dan sembuh. Dari kejadian itu tindakan jenner mendapat sambutan antusias dari masyarakat inggris, pasalnya dia bisa menanggulangi penyakit yang sudah mengakibatkan meninggalnya ribuan orang. Langkah jenner menjadi perhatian para praktisi kesehatan dan mulailah gerakan penanggulangan penyakit cacar air di inggris dan eropa pada umumnya.

Penyakit cacar air sangat menular terutama kepada orang yang belum pernah mengalami cacar air dan juga orang yang tidak pernah di vaksinasi dengan menggunakan vaksin dari virus varicella zooster. Sebaliknya bagi orang yang sudah pernah terkena penyakit ini dan juga pernah mendapatkan vaksin, maka di dalam tubuhnya sudah terbentuk antibody khusus dari virus tersebut, yang nantinya jika terjadi infeksi maka tubuh sudah siap melawan dengan sistem kekebalan tubuh khusus tersebut.

Penularan virus cacar air terutama melalui:
1. Pernafasan seperti dari bersin dan batuk.
2. Air liur dan cairan tubuh seperti dengan memakai alat minum dan makan yang sama.
3. Melalui kontak kulit yang memungkinkan eksudat atau cairan yang berasal dari pecahnya bintik kulit yang melepuh mengenai orang lain.
4. Dari ibu ke bayinya saat mengandung.

Sifat dasar dari serangan penyakit ini adalah
1. Dapat di cegah dengan vaksin
2. Biasanya tidak memerlukan rawat inap.
3. Mudah sekali menular.
4. Jarang memerlukan uji laboratorium dalam hal penentuan diagnosisnya.
5. Masa penyembuhannya cukup singkat terhitung hari sampai minggu.

Karena penyakit ini di sebabkan oleh virus maka yang menjadi faktor penting terjadinya adalah penurunan daya tahan tubuh secara signifikan yang di alami oleh penderitanya. Dengan kata lain bisa di sebutkan bahwasannya untuk langkah pencegahan dari cacar air adalah dengan cara menjaga daya tahan tubuh secara optimal, bisa dengan beristirahat cukup, menjaga asupan nutrisi yang sehat seimbang dan cukup.

Apa yang harus di lakukan jika sudah terinfeksi oleh virus cacar air. Penyakit cacar air ini di awali dengan bintil berisi cairan di beberapa tempat di bagian tubuh kemudian biasanya di serta demam ringan setelah beberapa hari kemudian akan ada luka luka kecil pada bagian bintil yang pecah di beberapa bagian tubuh.

Obat-obatan yang biasa di pakai terutama golongan anti virus seperti acyclovir (nama generik) dan obat penghilang rasa nyeri. Bisa juga di tambahkan imun booster atau peningkat daya tahan tubuh baik itu dari bahan herbal semisal produk herbal yang mengandung ekstrak meniran atau jenis vitamin tertentu.

Orang yang menderita penyakit ini juga akan mengeluhkan rasa gatal, jadi pemberian anti histamin bisa di pertimbangkan. Yang tidak kalah penting untuk di perhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi tambahan dari luka luka kecil di kulit yang terjadi karena pecahnya bintil di kulit dengan cara selalu menjaga kebersihan dan usahakan terhindar dari lembah dengan cara memberi bedak pada permukaan kulit yang timbul bintil. Penyakit cacar air biasanya akan sembuh dalam tiga hari sampai satu Minggu dengan di tandai dengan mengeringnya bintil yang ada di kulit.

Tulisan ini di muat juga di blog carazali.com

Semoga Bermanfaat.
0
1.5K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.