Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ce662ed09b5ca5e9807b1ef/cocooking2019-mie-des-menu-buka-puasa-tanpa-bahan-pengawet
Makanan khas daerah Sumber gambar: dokumen pribadi Ehmm... Enaknya buka puasa pakai apa ya nanti? Penginnya yang simpel dan enaklah pokoknya. Oke dach makanan khas ajalah yang enak dan sesuai dengan cita-rasa. Apalagi pas untuk lidahku yang suka sama pedes-pedes. Oke akhirnya aku temukan Mie Des Khas Pundong. Gan sist pada udah tahu belum apa itu mie des? Kalau belum pada tahu tak kasih bocorannya
Lapor Hansip
23-05-2019 16:07

[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet

icon-verified-thread
Makanan khas daerah

[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
Sumber gambar: dokumen pribadi


Ehmm... Enaknya buka puasa pakai apa ya nanti? Penginnya yang simpel dan enaklah pokoknya.

Oke dach makanan khas ajalah yang enak dan sesuai dengan cita-rasa. Apalagi pas untuk lidahku yang suka sama pedes-pedes.

Oke akhirnya aku temukan Mie Des Khas Pundong. Gan sist pada udah tahu belum apa itu mie des? Kalau belum pada tahu tak kasih bocorannya dikit aja ya?

Mie des adalah makanan khas Daerah Pundong, Bantul, Yogyakarta mie yang dibuat dengan cita-rasa pedas sebagai andalannya. Nah, untuk bahan dasarnya adalah mie yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung singkong. Ini saja ya gan sis cuplikan tentang mie des. Ini salah satu mie tanpa bahan pengawet dan kuliner warisan di daerahku. Kalau mie instankan kondangnya pakai bahan kimia untuk mengawetkan. Kalau ini didiemin satu hari satu malam basi.

Bagi kalian pecinta kuliner bisa mendapatkan mie des di Jalan Mangun Negoro, Srihardono, Pundong, Bantul, Yogyakarta. Atau bisa lihat pada screenshoot gmap dibawah ini:

[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
Sumber gambar: ss gmap


Dengan mencicipi miedes cukup dengan budget Rp.8.000,00 udah dapat. Plus minum Rp.2000,00. Kalau ditotal Rp.10.000,00 dijamin kenyang dach. Perlu diingat ya gan sist? Rumah makan mie des milik Pak Yono ini hanya buka setiap sore sampai malam dan untuk siang hari tutup. Buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB sampai 24.00 WIB. Kalau laris jam 23.00 WIB sudah tutup. O ya gan sist mie nya boleh dibawa pulang juga lho? Gak harus dimakan disana.

Kurang lengkap ya kalau gak tahu bumbu-bumbu pembuatan mie des dan cara membuatnya. Oke, kita tengok sebentar ya ke dapur untuk mengetahui lebih detailnya:

Quote:Bahan:
Mie dari tepung tapioka 1/4 kg.

[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
sumber gambar: dokumen pribadi


Bumbu yang dihaluskan:
1. Garam secukupnya.
2. Bawang putih satu siung.
3. Mrica sepertiga sendok makan.
4. Kemiri satu biji.
5. Cabai secukupnya.

[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
Sumber gambar: dokumen pribadi


Pelengkap:
1. Penyedap rasa secukupnya.
2. Bawang merah (goreng) secukupnya.
3. Telur satu buah.

[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
Sumber gambar: dokumen pribadi


Lalapan:
1. Kobis.
2. Timun.
3. Tomat.
4. Dan sebagainya sesuai keinginan.

[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
Sumber gambar: dokumen pribadi


Untuk lalapan disesuaikan dengan porsi.

Cara membuatnya gini gan sist:
1. Haluskan semua bumbu-bumbu seperti diatas.
2. Pastikan telur ada di dekat anda dan semua bahan.
3. Panasi wajan yang berisi minyak goreng sesuai dengan kebutuhan.
4. Goreng telur dengan diacak-acak. Tunggu sampai matang.
5. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kewajan yang ada gorengan telurnya. Tumis hingga tercium bau harumnya.
4. Masukkan mie dan aduk hingga tercampur dengan bumbu dan telur. Tunggu hingga matang.
5. Angkat dan taburi lalapan yang sudah diiris. Mie des siap disajikan.

Ini dia mie desnya jadi gan sist. Gimana gan sist? Mau nyobain? Boleh kog.


Kalau agan sama sista tahu nih! Ini mie des yang paling diburu saat orang berada di Pundong. Karena inilah salah satu makanan khasnya.

O ya mie des ada dua olahan yaitu kuah sama goreng atau tumis. Bumbunya kuah sama goreng sama, cuman kalau kuah tinggal nambahin air aja. Cara masaknya juga sama kog. Bedanya kering sama basah, kalau kering pakai minyak, sedangkan basah didominasi menggunakan air.

Mie des kuah


[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
Sumber gambar: dokumen pribadi


Mie des goreng


[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
Sumber gambar: dokumen pribadi


Kalau ada yang nanya Mie des pedes gak sih? Mie des sangat cocok buat kamu yang suka dan pecinta pedas. Mie des kalau gak pedas gak enak gan sist. Mie des pasti pedes dari namanya aja udah mie des kog. Cuman level pedasnya beda-beda, tergantung dengan selera tiap orang.

Selamat membaca ya gan sist sambil menunggu bedug adzan maghrib berkumandang.


Marhaban yaa Ramadhan



Jogjakarta, 23 Mei 2019.

Quote:Baca juga:

Mie Pentil dengan Citarasa Gurih
Diubah oleh janeeta97
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 6
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
06-12-2019 04:13
Quote:Original Posted By indahmami
Wahh..
Masak dan ngolah sendiri.
emoticon-Matabelo


Sekali-sekali jadi chef di rumah sendiri

Quote:Original Posted By cattleyaonly
Jadi pengen makan mieemoticon-Belomatabelo


Buatlah. Asal jangan makan orang ya?

Quote:Original Posted By mamaproduktif
Patut dicoba nih resepnya...

Waah... Nice thread nih... Ane nyimak ah di pojokan


Dipojokan sambil ngabisin cemilan ya?

Quote:Original Posted By syafira87
Huwaa bikin ngiler, kan ane jadi laper. padahal abis makan porsi jumbo.


Waduh. Gak takut gendutkah?

Quote:Original Posted By sylviafizzhiadh
Pen icip-icip...


Seneng itu kalau disuruh icip-icip ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
06-12-2019 07:41
Quote:Original Posted By janeeta97
Sekali-sekali jadi chef di rumah sendiri


Aku udah berhenti jadi chef.
Kadang2 ajah.
emoticon-Jones
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
07-12-2019 20:52
Makanan dari jogja emang unik2
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
08-12-2019 12:44
Quote:Original Posted By fitrijunita
wah, boleh dicoba nih 😋😋😋 makasih ya 😍


Sama2 sist. emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss bikin ngiler aja

Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Ikuut




Huaa serius sy satu aj porsi kecil ngg habis paling mi gelas porsi dikit



Sama tos ol yuk



Sama 2 sis



Lama gak ketemu ama mba cahaya emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0 0
0
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
09-12-2019 06:03
Quote:Original Posted By janeeta97
Sekali-sekali jadi chef di rumah sendiri



Buatlah. Asal jangan makan orang ya?



Dipojokan sambil ngabisin cemilan ya?



Waduh. Gak takut gendutkah?



Seneng itu kalau disuruh icip-icip ya?


Yummy, bentar lagi Ramadhan sis

Quote:Original Posted By indahmami
Aku udah berhenti jadi chef.
Kadang2 ajah.
emoticon-Jones


Serius mi? Kamu punya asisten rumah tangga ya, yang selalu ngurusin, enaknyaemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
janeeta97 dan indahmami memberi reputasi
2 0
2
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
09-12-2019 17:36
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Yummy, bentar lagi Ramadhan sis



Serius mi? Kamu punya asisten rumah tangga ya, yang selalu ngurusin, enaknyaemoticon-2 Jempol


Kagak, tapi dibuat simpel.
Awal'y paksu ngamuk2 g' masak.
Secara bini'y kan suka masakin dia.
emoticon-Malu
Trus aku kasih pengertian, wong bini'y udah kerja siang malam tambah kerjaan rumah.
Masa' harus masak?
Ya kagak kuatlah badan.
Akhir'y klw udah tau bini g' masak ya beli.
emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
10-12-2019 03:58
Quote:Original Posted By Raeinn
Ayokkk, sarapan kata dulu ajah deh...


Makanannya nanti ya? Bilamg sarapan duju aja hhhh

Quote:Original Posted By indahmami
Aku udah berhenti jadi chef.
Kadang2 ajah.
:jones


Lha kenapa bunda? Diganti suami kah?

Quote:Original Posted By TaraAnggara
Makanan dari jogja emang unik2


Makanya ayo ke jogja

Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Yummy, bentar lagi Ramadhan sis



Serius mi? Kamu punya asisten rumah tangga ya, yang selalu ngurusin, enaknyaemoticon-2 Jempol


Ambil asisten rumah tangga yang penting ada duit untuk bayar

Quote:Original Posted By indahmami
Kagak, tapi dibuat simpel.
Awal'y paksu ngamuk2 g' masak.
Secara bini'y kan suka masakin dia.
emoticon-Malu
Trus aku kasih pengertian, wong bini'y udah kerja siang malam tambah kerjaan rumah.
Masa' harus masak?
Ya kagak kuatlah badan.
Akhir'y klw udah tau bini g' masak ya beli.
:goyang


Beli adalah jalan satu-saty saat kepepet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
10-12-2019 05:36
Quote:Original Posted By indahmami
Kagak, tapi dibuat simpel.
Awal'y paksu ngamuk2 g' masak.
Secara bini'y kan suka masakin dia.
emoticon-Malu
Trus aku kasih pengertian, wong bini'y udah kerja siang malam tambah kerjaan rumah.
Masa' harus masak?
Ya kagak kuatlah badan.
Akhir'y klw udah tau bini g' masak ya beli.
emoticon-Goyang


Kwkwk kirain, sy juga lbh suka beli, kalau masak jarang habis Uda cape2, beli juga begitu jarang habis juga, tp ngg cape#kagaikhlaskesannyaemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
10-12-2019 09:13
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Kwkwk kirain, sy juga lbh suka beli, kalau masak jarang habis Uda cape2, beli juga begitu jarang habis juga, tp ngg cape#kagaikhlaskesannyaemoticon-Hammer2


Hahaha..
Selama lauk dan masakan'y enak habis.
Cuma ya ntuh..
Masak pun harus macam2.
G' cuma satu jenis ajah..
Belum lagi klw bumbu dan bahan dapur abis.
Kan jadi mehong jatuh'y.
Klw beli kan enak, pagi lauk nie, siang ganti, malam ganti lagi.
Malah ngirit yg beli.
emoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan janeeta97 memberi reputasi
2 0
2
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
10-12-2019 09:19
Quote:Original Posted By janeeta97

Lha kenapa bunda? Diganti suami kah?


Udah males masak, sejak kerja pagi sore jadi g' masak.
Sekarang yg masak ya tinggal siapa yg mau masak.
Klw paksu suruh masak ya masak.
Masalah'y klw g' sekalian enak tuh, paksu suka rewel.
emoticon-Hammer2
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
10-12-2019 23:12
wah endesss ni kayaknya. kapan2 nyoba ah. yg beda ada sayurannya itu
ga dmasakk tapi mentah ya
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan janeeta97 memberi reputasi
2 0
2
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
11-12-2019 04:32
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Kwkwk kirain, sy juga lbh suka beli, kalau masak jarang habis Uda cape2, beli juga begitu jarang habis juga, tp ngg cape#kagaikhlaskesannyaemoticon-Hammer2


Tinggal santap saja

Quote:Original Posted By indahmami
Hahaha..
Selama lauk dan masakan'y enak habis.
Cuma ya ntuh..
Masak pun harus macam2.
G' cuma satu jenis ajah..
Belum lagi klw bumbu dan bahan dapur abis.
Kan jadi mehong jatuh'y.
Klw beli kan enak, pagi lauk nie, siang ganti, malam ganti lagi.
Malah ngirit yg beli.
:goyang:goyang


Lebih ngirit lagi sayuran tinggal petik dipekarangan

Quote:Original Posted By indahmami
Udah males masak, sejak kerja pagi sore jadi g' masak.
Sekarang yg masak ya tinggal siapa yg mau masak.
Klw paksu suruh masak ya masak.
Masalah'y klw g' sekalian enak tuh, paksu suka rewel.
emoticon-Hammer2


Harus enak ya? Sesuai selera mungkin

Quote:Original Posted By riwidy
wah endesss ni kayaknya. kapan2 nyoba ah. yg beda ada sayurannya itu
ga dmasakk tapi mentah ya


Nah, kalau pakai lalapan ya mentah
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan indahmami memberi reputasi
2 0
2
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
11-12-2019 08:00
Quote:Original Posted By janeeta97
Tinggal santap saja



Lebih ngirit lagi sayuran tinggal petik dipekarangan



Harus enak ya? Sesuai selera mungkin


Masalah'y g' punya pekarangan jadi serba beli.
emoticon-Hammer2
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
28-12-2019 10:28
belum pernah nyobain yg berkuah. soalnya seneng yg goreng
profile-picture
janeeta97 memberi reputasi
1 0
1
[CoCooking2019] Mie Des Menu Buka Puasa tanpa Bahan Pengawet
30-12-2019 17:11
Quote:Original Posted By indahmami
Masalah'y g' punya pekarangan jadi serba beli.
emoticon-Hammer2


Pakai polybag kan bisa sist

Quote:Original Posted By dalledalminto
belum pernah nyobain yg berkuah. soalnya seneng yg goreng


Aku juga belum pernah nyoba. Goreng mah sering
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia