Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Rocky Gerung: Pancasila Itu Ganja
Kritis, Asbun, Atau Kriminal?

RMco.id  Rakyat Merdeka - “Seluruh Pancasila itu bisa diringkes dalam satu ayat…yaitu bau ganja. Sama sensasinya menikmati 5 Sila itu dengan menikmati ganja di 3.500 ketinggian gunung Yala Peak. Karena anda akan damai. Cukup dua lembar daun ganja dan seluruh dunia ini akan jadi Pancasilais.” Begitu antara lain kutipan Rocky Gerung yang videonya viral, kemarin itu. Apakah pernyataan ahli filsafat Universitas Indonesia (UI) ini bagian dari sikap kritisnya? Apa ini hanya “asbun” alias asal bunyi? Atau omongan ini bisa dianggap kriminal? Netizen ramai membincangkannya.

Baca Juga : Di Depan Mahfud MD, Rocky Gerung Terang-terangan Sebut Pancasila Bisa Diubah, Ini Alasannya

Video itu kali pertama di-pos­ting oleh akun @narkosun di Twitter pada 15 November. Dia menyertakan link Youtube. Kemudian memberi caption: “Terlalu,... Rocky Gerung menyamakan Pancasila dengan ganja. Pak Gerung, Pancasila itu kesepakatan para ulama dan pejuang kemerdekaan dulu. Bukan sembarangan. Dengan Pancasila menyatukan keberagaman di Indonesia. Kamu bisanya cuma menghina dan menghina.” Hingga Jumat (16/11) pukul 12 malam, postingan itu sudah dikomentari oleh 387 netizen. Salah satunya, Rocky sendiri. Lewat akun @rockygerung, dia mengomentarinya. “Menggoreng itu pakai minyak. Bukan air kolam,” cuitnya. @narkosun lekas membalasnya. “Meracau itu tak perlu professor, cukuplah seorang provokator,” balasnya. 

Baca Juga : ROCKY GERUNG, PANCASILA DAN ATEISME 

Kebanyakan netizen menyerang Rocky. “Ehmmm... kitab suci dibilang fiksi, Pancasila disamakan dengan ganja. Aparat masih tetap mau diam?” cuit @anggrekmatahari, mengorek “dosa lama” Rocky. Akun @pananggangan menyebut, apa yang dikatakan Rocky kontradiktif. “Pancasila itu udah dasar hukum ganja itu sesuatu yang dilarang hukum,” cuitnya. Ada juga yang menyebut Rocky melanggar hukum. Kriminal. Soalnya, menyamakan Pancasila dengan ganja, berarti menghina Pancasila. “Tidak menangkap orang yang menghina Pancasila (simbol negara) siapakah yang dapat menjaga martabat PANCASILA?” cuit @sSumarna1933 ujarnya sambil me-mention @BareskrimPolri, @DivHumas_Polri, dan @CCICPolri. 

https://rmco.id/baca-berita/chat-new...sila-itu-ganja
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.