Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shengrenAvatar border
TS
shengren
Curhat Perokok ; Para Perokok Harus Tahu 10 Cara Cepat Untuk Berhenti Merokok
Halo para perokok mania, salam penikmat racun..
Sudah berapa lama anda berniat untuk berhenti merokok, mungkin sudah sering bukan..? 

Entah sudah berapa banyak janji dan penyesalan dalam hati untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok ini. Namun belum juga berhasil, entah karena anda yang tidak komitmen atau metode perencanaannya yang tidak tepat. 

Jangan biarkan kegagalan berhenti merokok tersebut membuat anda menjadi putus asa, kecewa karena belum juga berhasil dari belenggu racun rokok ini. 


Jangan khawatir, disini kami akan mencoba berbagi tips bagaimana cara cepat berhenti merokok secara lebih detail dengan metode lain dari yang lain.



1.Bersihkan Rumah Dan Lingkungan Tempat Tinggal Anda
Untuk pertama-tama cobalah untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal anda, bersihkan segala hal dari yang berbau dan bernama rokok. Buanglah rokok, sampah puntung rokok, pernak-pernik tentang rokok  anda sekarang juga. Pakaian, alas kasur, tirai dan karpet kalau bisa dicuci atau diganti baru karena mungkin saja mengandung aroma asap rokok. Sebaiknya pakailah pengharum ruangan beraroma terapi yang menyegarkan untuk menghilangkan pengaruh bau asap rokok. Rumah dan dan lingkunga tempat tinggal yang bersih dan rapi akan membuat suasana pikiran lebih segar dan tidak suntuk atau kusut.

Baca juga ;  Rokok dan Kesehatan Serta Bahayanya bagi tubuh kita


2.Lakukan Aktivitas Olah Raga Ringan
Kegiatan olahraga baik yang berat atau ringan dapat membantu untuk mengurangi keinginan untuk merokok dan hasrat akan nikotin yang menyiksa batin anda. Kalau anda punya waktu luang, bergabunglah dengan klub olahraga atau kebugaran untuk membiasakan pola hidup sehat. Kegiatan olahraga seperti jogging, futsal, badminton, sepakbola, golf, dan kegiatan olahraga ringan seperti jalan kaki disertakan dengan bergabung bersama orang dan komunitas pola hidup sehat akan membantu anda melalui fase ketergantungan rokok.


3.Jangan Biarkan Diri Dan Pikiran Dalam Kondisi Stress
Kondisi stress adalah salah satu pemicu utama bagi para perokok berat untuk terus membakar rokok. Bagi para perokok, kondisi dibawah tekanan atau stress dalam pekerjaan atau kehidupan biasanya dilalui dengan cara merokok untuk membuat mereka merasa lebih rileks dan tenang dalam menghadapi suasana. Kalau seandainya itu terjadi pada anda, usahakan mencoba cara ini dengan mendengarkan musik, yoga, olahraga ringan atau pijat refleksi. Akan lebih baik lagi kalau anda punya pasangan yang bisa mendengarkan keluh kesah atau cerita  anda untuk berbagi beban masalah hidup.


4.Beritahu Keluarga Dan Orang Terdekat Anda Serta Jauhi Pemicu
Libatkan keluarga dan lingkungan pergaulan dekat anda dalam usaha untuk berhenti merokok ini. Peran mereka akan sangat membantu sekali dalam membantu anda untuk menjaga supaya tidak kembali merokok. Mereka juga akan membantu dan mengingatkan anda untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang akan memicu anda kembali merokok. Seperti kebiasaan merokok setelah makan, minuman seperti kopi dan minuman beralkohol.


5.Lakukan Terapi Dan Konseling Grup
Jika perlu, anda sebaiknya berkonsultasi dengan psikiater atau konselor untuk membantu anda fokus dalam berhenti merokok. Hadirlah pada grup-grup diskusi kelompok yang sama-sama punya niat dan usaha untuk berhenti merokok.


6.Jaga Pola Makan Hidup Sehat
Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan membuat rasa rokok tidak lagi enak dan memuaskan. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah akan membuat tubuh anda punya asupan vitamin yang menyehatkan tubuh. Jangan mencampur adukkan antara diet dengan berhenti merokok, fokus saja pada salah satunya untuk menghindari kegagalan tujuan utama anda. 


7.Terapi Penggantian Nikotin
Banyak para perokok yang frustasi karena berkurangnya asupan nikotin pada tubuh mereka sehingga niat berhenti merokok sudah gagal dari awal. Hubungi dan konsultasikan dengan dokter anda tentang terapi penggantian nikotin ini agar dapat membantu meringankan rasa frutasi kekurangan nikotin tersebut.


Baca juga ; Cara Dan Metode Terbaik Untuk Berhenti Total Merokok

8.Memakai Obat-Obatan Yang Diresepkan
Salah satu manfaatnya adalah agar dapat mebantu meringankan efek berhentinya asupan nikotin, rasa depresi, frustasi dan sulit konsentrasi. Obat ini juga dapat membuat rasa rokok akan terasa hambar dan tidak lagi memuaskan.  Harap konsultasikan dengan dokter anda.


9.Jangan Putus Asa, Teruslah Berusaha
Mantapkan niat dan bulatkan tekad, gagal dan gagal lagi dalam usaha berhenti merokok jangan sampai membuat anda jadi putus asa. Sebagian besar orang baru bisa berhenti merokok selamanya setelah melalui proses mencoba beberapa kali. 


10.Renungkan Manfaat dan Kerugiannya
Anda tentu ingin mempunyai tubuh yang lebih sehat, kulit yang lebih cerah dan pikiran yang lebih segar. Berhenti merokok selamanya akan mencegah tubuh anda dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh bahaya merokok. Resiko penyakit jantung, paru-paru, tensi tinggi, bau mulut, penuan dini dan penyakit lainnya akan menjauhi tubuh anda. 


Dari segi financial tentu saja dana untuk beli rokok ini bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat untuk diri sendiri atau keluarga tercinta.
Ingat orang disayang, dengan berhenti merokok anda juga telah ikut menjaga keluarga dan lingkungan sekitar anda dari bahaya paparan asap rokok secara pasif.

Jangan berhenti setengah-setengah, kalau anda Cuma berniat untuk mengurangi saja maka hal itu akan sulit berhenti, malahan akan tambah membuat anda kecanduan dan sulit berhenti merokok. Sekarang atau tidak sama sekali… !
Sebagai manusia dewasa yang berpikir dan berakal, tentu anda lebih dari tahu mana yang terbaik untuk kehidupan masa depan keluarga dan lingkungan anda.


Salam berhenti merokok, selamat berjuang.
Buang sekarang rokok anda….!!!


cek sumur
imnotvegetarian
tata604
lina.wh
lina.wh dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.5K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Quit Drugs, Alcohol & Smoking
Quit Drugs, Alcohol & SmokingKASKUS Official
231Thread396Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.