Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asikesokasikAvatar border
TS
asikesokasik
Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan
Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Saat Bunda mengandung apalagi anak pertama pastinya Bunda akan menerima nasehat atau saran seputar kehamilan mulai dari orang tua, kerabat maupun teman. Tak jarang masukan dan nasehat yang Bunda terima membuat Bunda bingung dan membuat pertanyaan dibenak Bunda “Masa sih Enggak boleh?” Daripada Bunda bingung dan bertanya-tanya, yuk kita simak mitos dan fakta seputar kehamilan!

Makan dengan porsi dua orang

Mitosnya, selama kehamilan Bunda harus makan banyak seperti porsi dua orang karena dalam perut Bunda ada janin yang harus diberi asupan jadi terkadang Bunda akan berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu.

Faktanya, saat Bunda hamil hanya perlu menambahkan porsi kalori ekstra untuk mendukung bayi dan tidak harus memaksakan diri makan untuk dua orang ya, Bunda. Jumlah kalori yang tepat tergantung pada berat serta tinggi badan, aktivitas dan trismester kehamilan Bunda.

Jenis kelamin bayi berdasarkan bentuk perut

Jika ada yang mengatakan bentuk perut hamil membulat adalah anak perempuan dan bentuk condong kedepan adalah anak laki-laki itu mitos ya, Bunda. Faktanya, bentuk perut Bunda saat hamil dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu elastisitas otot perut Bunda, volume air ketuban, posisi janin, hingga usia kehamilan.

Tidak boleh makan daging kambing

Banyak yang mengatakan saat hamil jangan makan daging kambing karena membahayakan janin. Hal tersebut adalah Mitos ya, Bunda. Faktanya, Bunda boleh saja mengonsumsi daging kambing dengan porsi yang wajar dan Bunda tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan kolesterol.

Jangan beli perlengkapan bayi sebelum usia kandungan 7 bulan.

Sering sekali kita mendengar larangan jangan membeli perlengkapan bayi jika kandungan belum 7 bulan, bahkan sampai saat ini pun masih banyak yang percaya akan mitos ini. Faktanya, Bunda boleh saja kok mencicil perlengkapan bayi sejak kehamilan muda dengan tujuan meringankan dan memudahkan persiapan kelahiran nantinya. Bunda bisa membeli warna warna yang netral saat belum mengetahui jenis kelamin.

Minum air es membuat janin besar

Saat mendengar larangan jangan meminum air dingin atau es saat hamil karena akan membuat janin besar, pastinya akan membuat Bunda mengerutkan kening dan bertanya-tanya. Faktanya, air es atau tanpa es sebenarnya tidak memiliki nilai gizi ya, Bunda. Air adalah kebutuhan cairan untuk tubuh dan Bunda bisa saja minum sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Seks saat hamil berakibat keguguran dan mempercepat kelahiran

Faktanya, seks tidak menginduksi persalinan ya, Bunda. Bunda boleh melakukan hubungan seksual dengan Ayah selama kehamilan asalkan dengan posisi yang aman yaitu posisi yang tidak memberikan tekanan pada perut. Bayi Bunda aman kok didalam lindungan kantung ketuban.

Makan Nanas sebabkan keguguran

Pasti Bunda pernah mendengar tentang larangan jangan makan nanas saat hamil karena bisa sebabkan keguguran. Faktanya, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah jika nanas bisa sebabkan keguguran, Bund. Bahaya nanas bagi kehamilan biasa dikaitkan dengan adanya kandungan enzim bromelain pada nanas. Kandungan ini bersifat proteolitik yang dapat memecah protein di dalam tubuh.

Nanas sebenarnya bermanfaat bagi Bunda saat hamil, lho. Nanas mengandung vitamin dan flavonoid yang bersifat anxiolytic yang mana efeknya bisa membantu meredakan kecemasan yang Bunda rasakan selama hamil.


Deviafeb
Deviafeb memberi reputasi
1
320
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread10KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.