c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Ponsel Kamera Dengan Megapiksel Tinggi Belum Tentu Hasilnya Bagus? Yuk Kita Kulik Cuy




Hi sobat kaskus, pastinya lo pernah kan ngerasa membeli Smartphone itu kalau mau bagus hasil kameranya maka kamu harus beli yang megapikselsnya tinggi 🙄.

Maka dari pemikiran orang awam saat ini pun tergambar hal seperti itu terlebih smartphone saat ini pun mulai dagang yang di sukai pasar yaitu megapiksel yang besar, padahal bisa saja kualitas kamera dengan sensor 48MP sama hasilnya dengan yang sensor 12MP. Nah loh kok bisa begitu?



Sebenarnya megapiksel tidak akan mempengaruhi kualitas foto namun yang jelas adalah seberapa besar ukuran foto kita kalau dicetak atau di crop maka akan terlihat lebih detil, nah sensor dengan megapiksel yang besar itulah yang akan mempengaruhi banyaknya piksel.

Megapiksel sendiri adalah satuan dari resolusi gambar, menurut keterangan untuk 1 megapixel (MP) sama dengan 1.048.576 pixel, bisa dibilang secara sederhananya kamera dengan sensor 1MP akan menghasilkan foto yang memiliki jumlah pixel sebanyak 1.048.576 buah.



Lohkan kalau piksel semakin banyak bukan kah itu menunjukkan kualitas dari foto itu meningkat cukup tajam?

Tidak semudah itu ferguso, untuk kualitas bukan banyaknya piksel yang menentukan, namun yang utama adalah sebuah kombinasi teknologi sensor yang di produksi oleh Sony, Leica dan Samsung dll kemudian baru besaran megapixel yang sesuai yang terpenting adalah ukuran sensor yang digunakan semua ini adalah elemen utama untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Sensor yang dapat menangkap cahaya lebih baik maka kualitas gambar akan semakin bagus, hal itu berkaitan dengan ukuran sensor dimana ada APS-C, full-frame, dan medium format. Sedangkan untuk kamera ponsel sendiri biasanya berukuran 6,17 x 4,5mm, bila dibandingkan mirrorless APS-C sebesar 23,6 x 15,6mm maka ukuran besar akan menangkap cahaya lebih bagus.





Sedangkan bila piksel di perbesar namun ukuran sensor kameranya tetap kecil ditakutkan akan terjadi noise, karena banyak piksel gagal dalam menangkap cahaya. Maka itulah yang terjadi pada kamera ponsel dengan piksel besar, jangan heran Samsung membuat kamera dengan piksel besar dari sensor 12MP yang di mark up menjadi 48 MP jadi bisa dibilang itu bukan piksel 48MP sesungguhnya hanya permainan dari Samsung yang menggunakan teknologi tetracell dengan algoritma Remosaic. Dimana empat piksel 12MP disatukan menjadi 48MP.

Itu dilakukan agar tidak terjadi noise, tentu saja untuk kalian penggemar ponsel yang hanya ingin mejeng di medsos, piksel besar untuk apa? Untuk membuat billboard, spanduk atau di cetak foto dalam ukuran besar?



Karena kualitas foto bukan dari besaran piksel, kalau memang ingin mencetak dalam ukuran besar dan kualitasnya baik silahkan membeli mirrorless atau DSLR, maka jangan ngimpi kalau kamera ponsel bisa setara DSLR.

Setidaknya mindset kita perlu dirubah, jangan sampai termakan iklan ponsel yang menyesatkan.



Salam hangat lur, saya c4punk see u next thread


emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF





Diubah oleh c4punk1950... 29-11-2019 08:39
lina.whseabiscuitNadarNadz
NadarNadz dan 37 lainnya memberi reputasi
38
10.6K
119
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread•7.7KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.