Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de2190ca727683d6838d87c/wacana-presiden-dipilih-oleh-mpr-dan-boleh-tiga-periode-gejala-kemunduran-demokrasi
Halo Agan Sista, mungkin udah pada dengar wacana (usulan) amandemen beberapa pihak yang ingin mengubah Pasal 7 UUD 1945 yang ingin menambah masa jabatan presiden menjadi 3 periode. Tak cuma itu, usulan lainnya juga diajukan pada saat yang sama, yakni Presiden akan dipilih oleh MPR. (seriously?). Bak bola panas, wacana ini disambut negatif oleh beberapa orang. Stigma dengan liar menyebar, diikuti d
Lapor Hansip
30-11-2019 14:23

Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?

Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?

Halo Agan Sista, mungkin udah pada dengar wacana (usulan) amandemen beberapa pihak yang ingin mengubah Pasal 7 UUD 1945 yang ingin menambah masa jabatan presiden menjadi 3 periode. Tak cuma itu, usulan lainnya juga diajukan pada saat yang sama, yakni Presiden akan dipilih oleh MPR. (seriously?).

Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?

Bak bola panas, wacana ini disambut negatif oleh beberapa orang. Stigma dengan liar menyebar, diikuti dengan rundungan pertanyaan seperti "Apakah ini indikasi bahwa Orde Baru akan kembali?" Apa kita sudah lupa mengenai sejarah masa lalu, yang menjadi latar belakang kenapa masa jabatan presiden dibatasi? Satu kata saja, reformasi (pada tahun 1998).

Ciri paling jelas dari adanya demokrasi pada suatu negara adalah adanya sirkulasi kepemimpinan yang terjaga. 3 Periode berarti 15 tahun, untuk sebuah kepemimpinan ini adalah masa yang sangat lama, apa Indonesia kehabisan pemimpin?

Usulan atau pada waktu itu menyebutnya Uji Materi terkait penambahan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden ini sejatinya juga pernah diajukan oleh Bapak Jusuf Kala, pada tahun 2018 lalu. (Meski dalam tuntutannya, beliau meminta penjelasan terkait Pasal 7 UUD 1945 yang beliau dan tim nilai ambigu).

Sedangkan usulan mengenai pemilihan Presiden yang dipilih oleh MPR menciderai sistem presidensial yang selama ini sudah kita lakukan. Sebagai produk dari pemilu, atau presiden yang langsung dipilih oleh rakyat, ane yakin Pak Jokowi akan sangat mempertimbangkan hal ini.



Beberapa Pandangan Para Pengamat, Ahli, dan Politikus

Ahli hukum tata negara Dr Bayu Dwi Anggono


Quote:Dengan tegas menolak, "Karena pembatasan masa jabatan 2 periode ini merupakan spirit munculnya gerakan reformasi 1998. Setidaknya ada 3 alasan mengapa jabatan presiden dibatasi paling banyak 2 periode," kata ahli hukum tata negara Dr Bayu Dwi Anggono kepada detikcom, Minggu (24/11/2019). 

"Dalam praktiknya, ketidakjelasan pengaturan masa jabatan tersebut telah mengantarkan bangsa Indonesia bukan menjadi negara demokrasi melainkan mengalami periode Otoritarianisme yang ditandai masa jabatan presiden tidak terbatas dengan praktik koruptif dan kolutif yang menyertainya. Untungnya kemudian gerakan reformasi 1998 berhasil menumbangkan pemerintahan otoriter tersebut," papar Bayu.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-4796...den-3-periode



Anggota MPR Fraksi PKS Nasir Djamil 


Quote:Menolak rencana amandemen UUD 1945 mengenai wacana masa jabatan Presiden menjadi tiga periode.

"Kami menolak dua hal menolak jabatan presiden tiga periode dan mengembalikan presiden dipilih MPR karena itu mengaburkan sistem presidensial, sistem presiden eksekutif harus dipilih," kata Nasir Djamil dalam diskusi polemik 'Membaca Arah Amandemen UUD 45' di Hotel Ibis Tamarin, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (30/11/2019).


Di MPR, menurut Nasir, semua partai politik belum terkonsolidasi dengan baik, hanya sedang mencoba memberikan gagasan. Fraksi partai politik di MPR disebutnya seperti 'mencuri start' rencana pembahasan amandemen UUD 1945.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-4804...-presidensial



Dosen Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Saiful Mujani


Quote:Menurut dia, pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden hanya dua periode merupakan salah satu agenda reformasi yang tertuang dalam amandemen UUD 1945. “Salah satu inti reformasi adalah membatasi masa jabatan presiden dan wakil presiden menjadi maksimal hanya dua kali seperti yang dituangkan dalam Undang-Undang Dasar. Mahkamah Konstitusi dan pihak-pihak yang melanggar ini adalah penghianat reformasi,” kata pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Rabu (25/7/2018).

sumber : https://tirto.id/mengapa-sebaiknya-m...-periode-cPSH



Menurut Agan Sista, gimana?
Sungguhkah ini demi bangsa? Benarkah ini kemunduran Demokrasi?


Sumber Foto : Google


Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novitatari dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
30-11-2019 21:14
kalo bener terjadi tentu menurut ane kurang mencerminkan nilai demokrasi ya
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
Lapor Hansip
30-11-2019 21:23
Balasan post cokroeffendy
LOE TUH YANG AWAL KEHANCURAN..DASAR ANAK LONTE ARAB!!!
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
30-11-2019 21:31
lah apa lagi nih..kok macem gini...
bukan demokrasi lagi dong...
suara rakyat berarti uda.nggak penting lagi dong ya emoticon-Cape d...
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
30-11-2019 22:13
Lah apa lagi dah ini hadeh
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 03:39
Ingat kata bang napi
kejahatan terjadi bukan hanya karna ada niat pelakunya, tetapi juga KESEMPATAN.. WASPADALAH!!!! WASPADALAH!!!!

Yg ono jg awalnya baik, tp kita seolah lupa klo dia punya anak.. makin lama anaknya makin besar sehingga...... Asudahlah nnti malah salah ngomong brabe..
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 04:46
3 periode? wan abud bisa 5 periode lohemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 06:17
Terima kasih. Thread yang informatif Gan.emoticon-2 Jempol
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 08:36
di satu sisi ada yang teriak khilafah
di satu sisi ada yang teriak mandataris MPR
di sisi lain ,,, bilang terserah ,,,,
di sisi lain bilang agenda apa di balik ini semua ,,, ???
di sisi lain bilang biaya politik tinggi dengan imbas biaya korupsi proyek ,,dll
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 09:21
Serius nanya..
Tugas MPR skrng ngapain sih??
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 10:22
Demokrasi sudah mati
Saatnya mengheningkan cipta
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 11:02
wah serba salah juga ya..
di satu sisi pilpres lewat mpr lebih hemat, dan lebih kecil social cost nya buat masyarakat bawah. tapi sayangnya kredibilitas anggota dewan kita masih dipertanyakan.

di sisi lain pilpres langsung lebih disukai masyarakat, tapi lebih mahal, social cost nya besar, dan sampai saat ini masyarakat kita masih terbelah gara2 pilpres.

ane sendiri sih lebih suka kalau jabatan presiden itu seumur hidup emoticon-Leh Uga
tapi sepertinya ide jabatan presiden indonesia seumur hidup tidak begitu cocok untuk diterapkan di indonesia emoticon-Leh Uga
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 12:46
kliping anggota MPR nya kenapa hanya dari pekashit?

itu wacana siapa? DPR? atau presiden Jokowi?

ada aja bahan gorengan....
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 12:58
Kan sebatas wacana saja jd tdk perlu risau kawan emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh muzica
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
Lapor Hansip
01-12-2019 13:52
Balasan post hvzalf
Cocoknya indonesia itu menggunakan sistem kerajaan absolut, satu Org yg berkuasa, tapi dengan catatan yg berkuasa itu berjiwa negarawan.
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 17:13
wacana masih jangan langsung bilang kemunduran
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
01-12-2019 18:09
Democrazy bukan demokrasi haha
profile-picture
iamfreedom memberi reputasi
1 0
1
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
02-12-2019 10:48
Quote:Original Posted By agungdar2494
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?

Halo Agan Sista, mungkin udah pada dengar wacana (usulan) amandemen beberapa pihak yang ingin mengubah Pasal 7 UUD 1945 yang ingin menambah masa jabatan presiden menjadi 3 periode. Tak cuma itu, usulan lainnya juga diajukan pada saat yang sama, yakni Presiden akan dipilih oleh MPR. (seriously?).




Ya namanya wacana, bolah boleh saja.. tinggal dikaji sampai dimana manfaat dan mudaratnya

Di Amerika yang (Ngakunya) Demokratis juga ada presiden tang terpilih sampai empat kali kok

Quote:Original Posted By hendrazalkia
Cocoknya indonesia itu menggunakan sistem kerajaan absolut, satu Org yg berkuasa, tapi dengan catatan yg berkuasa itu berjiwa negarawan.


Kayak jaman Khulafaur Rasyidin Gan... Bukan Khilafah ya...
Diubah oleh jokowi.kw
0 0
0
Wacana Presiden Dipilih Oleh MPR dan Boleh Tiga Periode, Gejala Kemunduran Demokrasi?
02-12-2019 15:16
Bodo amat lah mau dibikin seumur hidup juga kagak bawa pengaruh apa-apa sama hidup gue......
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia