Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gmc.yukonAvatar border
TS
gmc.yukon
Setelah Tokopedia, Shopee Sediakan Fitur Syariah
Perusahaan e-commerce mulai menunjukkan keseriusannya menggarap konsumen muslim. Tokopedia sempat bertemu dengan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin pada akhir bulan lalu untuk memperkenalkan fitur khusus untuk pasar e-commerce syariah perusahaan, yakni Tokopedia Salam.

Mengikuti jejak Tokopedia, Shopee juga datang menemui Ma’ruf di Kantor Wakil Presiden pada Rabu (20/11) lalu untuk membahas fitur syariahnya, yakni Shopee Barokah. Ma'ruf mengatakan, pemerintah menyambut baik perkembangan pasar e-commerce syariah di Tanah Air. Apalagi, menurutnya, pemerintah, bakal terus mendukung percepatan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Kami berharap ke depannya upaya (mengembangkan pasar e-commerce syariah) ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan," kata Ma'ruf dalam siaran pers, Kamis (22/11). (Baca: Rambah Pasar Syariah, Tokopedia Salam Sediakan 21 Juta Produk Halal) Ia melanjutkan, pemerintah akan mengedepankan kemajuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan.

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta penduduk muslim. Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, besarnya potensi perkembangan pasar syariah ini juga dilihat dari keberhasilan Indonesia menduduki peringkat kelima tahun ini dalam Indikator Ekonomi Islam Global (GIEI) oleh DinarStandard.

Handhika melanjutkan, tren pasar syariah ini sejalan dengan data internal Shopee di mana kategori fesyen muslim selalu menjadi favorit secara berturut-turut di kampanye besar sepanjang tahun, seperti Big Ramadhan Sale, 9.9 Super Shopping Day, hingga 11.11 Big Sale. Sehingga, Handhika mengatakan, perusahaan meluncurkan Shopee Barokah untuk menghadirkan fitur khusus yang mencakup berbagai produk dan layanan syariah, mulai dari fesyen muslimah, kecantikan, hingga zakat dan donasi. Ia pun optimistis fitur tersebut dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan pasar muslim di Indonesia.

"Kami juga berharap fitur ini bisa menjadi salah satu bentuk pemanfaatan kanal e-commerce untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah yang sesuai dengan agenda pemerintah," ujar Handhika.

(Baca: Tren Startup Merambah Pasar Syariah ) Dalam pertemuan itu, Handhika juga menjabarkan beberapa inovasi yang akan menjadi fokus pengembangan perusahaan pada tahun depan tahun, terutama mengenai potensi pasar syariah yang terus bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir. Shopee berkomitmen meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi para santri dan masyarakat pondok pesantren.

Upaya ini, menurut Handhika, merupakan bagian dari implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). Ia mengatakan, perusahaan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk menjalankan program Santripreneur yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di seluruh Indonesia.

https://katadata.co.id/berita/2019/1...-fitur-syariah

Disediakan gan
sebelahblog
4iinch
tepsuzot
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
2
1.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.