Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tokektempurAvatar border
TS
tokektempur
Surat Terbuka Untuk "KASKUS" Tercinta!!


Thread ini ane tulis tanpa bermaksud sindiran kepada pihak manapun, mohon maaf bila ada kesalahan kata dalam thread ane.

Jadi nih permirsa sekalian, ane kenal "KASKUS"mulai dari kelas 4 sd. Tapi mana mungkin kalo waktu itu, ane bisa meramaikan dunia persilatan forum kaskus, jangankan nulis thread belajar tanda baca aja masih rumit buat ane waktu itu. Jadi kalo Ngaskus ane cuman baca-baca apa yang treding di forum.

Tahun ini ane balik lagi ke KASKUS, karena merasa telah cukup atau mampu membuat thread yang walaupun standar threadnya kurang memadai dari banyak segi. Ane melihat banyak perubahan signifikan dari forum ini dan ane mengapresiasi hasil karya tersebut,
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Namun rasa resah yang tak bisa dibendung soal moderator yang diangkat oleh pihak kaskus untuk melindungi ekosistem kaskus. Cuman disini ane merasa bahwa adanya moderator yang memiliki misi meningkatkan kualitas warga kaskus ini malah berbanding terbalik, ketika dalam tiap forum ada ketentuan konten dalam penulisan yang dimana ketentuan itu dibuat oleh pihak 3 yaitu moderator.

Dimana dalam tiap forum yang berbeda, berbeda pula aturan yang ditetapkan oleh para moderator forum. Ane memahami founder dari kaskus kala itu tidak ingin kaskus menjadi bobrok dan bermasalah dengan aturan hukum setempat, takut akan timbulnya konflik atau penyebaran berita bohong yang sulit ditangani. Maka Andre Darwis membuat sistem moderator tersebut.

Tetapi Apakah "MODERATOR" menjadikan "KASKUS" menjadi forum yang memadai??


Setelah membaca thread literasi digital sejarah terkait moderator kaskus, dewasa ini para moderator lebih mengutamakan eksistensi ketimbang misi moderator. Membentuk forum dalam forum melalui thread miliknya dapat membuktikan hal itu, dalam salah satu forum dalam kaskus dimana awal saya menemukan titik keresahan saya akan hal tersebut.

"BERPOL", sebagai salah satu forum dalam kaskus. Dimana forum berpol membukakan mata saya, bahwa seharusnya kaskus dapat meningkatkan kualitas thread kaskuser tanpa hanya sekedar "copast" lalu menambahkan pendapat ts. Juga pada beberapa thread yang saya tulis dalam forum tersebut, banyak sekali saya menerima komentar-komentar yang dapat menimbulkan konflik, Komentar yang jauh dari topik. Dimana ane memberikan edukasi yang jauh berkaitan dengan isu oposisi, seolah ane menemukan buzzer-buzzer platfrom medsos lain di kaskus ini. Lantas pertanyaannya dimana peran para moderator ini?? Bukannya hanya membuat thread menggalang masa yang tadi ane bilang barusan, forum dalam forum melalui thread.

Saran saya untuk kaskus, alangkah lebih baiknya moderator sekarang ini dijadikan moderator resmi kaskus bersifat tetap, serta membuat "one main rules" bagi seluruh ekosistem kaskus. Mulai dari aturan untuk thread(dalam tiap forum) hingga sanksi yang efektif tidak hanya untuk ts yang menyalahi aturan, tapi juga untuk moderator yang tak mampu menjalankan tugas utama moderator. Tujuannya agar kaskus dapat terus melalukan pembaharuan yang dinamis dari masa ke masa.

Semoga ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi keselurahan pihak yang ada dalam ekosistem kaskus.


******
betiatina
anasabila
sebelahblog
sebelahblog dan 5 lainnya memberi reputasi
6
491
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.