News
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddd5d2da727680d941173dd/guru-besar-hi-ui-ditjen-imigrasi-harus-cek-status-kewarganegaraan-agnes-mo
Penyanyi Agnez Mo membuat heboh media sosial usai menyebut dirinya "bukan berdarah Indonesia" di sebuah acara musik di New York. Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menyebut kasus ini perlu ditanggapi serius dengan melakukan pengecekan status kewarganegaraan Agnes Mo oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Menurutnya, berdasarkan undang-undang kewarganega
Lapor Hansip
27-11-2019 00:13

Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo

Penyanyi Agnez Mo membuat heboh media sosial usai menyebut dirinya "bukan berdarah Indonesia" di sebuah acara musik di New York.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menyebut kasus ini perlu ditanggapi serius dengan melakukan pengecekan status kewarganegaraan Agnes Mo oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Menurutnya, berdasarkan undang-undang kewarganegaraan, Indonesia tidak menganut penentuan kewarganegaraan yang didasarkan pada tempat seseorang lahir atau ius soli.

"Indonesia merupakan negara penganut penentuan kewarganegaraan didasarkan pada keturunan orang tua atau ius sanguinis," kata Hikmahanto melalui keterangan tertulisnya pada Selasa (26/11/2019).

Maka, perlu dipertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia tersebut didapat.

"Bila orang tua Agnes Mo bukan Warga Negara Indonesia dan Agnes Mo berkewarganegaraan Indonesia maka kewarganageraannya besar kemungkinan diperoleh secara tidak sah," jelasnya.

Jika itu terjadi, menurutnya, imigrasi juga harus melakukan pengecekan atas visa yang dimiliki oleh Agnes Mo karena selama ini telah melakukan pelanggaran atas Undang-undang keimigrasian saat menerima honor sebagai entertainer atau artis.

"Pendalaman oleh Ditjen Imigrasi atas status kewarganegaraan Agnes Mo perlu dilakukan untuk menetukan apakah Agnes Mo perlu dimasukkan ke dalam daftar tangkal untuk masuk ke Indonesia bila saat sekarang ia berada di luar negeri," tutupnya.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan presenter Kevan Kenney dalam sebuah video yang tayang di YouTube berjudul "Build Series NYC by Yahoo!." Potongan video tersebut kini viral di media sosial Tanah Air.

Dalam video, Kevan bertanya kepada Agnez Mo soal keberagaman Indonesia. Pelantun "Coke Bottle" itu pun menjabarkan bahwa Indonesia memiliki ribuan pulau di mana setiap pulau memiliki kultur yang berbeda

Kevan kemudian kembali bertanya kepada Agnes Monica, "Katanya kamu beda dari orang kebanyakan di sana?".

"Ya, karena... Saya sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Saya hanya lahir di Indonesia. Saya juga beragama Kristen dan di Indonesia mayoritas adalah Muslim. Saya tidak bilang saya tidak berasal dari sana, karena saya merasa diterima. Tetapi saya merasa tidak seperti yang lain," tutur Agnes Monica.


Gara-gara pernyataannya itu, video tersebut pun ramai di media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Pro kontra pun meramaikan video tersebut. Banyak yang menilai kalau Agnes Monica sudah kebablasan sejak berkarier di Amerika Serikat. Tapi tak sedikit yang membela, bahwa apa yang disampaikan Agnez memang benar adanya.

Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo

https://www.suara.com/news/2019/11/2...araan-agnes-mo

Ga tahu terima kasih..
Balik sono ke negara asal nya di cina..
Ga usah balik lg ke indonesia..
Di amerika aja u ga laku.. dungu u nes emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
anditsung dan 3 lainnya memberi reputasi
-4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 11:43
Balasan post kaka88ciao
mungkin 0,1% jerman gan emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 12:40
Balasan post Schivver
Quote:Original Posted By Schivver
@sunny.wijaya
Lha ?
Toh waktu ngomongin bibib gak pernah bawa2 Indonesia, selalu bawa2 arab, keturunan nabi lah....

pas masalah ginian langsung balik kanan ngehujat.

Benci boleh, paok jangan.
Standar ganda terus nih kaum.

Satu lagi, kenapa bawa2 nastak ?
Gw bukan nastak, gw bukan pembela jokowi kok


Coba lo baca lagi komen lo..
Ndak tau apa juntrungannya kan tiba2 nyambung ke bibib lagi..
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
27-11-2019 12:48
Quote:Original Posted By kaka88ciao
Penyanyi Agnez Mo membuat heboh media sosial usai menyebut dirinya "bukan berdarah Indonesia" di sebuah acara musik di New York.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menyebut kasus ini perlu ditanggapi serius dengan melakukan pengecekan status kewarganegaraan Agnes Mo oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Menurutnya, berdasarkan undang-undang kewarganegaraan, Indonesia tidak menganut penentuan kewarganegaraan yang didasarkan pada tempat seseorang lahir atau ius soli.

"Indonesia merupakan negara penganut penentuan kewarganegaraan didasarkan pada keturunan orang tua atau ius sanguinis," kata Hikmahanto melalui keterangan tertulisnya pada Selasa (26/11/2019).

Maka, perlu dipertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia tersebut didapat.

"Bila orang tua Agnes Mo bukan Warga Negara Indonesia dan Agnes Mo berkewarganegaraan Indonesia maka kewarganageraannya besar kemungkinan diperoleh secara tidak sah," jelasnya.

Jika itu terjadi, menurutnya, imigrasi juga harus melakukan pengecekan atas visa yang dimiliki oleh Agnes Mo karena selama ini telah melakukan pelanggaran atas Undang-undang keimigrasian saat menerima honor sebagai entertainer atau artis.

"Pendalaman oleh Ditjen Imigrasi atas status kewarganegaraan Agnes Mo perlu dilakukan untuk menetukan apakah Agnes Mo perlu dimasukkan ke dalam daftar tangkal untuk masuk ke Indonesia bila saat sekarang ia berada di luar negeri," tutupnya.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan presenter Kevan Kenney dalam sebuah video yang tayang di YouTube berjudul "Build Series NYC by Yahoo!." Potongan video tersebut kini viral di media sosial Tanah Air.

Dalam video, Kevan bertanya kepada Agnez Mo soal keberagaman Indonesia. Pelantun "Coke Bottle" itu pun menjabarkan bahwa Indonesia memiliki ribuan pulau di mana setiap pulau memiliki kultur yang berbeda

Kevan kemudian kembali bertanya kepada Agnes Monica, "Katanya kamu beda dari orang kebanyakan di sana?".

"Ya, karena... Saya sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Saya hanya lahir di Indonesia. Saya juga beragama Kristen dan di Indonesia mayoritas adalah Muslim. Saya tidak bilang saya tidak berasal dari sana, karena saya merasa diterima. Tetapi saya merasa tidak seperti yang lain," tutur Agnes Monica.


Gara-gara pernyataannya itu, video tersebut pun ramai di media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Pro kontra pun meramaikan video tersebut. Banyak yang menilai kalau Agnes Monica sudah kebablasan sejak berkarier di Amerika Serikat. Tapi tak sedikit yang membela, bahwa apa yang disampaikan Agnez memang benar adanya.

Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo

https://www.suara.com/news/2019/11/2...araan-agnes-mo

Ga tahu terima kasih..
Balik sono ke negara asal nya di cina..
Ga usah balik lg ke indonesia..
Di amerika aja u ga laku.. dungu u nes emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin



Guru besar UI ?? cuma segitu kualitasnya? Pasti gak mudheng bahasa linggis nih xixixixi..padahal kalau dilihat dari isi wawancaranya maksud Agnes itu dia gak punya keturunan darah pribumi tapi dan lahir di Indonesia. Gitu aje kok repot sampai terkejet kejet kebakaran jenggot emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 12:56
Balasan post sunny.wijaya
Quote:Original Posted By sunny.wijaya


Kenapa setiap masalah nastak menjadikan bibib rijik sebagai pembanding?

Jangan2 nastak ini pada dasarnya cinta mati sama bibib...

Wkwkkw


@sunny.wijaya
Udah,gak perlu pake rijik.Kita pake Ahox saja.
Pertanyaannya : Ahox itu pribumi ato nggak?...Kalo jawabannya YA maka si Agnes ini perlu dimaki maki karena omongannya salah...tapi kalo jawabannya TIDAK ..maka gak ada yang salah dengan omongan Agnes dan case closed.emoticon-Hansip
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 13:08
Balasan post parmitu212
@parmitu212
Mahok non pribumi
Tapi gak ada hubungannya dengan statemen si agnez yg bilang dia cuma kebetulan lahir di indonesia..gak punya darah indonesia dan merasa berbeda dengan orang indonesia kebanyakan.

Omongan si agnez jelas salah karena dia gak cuma kebetulan lahir di indonesia..
Tapi indonesia lah yg menjadikan dia seorang artis yg punya nama.

Kalau dia pas sd pindah ke amerika emang bisa jadi apa dia?
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 13:31
Balasan post sunny.wijaya
Quote:Original Posted By sunny.wijaya
@parmitu212
Mahok non pribumi
Tapi gak ada hubungannya dengan statemen si agnez yg bilang dia cuma kebetulan lahir di indonesia..gak punya darah indonesia dan merasa berbeda dengan orang indonesia kebanyakan.

Omongan si agnez jelas salah karena dia gak cuma kebetulan lahir di indonesia..
Tapi indonesia lah yg menjadikan dia seorang artis yg punya nama.

Kalau dia pas sd pindah ke amerika emang bisa jadi apa dia?


@sunny.wijaya
Jelas ada hubungan dong.Makanya ane tanya pake Ahox karena ras mereka sama tapi WNI.Ente aje udah bilang Ahox non pribumi jadi apa yang salah dengan Agnes yang bilang dia gak ada darah keturunan pribumi tapi lahir di Indonesia. Kan bagian ini saja yang viral,cuma banyak yang kejet kejet sampai minta cek paspornya ataupun kewarganegaraannya wong dia itu WNI kok...emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 14:30
Balasan post parmitu212
@parmitu212

Hubungan dengan mahok non pri apa seh?
Maksa amat lo ngait2in masalah si agnes ?

Harusnya elo instropeksi.
Jika ndak ada fans2 goblok model lo si mahok..mungkin masih jadi gubernur jakarta.

Yg bikin orang benci sama mahok itu justru bukan mahoknya sendiri.

Tapi fans2 babi macam lo.

Pas gak ada fans2 babi..si mahok bisa aja menang pemilu di kampungnya yg 90% islam.


0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 15:01
Balasan post sunny.wijaya
Quote:Original Posted By sunny.wijaya
@parmitu212

Hubungan dengan mahok non pri apa seh?
Maksa amat lo ngait2in masalah si agnes ?

Harusnya elo instropeksi.
Jika ndak ada fans2 goblok model lo si mahok..mungkin masih jadi gubernur jakarta.

Yg bikin orang benci sama mahok itu justru bukan mahoknya sendiri.

Tapi fans2 babi macam lo.

Pas gak ada fans2 babi..si mahok bisa aja menang pemilu di kampungnya yg 90% islam.




@sunny.wijaya
Woww baru debat dikit udah keluar bahasa kebon binatang...memang itulah kalo tipikal loser xixixixi...gak sanggup debat,bahasa kebon binatang dikeluarin.....Kan sudah dibilang yang tersirat dalam perkataan Agnes itu darah keturunannya bukan kebangsaannya,makanya dia bilang ada keturunan Jerman,Jepang dan China.Cuma orang kayak kowe kowe inilah yang akal pendek dan kejet kejet emoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 15:26
Balasan post parmitu212
Quote:Original Posted By parmitu212


@sunny.wijaya
Woww baru debat dikit udah keluar bahasa kebon binatang...memang itulah kalo tipikal loser xixixixi...gak sanggup debat,bahasa kebon binatang dikeluarin.....Kan sudah dibilang yang tersirat dalam perkataan Agnes itu darah keturunannya bukan kebangsaannya,makanya dia bilang ada keturunan Jerman,Jepang dan China.Cuma orang kayak kowe kowe inilah yang akal pendek dan kejet kejet emoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwk


Yg kejet2 siapa..
Emang gw peduli si agnez omong apa..
Dia merasa indonesia apa enggak gw juga masa bodoh.

Justru gw senang malah karena kedok2 nasionalis taek kucing kaum lo kebongkar..

0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 15:39
Balasan post sunny.wijaya
@sunny.wijaya
Biasanya sih yang kejet kejet itu kalo udah tersudut maka bahasa kebon keluar semua ..persis kayak kowe deh xixixixi...kalo memang kowe gak peduli,tentunya kowe gak bakalan komen dipostingannya bro @schivver dari awal xixixixixi..sekarang aje ngomong masa bodo padahal awalnya tadi paling heboh xixixixi
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 15:46
Balasan post parmitu212
@parmitu212
Enggak juga..
Gw emang suka nyebut nastak babi..
Lo cek aja postingan gw..
Pasti banyak kata2 nastak babi nya.
Dan setiap postingan gw yg nyebut babi pasti banyak yg ngasih bata..
Wkwwk
profile-picture
kaka88ciao memberi reputasi
1 0
1
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
27-11-2019 15:53
Once you go black,
You never go back


If you know what i mean emoticon-Embarrassment
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 16:20
Balasan post sunny.wijaya
Quote:Original Posted By sunny.wijaya
@parmitu212
Enggak juga..
Gw emang suka nyebut nastak babi..
Lo cek aja postingan gw..
Pasti banyak kata2 nastak babi nya.
Dan setiap postingan gw yg nyebut babi pasti banyak yg ngasih bata..
Wkwwk


@sunny.wijaya
Masalahnya kowe sebutkan ke ane itu udah berarti mau cari perkara sama ane. Ane kalau diajak debat tukar pikiran sih ok,tapi kalo udah pake bahasa kebon itu berarti udah ngajak berantem.Kowe lain kali elegant dikit,mesti liat lawan bicara kowe.Jangan karena yang gak sepaham trus keluar bahasa kebon berarti educationnya low banget .emoticon-Hansip
0 0
0
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
Lapor Hansip
27-11-2019 21:27
Balasan post Schivver
@parmitu212
Dah, gak usah dibales lagi tuh orang, bentar2 amnesia.
Sebentar a, sebentar b.

0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo
30-11-2019 01:25
Quote:Original Posted By kaka88ciao
Guru Besar HI UI: Ditjen Imigrasi Harus Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo


suka suka dia lah mau ngomong apa.. saranmu juga gak bakal direspon emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia