Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dde39caf4d6956b987303d3/5-hal-yang-perlu-lo-ketahui-tentang-quotintrovertquot
Gue sendiri jelas seorang introvert, dan dulunya pasif dan pemalu, ini semua berubah seiring waktu boleh dikata ane sekarang cenderung proaktif dan pede. Tapi "proaktif" dan "pede" tidak semerta merta mengubah gue jadi ekstrovert.
Lapor Hansip
27-11-2019 15:54

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Halo gansis sekalian, gue mau bahas satu topik yang sepertinya banyak orang masih bingung dan sering salah kaprah, yaitu tentang "introvert".

Gue sendiri jelas seorang introvert, dan dulunya pasif dan pemalu, ini semua berubah seiring waktu boleh dikata ane sekarang cenderung proaktif dan pede. Tapi "proaktif" dan "pede" tidak semerta merta mengubah gue jadi ekstrovert.

Maksudnya gimana sih? Jadi biar ga bingung, langsung aja gue paparkan 5 poin salah kaprah tentang introvert.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


1. Introvert TIDAK Sama Dengan Pemalu

Banyak orang menganggap "introvert" itu sebagai tipe orang yang pemalu dan tidak bisa bersosialisasi, inilah anggapan yang paling banyak beredar di masyarakat luas.

Orang yang mudah bergaul selalu disebut sebagai "extrovert", padahal bukan engga mungkin seorang "introvert" itu memiliki pergaulan luas, atau bahkan menjadi public figur yang sangat besar namanya.

Bukan engga mungkin juga misalnya dilakukan testing di ruangan berisi banyak orang, yang extrovert malah berdiam diri di pinggiran, sedangkan yang introvert malah berkenalan dengan semua orang disitu. Mungkin karena yang extrovert pemalu sedangkan yang introvert memang pede dan sosial.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Beberapa contoh introvert yang menjadi public figur internasional yaitu Keanu Reeves, Elon Musk dan Barack Obama.

Anggapan ini cukup fatal menurut gue, karena orang yang pemalu semerta-merta bisa mencap dirinya sebagai introvert dan kemudian tidak melakukan apa-apa untuk mengubahnya, intinya menjadikan kata "introvert" sebagai alasan.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


2. Sifat Introvert Tidak Bisa Diubah

Beberapa tahun lalu gue minder berabis dan kayak ngalamin inferiority complex. Akibatnya gue sangat kesulitan bersosialisasi, bahkan di lingkungan kerja gue sekalipun.

Sampai satu hari gue berlatih pelan-pelan untuk bersosialisasi dan membaca buku pengembangan diri yang berkaitan dengan rasa percaya diri dan cara bersosialisasi (dari cara berbicara, bahasa tubuh sampai dinamika sosial).

Setelah gue mencapai tingkat rasa percaya diri yang gue rasa cukup buat diri gue, gue tetaplah seorang introvert. Nah tapi sekali lagi gue tekankan, introvert bukan pemalu.

Gue membawakan presentasi di atas panggung, kenalan sama orang baru atau dateng ke pesta ga masalah sama sekali sekarang ini. Dibandingkan dengan gue yang dahulu, gue selalu menghindari hal-hal tersebut, karena gue malu dan minder bila menghadapi orang-orang banyak. Gue tetap introvert tapi lebih pede.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


3. Faktor Gen Sangat Mempengaruhi

Seseorang bisa menjadi introvert dari lahir, tapi juga bisa dipengaruhi lingkungannya. Sebenarnya hal ini tidak aneh dan bukan sesuatu yang baru.  Jelas ini masalah nature vs nurture, bawaan lahir atau pengaruh lingkungan dan segala aspek fisik maupun non fisik seseorang semuanya bergantung terhadap nature dan nurture, dan masalah introvert atau extrovert termasuk didalamnya.

Ini pun dibuktikan dari hasil penelitian psikologis Harvard Jerome Kagan dan Nancy Snidman, bahwa introvert dan extrovert adalah bawaan dari lahir, dimana sekelompok bayi diberi rangsangan dari luar dan hasinya reaksi masing-masing berbeda (yang menandakan kelompok bayi A sebagai introvert dan kelompok bayi B sebagai extrovert). Dan hal ini terbawa hingga mereka dewasa.

Tapi jelas bila sudah berkaitan dengan gen (nature), hal ini nyaris tidak bisa diubah, meskipun lingkungan (nurture) bisa mempengaruhi. Yang positif bisa lo ubah hanyalah personality/kepribadian. Rasa pede dan semacamnya.

Maksudnya gimana? Contohnya apabila lo dengar orang "dulu gue ekstrovert sampai suatu hari kejadian tersebut menjadikan gue introvert" atau "dulu gue introvert sampai gue belajar bersosialisasi sehingga kini gue menjadi extrovert". Yang mereka sampaikan adalah tingkat rasa percaya diri mereka, atau kepribadian mereka yang berubah. Bukan perubahan dari introvert menjadi extrovert atau sebaliknya.

Sekali lagi, baca point pertama.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


4. Hal-hal yang sangat dibenci oleh para introvert

Setidaknya dari diri gue yah. Pertama, orang menginterupsi ketika gue sibuk di dalam pikiran gue, Ini bener-bener annoying banget. Mungkin seringnya karena kecampur sama waktu "mancaving" gue jadi kalo ada yang menggangu waktu introvert merangkap mancaving gue itu bener-bener sangat annoying banget, pake sekali.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Kedua, orang menanyakan pendapat gue misalnya di waktu meeting dan semacamnya. Yang biasanya dimulai dengan "ada yang mau disampaikan" dan pertanyaan itu spesifik langsung ditujukan kepada gue.

Ketika seorang introvert tidak punya hal untuk disampaikan, mereka ga akan ngomong apa-apa. Nah ketika introvert punya sesuatu untuk disampaikan yakinlah itu sesuatu yang cukup penting, karena memang para introvert cukup irit dalam  berbicara emoticon-Leh Uga

Ketiga, masih mirip sebelumnya, cuma ini di suasana santai, dan ini merusak mood banget. Calling out our silence. My god ini annoying banget. "Kok diem aja? Kok cuma senyum aja? Kok ga ngomong?". Biasanya kalo gue dibeginiin, gue lirik matanya terus gue senyumin aja, biar  pikiran tuh orang tambah kemana-mana emoticon-Leh Uga

Keempat, salah kaprah menyamakan introvert dengan pemalu, atau menggunakan istilah "introvert" tidak pada tempatnya. Penggunaan istilah introvert yang salah misalnya "gue itu introvert jadi gue ga suka clubbing" atau "gue itu introvert jadi ga berani kenalan sama itu cewek" atau "gue itu introvert jadi gue ga bisa bersosialisasi". Kalo masalah pemalu atau engga, orang extrovert juga bisa jadi pemalu.

Mungkin yang introvert bisa tambahin poin-poin lainnya?

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


5. Jadi apa bedanya introvert dan extrovert sebenarnya?

Apa aja indikasinya?

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Kalau seseorang mudah bergaul apakah orang itu sudah pasti extrovert? Atau seseorang yang kesulitan bergaul sudah pasti introvert? Engga dan engga.

Yang membedakan introvert dengan extrovert adalah darimana sumber stimulus mereka. Extrovert lebih reaktif terhadap stimulus dari luar diri mereka, sedangkan introvert lebih terfokus terhadap stimulus dari dalam diri mereka (dalam kasus ini pikiran, imajinasi dan semacamnya).

Perlu diingat terlebih dahulu, ini bukan masalah mana yang lebih baik. Sama seperti membandingkan pria vs wanita, tidak ada yang lebih baik, yang ada itu berbeda. Dan masing-masing punya kelebihannya sendiri.

Inilah yang sering menimbulkan salah kaprah tentang tingkat sosialitas kedua trait, dimana extrovert mendapatkan energi/terpuaskan dengan stimuli dari sekitar mereka, introvert mendapatkannya dengan membiarkan pikirannya bekerja.Singkatnya, extrovert mendapatkan energi dari rangsangan external, introvert mendapatkan energi dengan menelusuri pikirannya.

Extrovert akan mendapatkan stimuli tersebut salah satunya dengan berbicara, sedangkan introvert tidak perlu berbicara. Ini pula yang menyebabkan biasanya introvert cenderung tidak suka berbasa-basi dan straight to the point (biasanya terkesan kasar).

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Gimana mbakgansisbro? Ane harap sih bisa membantu gansis memahami topik ini.

Ada poin lain yang mau ditambahkan? Atau ada uneg-uneg mengenai masalah extrovert/introvert ini? Monggo dicurahkan di komentar bawah
emoticon-Toast

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
Lapor Hansip
29-11-2019 14:44
Balasan post Naice
Quote:Original Posted By Naice
kalo males dikerumunan orang banyak apa bisa disebut introvert? karena gw paling males berlama2 dikerumunan orang banyak, dan males ngobrol lama2 sama orang yg ga deket sama gw.


banyak "indikator"nya, dan ga bisa langsung tembak dengan satu "indikator" aja

gue bulet menyatakan diri introvert setelah test ini itu, baca buku, baca artikel, dst tapi yang terutama setelah gue banyak introspeksi diri

bukan karena gue kelewat penasaran, tapi psikologi itu salah satu hobi dan passion gue sebenernya

Nah ending-endingnya yang jelas introvert itu minoritas jadi ya sebenernya banyak yang ngaku introvert tapi sebenernya cuma ga paham sama istilah ini. Kalo mau memastikan, ya mesti banyak-banyak baca dan introspeksi diri.
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 14:52
ekstrovert dan introvert, apakah bisa digabungkan dengan sanguinis, plegmatis, koleris, melankolis?
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 14:58
ane kayaknya introvert deh. suka menelusuri pikiran, apalagi menelusuri hatimu
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 15:00
temen ane kayaknya masuk ambiyenvert
soalnya ngeluh sakit di pantatnya
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 15:16
ada mas nunu..
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 15:23
Quote:Original Posted By exorio
banyak "indikator"nya, dan ga bisa langsung tembak dengan satu "indikator" aja

gue bulet menyatakan diri introvert setelah test ini itu, baca buku, baca artikel, dst tapi yang terutama setelah gue banyak introspeksi diri

bukan karena gue kelewat penasaran, tapi psikologi itu salah satu hobi dan passion gue sebenernya

Nah ending-endingnya yang jelas introvert itu minoritas jadi ya sebenernya banyak yang ngaku introvert tapi sebenernya cuma ga paham sama istilah ini. Kalo mau memastikan, ya mesti banyak-banyak baca dan introspeksi diri.


Oh. Pernah ikut test apa aja nih?

Sebenernya, percuma sih perbanyak baca atau intropeksi diri. Kalau mau otentik, ya jelas tes kepribadian. Soalnya banyak manusia-manusia yang cuma kena efek barnum.
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 15:26
Quote:Original Posted By adityaaasn
ekstrovert dan introvert, apakah bisa digabungkan dengan sanguinis, plegmatis, koleris, melankolis?


Berbeda.

Pencetus nya saja udah beda.

Konsep introvert sama ekstrovert tuh dikenalkan sama carl jung.

Sedangkan 4 tipe kepribadian pencetusnya Hippocrates.

Bila anda seorang introvert dalam teori jung, bukan berarti anda seorang melankolis dalam teori Hippocrates. Atau sebaliknya.
Diubah oleh red.putation
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 15:29
gw sampai sekarang lbh nyaman sendirian..menikmati waktu sendiri..meskipun pekerjaan gw menuntut gw supya lbh banyak berinteraksi dgn orang
tp disaat gw harus berinteraksi dgn org ..gw berusaha untuk terlihat supel dan periang.dan komunikatif..pdhl dipaksain....kalau dah selesai..lepas topeng..balik dgn buku2 dan hal2 yg membuat ge nyaman(biasanya gw mojok sendirian dikantor)
dan paling sebel kalau dah diajak ngobrol ngalor ngidul
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
Lapor Hansip
29-11-2019 15:34
Balasan post red.putation
Quote:Original Posted By red.putation


Oh. Pernah ikut test apa aja nih?

Sebenernya, percuma sih perbanyak baca atau intropeksi diri. Kalau mau otentik, ya jelas tes kepribadian. Soalnya banyak manusia-manusia yang cuma kena efek barnum.


Osikotes di kantor-kantor gue yang jadul (lupa test apaan aja)

waktu sekolah juga disuruh test begituan beberapa kali. Lupa apa aja. Semuanya keluar introvert

Tes beginian palingan berkisar di MBTI sama carl jung kan? Seengganya dua itu yang populer setau gue.

Belakangan sering iseng main yang ada di internet (misalnya kayak yang ini https://openpsychometrics.org/)

Ya sebenernya ga perlu segitunya juga sih. Kayak yang gue bilang, psikologi itu salah satu hobi gue.

Beberapa tes iseng yang gue lakuin belakangan (test gratisan) hasilnya udah jadi extrovert. Tapi ada hal yang ga bisa berubah dari diri gue, kalo gue lagi fokus dan kerja, berhari-hari ngurung diri (keluar cuma buat makan, buang air atau mandi) di ruang kerja pun ga masalah bagi gue. Tapi ya ga masalah juga kalo memang harus bersosialisasi, bawain presentasi atau masuk ke lingkungan baru misalnya. Mungkin itu karena dulu udah latihan. Overall tetep gue lebih prefer solitude.
Diubah oleh exorio
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 16:05
keren tritnya TS, tapi tiap pribadi seseorang bisa shifting gan, tergantung situasi dan kondisi, ge selama melulu introvert jadi introvert seumur idupnya
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 17:29
benerrr yaaa... bedain introvert dan pemalu.. itu berbeda yaaa.. hehehe dan gabisa diubah...
0 0
0
Lihat 1 balasan
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
Lapor Hansip
29-11-2019 17:33
Balasan post mikee1794
Quote:Original Posted By mikee1794
benerrr yaaa... bedain introvert dan pemalu.. itu berbeda yaaa.. hehehe dan gabisa diubah...


pemalu bisa

introversion engga

emoticon-Angkat Beer
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 17:41
Quote:Original Posted By doombringer2211
Iya bener gan, Introvert ama Ekstrovert itu cuma soal spektrum, bukan hitam dan putih. Orang Introvert juga bisa jadi bawel melebihi orang Ekstrovert, dan orang Ekstrovert pun juga bisa jadi pendiam. Biasanya memang lebih ke arah menghabiskan waktunya. Orang introvert (ane) banyak menghabiskan waktu sendirian karena ane nyaman dengan kesendirian. Orang ekstrovert banyak menghabiskan waktu dengan ngumpul, ngobrol, ketawa2, maen, dsb.

Bukan berarti ane gak bisa ngumpul. Kadang kalo lagi diajak mah ane skuy2 aja, ikutan ngobrol bareng, ketawa2 bareng. Cuma kalo baru kenalan langsung diajak ngumpul, jujur aja ane gak nyaman. Kalo soal marah sebenernya tergantung temper orang juga. Ane pernah nemu intro yang kalo marah diekspresikan dengan benar kok, gak dipendam lalu meledak.

Tapi memang harus ane akui budaya Indonesia (bahkan kebanyakan Asia kek China, India, Thailand) gak cocok sama orang Introvert. Soalnya budaya kita kolektivis yang apa2 serba ramah, nyapa, ngumpul bareng, dsb


Yupps bener banget hahahha

Sama intro tuh yg melekat banget dan susah diilangin adalah saat akan memulai percakapan yg belum doi kenal, nah ini gw jg biasanya klo ga digetok ya ga nyaut, atau sekalinya nyaut tp topik ga sesuai lebih baek diem hahahaa
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 17:43
Quote:Original Posted By adityasp
Yupps bener banget hahahha

Sama intro tuh yg melekat banget dan susah diilangin adalah saat akan memulai percakapan yg belum doi kenal, nah ini gw jg biasanya klo ga digetok ya ga nyaut, atau sekalinya nyaut tp topik ga sesuai lebih baek diem hahahaa


Bener gan emoticon-Ngakak
Kadang juga jawabnya seadanya
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 17:46
Ngetik panjang gw

Saking introvertnya tuh

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
Diubah oleh amellady
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 18:14
ane pemalu gan, sama orang yang baru kenal, tapi klo udah kenal biasanya ane ajak ngobrol trus.
tapi ane lebih suka sendirian di dalem kamar klo tempat rame rasanya pengen kabur emoticon-Ngacir
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 18:14
pembahasan TS kali ini bener banget

introvert dan extrovert itu cuman berbeda dalam bagaimana cara mengisi energi, apakah sumber energi berasal dari faktor external (interaksi dkk) atau dari faktor internal. selama ini banyak banget yang salah kaprah yang dipahami seakan2 introvert itu haruslah pemalu pendiam dkk

jadinya ane paling sebel deh sama yang mengaku2 introvert padahal riset kepribadiannya belum dalam (hanya based on yang dibaca di google/quotes antah berantah) dan menjadikan introvert nya sebagai alasan pembenar keadaan yang dia alami saat itu sehingga jadi susah berkembang sendiri

kalo ane sendiri sih emang lebih dominan introvertnya tapi di perkumpulan yang sudah klik dengan ane, bisa jadi ane yang paling ekstrovert deh sampai dikira hiperaktif hahaha

ane tidak alergi berada dikerumunan banyak orang baik kenal maupun tidak, yang pasti ketika energi mulai habis, ane prefer sendirian untuk mengisi energi tersebut
Diubah oleh billy227extreme
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 18:16
Mending kalo introvert disamain sama pemalu .
Lah sekarang malah introvert disamain sama nolep .emoticon-Cape d...

Pengen gw teriakin "MATAMU introvert sama nolep itu sama"
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 18:33
Quote:Original Posted By argekandhis
Wkwk banyak banget ngaku ngaku Introvert kok kesepian, katanya suka sendiri emoticon-Betty
========
Nah akhirnya ada juga thread begini emoticon-Hammer bukan macam thread pop culture yg selalu mengarahkan bahwa jadi beta insecure itu introvert emoticon-Stick Out Tongue tapi kalau orang Introvert sering seringnya keras kepala yah emoticon-Hammer


nah iya h2h sempat banyak keisi banci yg ngaku introvert karena gabisa bergawl atau deketin cewe emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 18:34
Quote:Original Posted By indahmami
Udah lama g' ke H2H.
emoticon-Ngakak


mampir bray sekarang makin banyak orang halu disana emoticon-Ngakak
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1 0
1
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia