Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

babygani86Avatar border
TS
babygani86
Beri Terus Stimulus pada Kemampuan Motorik halus Anak agar cepat Pandai Menulis
‘Ayo Sayang, pegang pensilnya’ ujar Santi menyemangati Andin (2,5 tahun), putri pertamanya. Sayangnya, Andin belum cakap memegang pensil. Ia bahkan tak tampak tertarik untuk mencobanya. "Uuh, susahnya. Bukannya setiap anak punya refieks menggenggam, ya?” keluh Santi.

Pada dasarnya sejak lahir, bayi sudah memiliki reflex menggenggam. Refleks ini membantu memudahkannya memegang pensil. Namun, bukan berarti refleks ini bias berkembang dengan sendirinya. Sebenarnya di usia 5—6 bulan bayi sudah bisa menggengam suatu benda, tapi untuk menghasilkan suatu coretan di kertas dibutuhkan kekuatan menekan dan koordinasi visual motorik.

Beri Terus Stimulus pada Kemampuan Motorik halus Anak agar cepat Pandai Menulis

Karena itulah Ibu tetap harus memberikan stimulus untuk mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Misalnya dengan mencontohkan cara menggenggam yang baik pada anak. Ini karena, anak sering sekali mencontoh (imitating). Pada usia 1 tahun umumnya anak sudah mampu menghasilkan coretan, namun baru pada usia 3 tahunlah biasanya ia mulai bisa meniru cara menulis orang dewasa.

Karena tergantung pada stimulus yang diberikan, maka dari itu tak ada patokan khusus di usia berapa anak mestinya sudah mampu menggenggam pensil dengan baik. Keterampilan memegang pensil yang benar akan lebih mudah dilakukan jika anak punya potensi kecerdasan yang baik. Meski demikian, kemampuan memegang pensil ini tak dapat dijadikan indikator kecerdasan seorang anak.

Pasalnya, kecerdasan sendiri merupakan potensi kemampuan anak untuk menyerap suatu pelajaran atau instruksi. Sementara kemampuan menggenggam pensil merupakan perkembangan dari kemampuan motorik halus. Di mana umumnya anak yang lebih tertarik pada kegiatan motorik halus punya rentang konsentrasi lebih baik ketimbang anak yang lebih tertarik dengan kegiatan motorik kasar.


Quote:






Spoiler for Referensi:

tshxandria
kudanil.la
tata604
tata604 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.