News
Batal
KATEGORI
link has been copied
225
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddf4bf28012ae38a92a7310/sebenarnya-keturunan-cina-itu-orang-indonesia-atau-bukan
Kontroversi Agnez Mo mengaku tak punya “darah Indonesia” berkembang menjadi debat soal nasionalisme. Masalah keturunan Cina dan status mereka sebagai orang Indonesia memang pelik sejak lama. Jadi ingat era SBKRI dulu. Waktu saya masih SD, saya punya beberapa kawan keturunan Cina. Salah satunya bernama A Chai. A Chai ini tidak terlalu pintar dan agak nakal. Sesekali kenalakannya itu menjengkelk
Lapor Hansip
28-11-2019 11:24

SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?

SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Kontroversi Agnez Mo mengaku tak punya “darah Indonesia” berkembang menjadi debat soal nasionalisme. Masalah keturunan Cina dan status mereka sebagai orang Indonesia memang pelik sejak lama. Jadi ingat era SBKRI dulu.

Waktu saya masih SD, saya punya beberapa kawan keturunan Cina. Salah satunya bernama A Chai. A Chai ini tidak terlalu pintar dan agak nakal. Sesekali kenalakannya itu menjengkelkan para guru. Zaman dulu, kalau ada murid nakal guru tidak segan menghukumnya dengan pukulan rotan. Saya juga pernah dapat hukuman itu. Cuma untuk A Chai, kejengkelan guru tidak berhenti di pukulan rotan. Ada umpatan, “Kamu itu Cina, warga negara asing. Jangan macam-macam di sini!”

Di zaman itu saya tahu ada 2 kelompok keturunan Cina, yaitu yang sudah WNI dan yang masih WNA. Kelak setelah saya dewasa baru saya tahu, orang-orang keturunan itu mesti memiliki Surat Bukti Kewarganegaraan RI (SBKRI). Bila tidak memiliki, mereka masih dianggap warga negara asing. Lucunya, surat itu masih dituntut juga bagi keturunan Cina yang lahir dari orang tua yang sudah WNI.

Kenapa SBKRI ini tidak diberlakukan untuk WNI keturunan lain, seperti Arab atau India? Itu ada latar belakangnya. Dulu pemimpin Cina Mao Zedong mengklaim semua orang keturunan Cina di seluruh dunia adalah warga negaranya. Keturunan Cina di Indonesia waktu itu bisa memiliki kewarganegaraan ganda berdasarkan perjanjian dwikewarganegaraan Indonesia-Cina.

Tapi belakangan perjanjian itu tidak lagi berlaku. Kepada yang pernah memiliki kewarganegaraan ganda, diwajibkan memiliki bukti kewarganegaraan SBKRI tadi. Yang tidak memegang kewarganegaraan ganda seharusnya tak masalah.

Tapi akhirnya kewajiban SBKRI diberlakukan secara pukul rata kepada setiap warga keturunan Cina. Secara resmi dokumen ini sudah dihapuskan di tahun 1996 lewat Keppres 56/1996, tapi masih saja terus diminta saat para keturunan itu mengurus berbagai keperluan. Di zaman Reformasi, pencabutannya mesti ditegaskan lagi melalui Inpres 4/1999.

Ketika saya kuliah di Yogya 30 tahun lalu, pernah saya saksikan kecelakaan sepeda motor antara orang keturunan Cina dan orang Jawa. Setelah kecelakaan terjadilah perdebatan soal siapa yang salah dan harus membayar kerusakan. Di tengah perdebatan, datanglah seseorang berbadan kekar. Ia mendekati orang keturunan tadi lalu berkata dengan nada mengintimidasi, “Kamu Cina, kan?”

Terpaksalah orang itu mengangguk.

“Nah, jangan banyak cingcong. Bayar!”

Di kampus saat dilaksanakan kegiatan orientasi mahasiswa baru, mahasiswa keturunan Cina mendapat perlakuan “istimewa”. Setiap kali melihat mahasiswa itu, para kakak senior yang tidak kreatif selalu meminta mereka mengucapkan teks Pancasila atau menyanyikan lagu “Indonesia Raya”. Tentu saja mereka bisa. Semua anak yang lulus SMA pasti bisa melakukan hal-hal itu.

Masalahnya bukan pada mereka, tapi pada kakak senior yang salah persepsi, seolah keturunan Cina tidak peduli pada hal-hal tersebut karena mereka tidak merasa jadi orang Indonesia. Orang-orang Cina bersusah payah untuk diakui sebagai warga negara yang cinta Indonesia. Susi Susanti yang sudah mempersembahkan medali emas Olimpiade sekalipun tetap dituntut untuk punya SBKRI. Demikian pula para seniornya yang sudah terlebih dahulu mengharumkan nama Indonesia lewat cabang olahraga bulu tangkis.

Meski ketentuan SBKRI sudah dihapus, tidak serta-merta orang keturunan Cina diterima. Orang keturunan Cina tetap dianggap orang Cina. Ada kawan yang orang Jawa, menikah dengan orang keturunan Cina. Anaknya tetap dianggap Cina. Orang keturunan Cina tetap dianggap pendatang yang setiap saat bisa dan boleh diusir pulang ke Cina.

Celakanya, seandainya mereka memang ingin pulang, orang-orang Cina Daratan (Mainland China) sana tidak mau menerima mereka. Bagi orang Cina Daratan, para warga keturunan itu bukan lagi Cina.

Orang-orang keturunan Cina di Indonesia pernah dilarang memakai nama Cina. Mereka didorong untuk pakai nama pribumi. Padahal, di saat yang sama orang-orang pribumi ramai-ramai pakai nama Arab atau Eropa. Keturunan Cina boleh memilih, mau pakai nama pribumi seperti Bambang atau Slamet, pakai nama Arab seperti Yunus atau Ibrahim, atau pakai pakai nama Barat, seperti Jack atau Billy. Tapi mereka tidak boleh pakai nama Cina yang biasanya terdiri dari 3 kata itu.

Ada anekdot soal nama ini. Seorang keturunan sedang mengurus KTP di kantor kelurahan. Waktu diminta menulis nama, ia menulis namanya Kasnowo Diponegoro. Petugas agak heran dengan nama yang unik dan terlalu gagah itu.

“Kok namamu Jawa banget? Kan kamu Cina?”

Sepertinya ia berharap nama orang itu semacam Jacky atau Andy.

“Oh, nama saya itu ada kepanjangannya, Pak.”

“Apa kepanjangannya?”

“Bekas Cino dadi Jowo, dipekso negoro.” Atau dalam bahasa Indonesia dia bilang, Bekas Cina jadi Jawa, dipaksa negara.

Pemerintah juga pernah melarang pemakaian bahasa dan huruf Cina. Orang-orang keturunan di Pulau Jawa kebanyakan tak lagi bisa bahasa suku mereka. Mereka jadi penutur bahasa Jawa dan Sunda. Keadaan agak berbeda di luar Jawa. Di Sumatera, khususnya Medan, juga di Kalimantan Barat, mereka bebas memakai bahasa dan huruf Cina.

Banyak hal berubah setelah Reformasi, tapi banyak juga yang belum berubah. Salah satunya kini hangat diperbincangkan: Di Yogya warga keturunan Cina tidak boleh punya tanah sebagai hak milik. Sultan belum mau mengubah ketentuan itu.

Sebenarnya apa sih salah orang-orang ini sampai mereka diperlakukan demikian? Mengapa mereka terus menerima tuduhan dari “pribumi” bahwa komitmen mereka terhadap Indonesia kurang? Bahwa mereka lebih cinta tanah leluhurnya ketimbang Indonesia?

Lha, orang-orang Cina itu juga banyak yang berjuang melawan penjajah Belanda dan Jepang. Tapi kan ada juga yang berkhianat dan memihak pada penjajah. Iya, dan orang Jawa yang berpihak pada penjajah Belanda juga ada, kok. Yang sudah jelas-jelas berjuang mengharumkan nama Indonesia saja kok masih dianggap kurang nasionalis.

Tuduhan lain, katanya orang keturunan ini tidak berbaur. Bagaimana bisa mereka tidak berbaur sementara kita sampai punya penganan mi, bakso, pangsit, siomay, dan baju koko sebagai bagian dari keseharian kita?

Hingga saat ini, setelah 70 tahun kita merdeka, setelah lebih dari 100 tahun berlalu sejak para leluhur keturunan Cina itu pertama kali datang ke sini, mereka masih saja dianggap pendatang. Padahal mereka tidak datang dari mana-mana, melainkan dari bumi Indonesia ini. Mereka hidup bersama warga bangsa lain, menyumbangkan kemampuan yang mereka miliki, juga menyumbangkan kebudayaan leluhur mereka untuk memperkaya khazanah budaya Indonesia, dalam bentuk makanan, kesenian, dan bahasa.

Untungnya tidak semua orang Indonesia bersikap demikian. Boleh dibilang, hanya sebagian kecil. Konyolnya, sebagian kecil dari mereka yang mendiskriminasi keturunan Cina itu bahkan tidak benar-benar cinta Indonesia. Ada yang justru sedang berjuang agar Indonesia ini jadi bagian dari imperium Arab. Ironisnya, salah satu tokoh kelompok ini adalah keturunan Cina.

https://mojok.co/hsn/esai/sebenarnya...ia-atau-bukan/

Quote:Original Posted By einizanagi
Yang bikin ketawa. Dulu yang menjajah indonesia 350 tahun orang bule tapi orang indonesia lebih benci keturunan cina daripada keturunan bule emoticon-Cape d...

Kalau bicara harta yang dirampok belanda nbetapa besarnya itu. Tapi tidak ada yang berani tanya,kamu keturunan belanda kan
Diubah oleh LordFaries
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 12
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 13:54
sbnernya dia msh cari jati dirinya mo jadi apa emoticon-Wakaka
soalnya ga ada ciri khasnya
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 13:54
Balasan post anusbaubadan
@LordFaries
see?
muter sana muter sini
oceh sana oceh sini

tapi intinya mah ketakutan klo mengakui rasisme

klo lu anggap last post = menang debat
ya silakan

itulah kualitas lu
emoticon-Traveller
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 13:55
Balasan post tujuh.tahun
Kalau susi susanti,alan budikusuma,rudy hartono babi juga gan?
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 13:57
lah kalo emak bapak nya cina, masa anaknya ada darah indo? emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 13:57
Balasan post pasti2periode
Quote:Original Posted By pasti2periode
@LordFaries
see?
muter sana muter sini
oceh sana oceh sini

tapi intinya mah ketakutan klo mengakui rasisme

klo lu anggap last post = menang debat
ya silakan

itulah kualitas lu
emoticon-Traveller


Memang ada kok rasisme di Indonesia.
Trus yg mau di bahas apanya?

Nyinyir doank tanpa argumen yg jelas, tipikal mahabbesar netizen emoticon-Wakaka

Kalau mau bahas Akar masalah rasisme di Indonesia ayo... Jangan cuma nyinyir gak jelas kayak bocahemoticon-Wakaka
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 14:03
Balasan post LordFaries
Quote:Original Posted By LordFaries


Memang ada kok rasisme di Indonesia.
Trus yg mau di bahas apanya?

Nyinyir doank tanpa argumen yg jelas, tipikal mahabbesar netizen emoticon-Wakaka

Kalau mau bahas Akar masalah rasisme di Indonesia ayo... Jangan cuma nyinyir gak jelas kayak bocahemoticon-Wakaka


memang orang macam lu harus di bego bego in dulu
supaya mau jawab emoticon-Leh Uga

SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
awalnya pura2 ga liat, pura2 ga tau, ga mau jawab

SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
akhirnya lu jawab sendiri

ya uda clear
ga ada masalah lagi


titik

emoticon-Angkat Beer
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 14:08
Balasan post pasti2periode
Quote:Original Posted By pasti2periode


memang orang macam lu harus di bego bego in dulu
supaya mau jawab emoticon-Leh Uga

SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
awalnya pura2 ga liat, pura2 ga tau, ga mau jawab

SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
akhirnya lu jawab sendiri

ya uda clear
ga ada masalah lagi


titik

emoticon-Angkat Beer


emoticon-Wakaka
Gak beda sama kadrun otak atik matuk

Jadi suara mayoritas itu rasisme? Trus demokrasi itu rasis?

Jadi 2 priode bisa terjadi karena rasisme?

Kedunguan yg hakiki emoticon-Wakaka

Motong argumen orang di sabungkan ke argumen lain. Tipikal buzzer emoticon-Wakaka

Gitu katanya skak gue. Ternyata cuma motong2 argumen orang dijadiin keliping... emoticon-Wakaka

Gue sampai sakit perut ngakaknya ada orang tolol mencoba licik emoticon-Wakaka
Diubah oleh LordFaries
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:24
Quote:Original Posted By Kakek.Sugiono69
yg kubold itu ...
tionghoa mau beli tanah di yogya saja tak boleh
masih kena diskriminasi rasis


Bukan hanya Tionghoa tapi semua non-pribumi. Kebetulan aja yang ramai nuntut cuma satu etnis ini.
AM memang g berketurunan Indonesia tapi ber warga negara Indonesia.
Sama kayak beberapa Habib di Indonesia mereka emang dari arab tapi kimpoi ama pribumi makanya masih bisa dibilang berdarah Indonesia.
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:27
nah bener kenapa lebih benci cina semantara di jajah belanda lama,di peras,di siksa,di ambil kekayaannya tapi gaada yang pernah neriakin bule kayak sekarang kita neriakin "cina"
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:30
emang ada yg asli darah indonesia sampai sekarang?? semacam Homo Wajakensis donk??
menjadi warga dari sebuah negara, dalam hal ini warga negara indonesia (WNI) bukan melulu soal garis darah. menjadi WNI lebih kepada apa yg sudah anda lakukan bagi bangsa sebagai wujud rasa cinta.
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:30
Saya keturunan cina dan KTP saya berstatus WNI. Saya lahir di Indonesia, bayar pajak, dibesarkan di Indonesia dan berbahasa Indonesia. Saya merasa sbg orang Indonesia bukan orang Cina, saya suka makanan Indonesia. Saya berhak untuk diakui sebagai orang indonesia. Buat yang bilang saya CINA, saya cuma bisa bilang : FUCK YOU, mending lu mati aja sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.doflamingo. dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:32

Untungnya tidak semua orang Indonesia bersikap demikian. Boleh dibilang, hanya sebagian kecil. Konyolnya, sebagian kecil dari mereka yang mendiskriminasi keturunan Cina itu bahkan tidak benar-benar cinta Indonesia. Ada yang justru sedang berjuang agar Indonesia ini jadi bagian dari imperium Arab. Ironisnya, salah satu tokoh kelompok ini adalah keturunan Cina.



Huruf depannya F ? emoticon-Leh Uga
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 14:32
Balasan post einizanagi
Wong di Depok aja bule belanda atau keturunan orng belanda aja di agung-agungkan. Orng Indonesia belum lepas dari politik adu domba belanda jaman VOC dulu..ragany aja yg merdeka tp mental dan karakterny masih sama seperti jaman penjajahan dahulu
profile-picture
profile-picture
ap_kt_or2 dan blezzernet memberi reputasi
2 0
2
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:33
Quote:Original Posted By agus.malaikat.
jawabannya iya kalo kewarganegaraan, dan bukan kalo dari darah

tapi kalo orang cina ngaku2 jerman itu yg aneh
Secara terpampang nyata wujudnya sangat Cina..
Bahkan sekarangpun dia denial dia Cina dengan bikin tampilannya Afro-American wannabe..



gak aneh kok, banyak yang kembar yang satu muka bule yang satunya muka item padahal mak bapaknya tampang bule.

tinggal dirunut aja gen dominan yg mana dan kalo kedua ortu-nya blasteran afto-caucasoid walaupun tampang bule kedua ortu-nya bisa jadi anaknya ada yg tampang african...

jadi sah-sah aja klo agmon bilang dia ada darah bulenya, mungkin benar, mungkin juga ngak...
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:39
percumalah tionghoa punya paspor indonesia
percumalah tionghoa punya kewarganeraan indonesia
percumalah tionghoa di pulau jawa itu setiap hari pakai bhs indonesia dalam keluarga tionghoanya

tetap saja kena diskriminasi rasis oleh pribumi indonesia .

0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 14:40
Balasan post Kakek.Sugiono69
Quote:Original Posted By Kakek.Sugiono69
jelas bukanlah .

kalau benaran tionghoa itu adalah orang indonesia asli
kenapa tionghoa tak boleh jadi presiden di indonesia

di indonesia ..
mau jadi presiden itu harus orang indonesia asli

tionghoa itu jelas bukan orang indonesia asli
sampai kena diskriminasi,rasis oleh pribumi indonesia
paling parah diskrimnasi waktu zaman orde baru
etnis tionghoa didiskriminasikan selama 32 thn lebih wkt zaman pemerintahan orde baru ..
Gus Dur menghapus diskriminasi terhadap etnis Tionghoa dengan
Inpres No 6/2000 tanggal 17 Januari 2000, mencabut Inpres 14/1967
tentang agama, kepercayaan, dan adat istiadat China


sampai sekarang juga masih ada yg kena diskriminasi rasis ..
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 14:41
Balasan post pecandu.online
Quote:Original Posted By pecandu.online


sampai sekarang juga masih ada yg kena diskriminasi rasis ..


Astaga ko yan monolog disini emoticon-Wakaka
0 0
0
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
Lapor Hansip
28-11-2019 14:44
Balasan post Kakek.Sugiono69
Quote:Original Posted By Kakek.Sugiono69
jelas bukanlah .

kalau benaran tionghoa itu adalah orang indonesia asli
kenapa tionghoa tak boleh jadi presiden di indonesia

di indonesia ..
mau jadi presiden itu harus orang indonesia asli

tionghoa itu jelas bukan orang indonesia asli
sampai kena diskriminasi,rasis oleh pribumi indonesia
paling parah diskrimnasi waktu zaman orde baru
etnis tionghoa didiskriminasikan selama 32 thn lebih wkt zaman pemerintahan orde baru ..
Gus Dur menghapus diskriminasi terhadap etnis Tionghoa dengan
Inpres No 6/2000 tanggal 17 Januari 2000, mencabut Inpres 14/1967
tentang agama, kepercayaan, dan adat istiadat China


jangankan tionghoa gan, orang WNI asli yang asalnya dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesih, Papua dll aja gak bisa jadi presiden , karena mayoritas di negara ini ya suku jawa, 60% mereka pasti menang... gitu aja kok mewek emoticon-Nyepi
profile-picture
seringboering memberi reputasi
1 0
1
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:48
org rasis yang benci wni keturunan etnis tionghoa itu rata2 cara berpikirnya cekak


pada gak seneng org china tapi nabung masih di BCA... emoticon-Leh Uga
beli rokok masih jalan terus... emoticon-Leh Uga

lu pikir yang punya pabrik2 rokok macam Djarum, Gudang Garam, Sampoerna, Dji Sam Soe orang arab? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
MaryoIrawan dan bali86 memberi reputasi
2 0
2
SEBENARNYA KETURUNAN CINA ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN?
28-11-2019 14:53
Masalah keturunan, asli Indo, atau apapun jg..tetep gk ad yg bs mastiin 100% dari mana asal penduduk asli Indonesia ini dari mana rasnya, sukunya, darahnya..lbh baik satukan rasa persaudaraan antar sesama umat manusia aja..

Cma masalah fisik/ kulit yg terlihat dari luar aja mw dipermsalahkan sampai ribet ya capek sendiri. Kalau mw liat dalam tubuh kita sendiri smw sama, gk ada bedanya kalau dipilah2 dan dikumpulin tiap2 org..gk ada yg bs membedakan "oh ini organ dlm org keturunan bangsa itu, ini asli org sini, darah ini dari ras ini, drh itu bkn dari ras ini."
Diubah oleh lightning23392
0 0
0
Halaman 5 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia