Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
TIM Direvitalisasi Jadi Hotel Bintang 5, Kenneth: Itu Sangat Konyol!
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth menentang keras upaya revitalisasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Menurut Kent-sapaan akrab Hardiyanto Kenneth-, apa yang dilakukan Pemprov DKI dengan membangun hotel mewah sangat tidak dibenarkan karena sudah melenceng dari kegunaan gedung yang terletak di bilangan Cikini, Jakarta Pusat itu.

"TIM itu pusat peradaban dan kebudayaan, sehingga harus dilindungi oleh negara. Jadi kalau ingin membangun hotel disana itu sangat konyol, tidak ada hubungannya antara kebudayaan dengan membangun hotel bintang lima dan urgensi nya apa buat seniman," tegas Kent dalam keterangannya, Senin (25/11/2019).

Oleh karena itu, sambung Kent, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta mengenai revitalisasi TIM tersebut, karena sudah mengancam nasib dan masa depan sejumlah seniman.

"Kita akan koordinasi dengan Disparbud perihal revitalisasi ini," sambung anggota Komisi D DPRD DKI.

Menurutnya, budaya bangsa Indonesia harus dipertahankan selamanya dan tidak bisa dipadukan dengan keberadaan hotel bintang lima yang megah tersebut, karena bisa mengganggu keberadaan seniman di bangunan yang seluas 72.551 meter persegi itu.

"Budaya bangsa harus kita pertahankan, agar bisa melestarikan leluhur kita. Perlu diketahui saat ini banyak komunitas di TIM tidak mempunyai tempat untuk latihan," pungkasnya.

Sementara Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Gembong Warsono, menyatakan bakal mendorong legislator menelusuri rencana pembangunan hotel bintang lima di dalam rencana revitalisasi kawasan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Sebab rencana awal revitalisasi TIM tidak tertuang rencana pembangunan hotel mewah tersebut.

"Saya akan mendorong teman-teman di Komisi B dan E untuk menelusuri secara detail masalah ini," kata Gembong saat dihubungi, Senin, 25 November 2019. "Teman-teman di DPRD sudah ditugaskan untuk menginvestigasi pembangunan hotelnya."

Ia menuturkan desain awal revitalisasi dari hasil sayembara tidak ada rencana pembangunan hotel. Rencana pembangunan hotel tersebut diduga diusulkan oleh pemprov DKI.

Menurut Gembong, keberadaan hotel bisa menggerus marwah TIM sebagai pusat kesenian dan kebudayaan. "PDIP menolak pembangunan hotel di kawasan TIM. Kalau revitalisasinya kami dukung," ujarnya. "Revitalisasi kami dukung agar akar budaya tidak luntur."

Perlu diketahui sebelumnya, proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat penolakan dari sejumlah pelaku seni yang ada di Jakarta. Dasar penolakan mereka adalah rencana dibangunnya hotel mewah di pusat kesenian ibukota tersebut.

Konsep pembangunan hotel yang dikerjakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur No.63/2019, kata sejumlah seniman, telah melenceng dari perspektif awal pendirian TIM oleh Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1968.

Untuk diketahui, proyek revitalisasi ini menghabiskan dana Rp1,8 triliun. Sumber dana revitalisasi ini pun berasal dari Penyertaan Modal Daerah (PMD) DKI Jakarta tahun 2019 sebesar Rp200 miliar.

Dana ini akan diperuntukkan bagi dua tahap pembangunan TIM. Pada tahap pertama yaitu tahun 2019, akan dilakukan pembangunan gedung baru beserta fasilitas penunjang dengan alokasi anggaran Rp501,5 miliar. Selanjutnya, pada tahun 2020, alokasi dana revitalisasi sebesar Rp1,3 triliun.


https://www.google.com/amp/s/m.tribu...-sangat-konyol
sebelahblog
4iinch
nona212
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.