Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cegah Kecanduan Gadget Pada Anak! Lakukan 5 Hal Berikut Ini, Gan!!!

kreator.artikelAvatar border
TS
kreator.artikel
Cegah Kecanduan Gadget Pada Anak! Lakukan 5 Hal Berikut Ini, Gan!!!






Pada zaman dulu, anak-anak suka bermain permainan tradisional yang menuntut keaktifan fisik. Selain itu, permainan tradisonal juga sangat bagus untuk perkembangan mental dan sosial anak.


Namun, zaman sudah berubah. Kini anak-anak sudah gemar bermain gadgetdan berdiam diri di dalam rumah ketimbang keluar rumah untuk bermain dengan teman sebayanya. Bermain games yang ada di gadget dan menonton YouTube dengan waktu yang lama, sudah menjadi kegiatan rutin anak-anak zaman sekarang.

Karena berpotensi mengganggu perkembangan fisik dan mental anak, kecanduan gadget menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orangtua. Untuk itu, sebagai orangtua harus bisa mencegah supaya anak tidak kecanduan gadget.

Lalu, bagaimana caranya?
Nah, untuk mencegah kecanduan gadget pada anak, sebaiknya orangtua melakukan 5 hal berikut ini.



1. Beri contoh dan teladan pada mereka



Hal pertama yang paling penting dalam mendidik anak adalah memberikannya contoh dan teladan. Ada sebuah kutipan yang berbunyi "1 teladan lebih baik dari seribu perintah.".

Kutipan tersebut memang benar, bagaimana mungkin anak tidak kecanduan gadgetjika orangtuanya sendiri memberi contoh dan teladan seperti itu?

Maka dari itu, ibu maupun ayah harus memberinya contoh dengan mengurangi penggunaan gadget di rumah, terlebih di hadapan anak. Berilah contoh dan teladan yang baik pada mereka, lakukan aktifitas lain seperti beres-beres rumah, bermain ketangkasan, ngobrol ringan dengan anak, membaca buku, dan masih banyak lagi.



2. Atur waktu pemakaian gadget



Cara selanjutnya adalah mengatur waktu pemakaian gadget. Sebagai orangtua harus bisa membantu anak dalam mengatur waktu kapan ia bermain di luar ruangan, kapan ia belajar, dan kapan ia bermain gadget.

Selain itu, mengatur durasi pemakaian gadgetpada anak juga sangat penting, misalnya penggunaan gadget di waktu sore hari tidak boleh lebih dari 30 menit.

Untuk itu, buatlah jadwal dan atur waktunya sebaik mungkin, lalu terapkan dan jadikan kebiasaan dalam aktivitas sehari-hari. Pada awal-awal penerapan mungkin akan sulit karena anak pasti akan menolak peraturan, tetapi lama-kelamaan anak pasti akan terbiasa.

Kembali lagi ke poin pertama, jangan cuma anak yang di beri peraturan, ayah dan ibu juga harus mempunyai peraturan dan harus memberi teladan untuk menaati peraturan.



3. Batasi akses internet



Seperti yang kita ketahui, hampir semua aplikasi baik games atau video streaming bisa diakses jika ada akses internet. Sehingga, akses internet yang mudah dan cepat menjadi salah satu penyebab anak berlama-lama menatap layar gadget.

Maka dari itu, kurangi atau batasi akses internet untuknya. Dengan membatasi akses internetnya, maka anak akan menjadi bosan dengan gadgetdan akan mencari kesenangan yang lain.



4. Ganti gadget dengan mainan yang disukai anak



Untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget, orangtua bisa memberi mainan kesukaannya. Misal, anak laki-laki bisa diberi mainan robot, mobil-mobilan, radio control, dll. Sedangkan anak perempuan, berilah mainan seperti boneka yang lucu, mainan masak-masak.an, dll. Akan lebih baik lagi jika mainan yang diberi adalah mainan edukasi, seperti puzzleuntuk mengasah kerja otak si anak.

Namun, jangan hanya memberi mainan saja. Ajak anak untuk memainkan mainannya! Agar anak tidak merasa bosan karena bermain sendiri. Dengan begitu, anak akan lebih asyik bermain dengan orang tua dari pada bermain gadget.



5. Luangkan banyak waktumu untuk anak



Terakhir, yang paling penting adalah luangkan banyak waktumu untuk anak. Coba diingat kembali! Berapa jam dalam sehari waktu yang kamu habiskan bersama anak? Sebantar, cukup, atau, lama?

Jika kamu meluangkan waktu untuk anak hanya sebentar saja, mungkin karena itulah anak menjadi kecanduan gadget. Kenapa? Karena anak merasa kesepian, bosan, dan tidak ada yang menghiburnya. Sehingga, anak akan mencari pelarian untuk menghibur diri, salah satunya dengan bermain gadget.

Oleh karena itu, luangkan lebih banyak waktumu untuk anak. Ajak untuk melakukan hal-hal positif yang melibatkan pergerakan fisik, seperti berkebun, bersih-bersih rumah, jalan-jalan ke luar rumah, berolahraga, dan masih banyak lagi.




Jadi, untuk para orang tua, ada baiknya mencegah sebelum anak kecanduan gadget.
Namun juga jangan dilarang, karena gadgetjuga bisa membawa hal positif jika dipergunakan secara bijak, seperti untuk belajar dan mencari informasi.
Yang terpenting, jangan sampai anak menggunakan gadget dalam waktu yang berlebihan. Karena hal itu berpotensi anak kecanduan gadget.




Thumbnail: Kompas.com
Gambar 1: Medcom.id
Gambar 2: Tempo.co
Gambar 3: Grid.id
Gambar 4: Tipsanakbayi.com
Gambar 5: Pikbest.com





Anak Malas Belajar? Jangan Marah, Cobain Deh 7 Tips Ampuh Berikut Ini!

anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
979
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.