tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Barakatak, Grup Musik Funkot yang Mencoba Eksis Kembali
Setiap orang umumnya suka dengan namanya musik, di negeri ini tentunya musik bukanlah sesuatu yang asing lagi karena banyak sekali lagu-lagu indonesia dengan berbagai jenis musiknya mulai dari pop, rock, dangdut dan lain sebagainya bisa kita temukan di kehidupan kita sehari-hari dan bisa kita dengarkan mulai dari lewat pemutar musik di smartphone, radio ataupun media-media lainnya yang bisa memutar musik. Sejarah musik di indonesia sendiri memang selalu diwarnai musik-musik populer di setiap masanya dan setiap zamannya pasti selalu punya ciri khas tersendiri.

Credit : whiteboardjournal.com

Salah satu genre musik yang menarik untuk dibahas adalah genre musik funky kota atau dikenal sebagai funkot dimana musik genre ini berkembang di tahun 90an. Genre musik funkot sendiri merupakan sebuah musik yang memadukan house music dan musik dangdut. Salah satu pelopor dari musik ini adalah grup musik barakatak yang populer di tahun 90an. Nama barakatak sendiri berasal dari bahasa sunda yang  berarti penggambaran tertawa "hahaha" yang menandakan grup musik tersebut lebih ke lucu-lucuan karena awalnya muncul barakatak sendiri sebagai grup musik lagu sunda yang salah satu ciri khasnya dengan lirik yang lucu. Nama tersebut merupakan pemberian dari musisi terkenal Doel Sumbang. Awal kehadiran Barakatak sendiri memang tak lepas dari pengaruh Doel Sumbang yang mengorbitkan Aam, Yayat dan Didi yang membentuk grup musik Barakatak. Sebelum menjadi personil barakatak, mereka bertiga hanyalah seorang pemuda karang taruna dan kemudian direkrut oleh doel sumbang menjadi artis penyayi dan dalam pembuatan liriknya pun dibantu oleh Doel Sumbang. Beberapa album lagu sunda sudah dikeluarkan oleh Barakatak dalam kurun waktu lima tahun.

Sejak hijrah ke jakarta, grup musik Barakatak berubah haluan menjadi salah satu pelopor musik funkot. Awal hijrah ke Jakarta para personil Barakatak kebingungan terkait warna musiknya dan tak lama kemudian mereka mengenal house music dan mempertemukan mereka dengan Rony Load dan melakukan kerjasama dengannya karena Rony menguasai dalam bidang musik. Banyak single terkenal dari Barakatak, salah satunya adalah single lagu yang berjudul "musiknya asyik" yang menggambarkan kondisi di masa itu dimana narkoba saat itu masih bebas digunakan dan lagu musyiknya asyik awalnya judul dan liriknya adalah "sudah on belum" yang terinspirasi dari penggunaan obat terlarang, hal ini karena ketika orang yang sudah mengkonsumsinya yang sering ditanya "sudah on belum?", namun seiring berjalannya waktu judul dan liriknya diubah menjadi "Musiknya asyik" karena judul dan lirik lagu sebelumnya tidak diperbolehkan. 

Credit : wimpmusic.com

Bukan hanya lagu musyiknya asyik yang terkenal dari barakatak, ada lagu-lagu lain yang populer di masanya mulai dari "maju maju maju", "Bandung bergoyang lagi" hingga lagu "buka-bukaan". Lagu Barakatak tenar di tahun 90an dan didengarkan oleh banyak orang kala itu, bahkan lagu barakatak sendiri mencuat kembali ketika ada kasus pembajakan dan juga pengunggahan video secara ilegal ke internet yang secara langsung promosi gratis bagi Barakatak. Lagu populer yang mereka ciptakan dibuat sesuai zamannya sendiri dan terinspirasi dari yang viral di masa tersebut seperti lagu "Bandung Bergoyang lagi". Barakatak sendiri sempat vakum begitu lama dan pada tahun 2018 kembali lagi eksis di dunia musik dengan penambahan satu personil baru yaitu Hana. Penampilan perdana mereka terjadi di ajang Indonesia Netaudio Festival (INF) 3.0 di Yogyakarta pada 19 agustus 2018. Kini Mereka telah meluncurkan mini album mereka yang berjudul " Bergoyang Again" yang berisi lima lagu populer mulai dari "Bandung bergoyang lagi", "Buka-bukaan", "Musiknya Asyik", "Bunga Jalang" dan "Maju Maju Maju" yang merupakan single dari album-album sebelumnya dengan arasemen musik yang kekinian. Rencananya grup musik barakatak akan merilis single dan album terbaru mereka setelah mengeluarkan album mini tersebut. Akankah Barakatak terkenal seperti dulu lagi dengan comebacknya mereka ke dunia musik? Menarik untuk ditunggu. Demikian paparan tentang barakatak, grup musik funkot populer di tahun 90an yang kini mencoba untuk eksis kembali, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : 
Opini Pribadi
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber gambar via google images
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
4.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.