Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ymulyanig3Avatar border
TS
ymulyanig3
Saat Sebuah Danau Bermanfaat Untuk Warga Sekitar
Yang terdekat pun bisa menginsfirasi
Saat Sebuah Danau Bermanfaat Untuk Warga Sekitar
Assalamualaikum gansis. Jumpa lagi dengan ane, pejuang event yang pantang menyerah. Banyak tempat yang bisa menginsfirasi. Salah satunya adalah Danau Ciminyak. Sebuah danau yang terletak tidak jauh dari tempat tinggal ane.
Saat Sebuah Danau Bermanfaat Untuk Warga Sekitar
Dahulu danau ini adalah sebuah perkampungan di tempat ane. Sekitar tahun 1980 an kp. Ciminyak dijadikan jalan tempat mengalirnya air dari bendungan Saguling. Kampung yang terletak di kabupaten Bandung Barat ini akhirnya terendam air dari bendungan Saguling.

Sekarang, kampung itu lebih dikenal sebagai Danau Ciminyak. Beberapa alasan tempat ini menjadi INSPIRING PLACE buat ane dan masyarakat sekitar adalah :

1. Sumber mata pencaharian warga
Danau ciminyak yang terletak dibagian ujung sepanjang kecamatan cililin menjadi salah satu sumber penghasilan untuk warga. Mereka umumnya membangun tambak ikan dengan kolam terapung di tengah danau untuk membudidayakan ikan air tawar.
Saat Sebuah Danau Bermanfaat Untuk Warga Sekitar
2. Salah satu objek wisata
Bagi kami, warga sekitar. Danau Ciminyak bisa menjadi alternatif wisata keluarga geratis untuk sekedar berkumpul makan bersama keluarga di pinggir danau dan melihat pemandangan danau yang indah.

3. Pusat kuliner
Hasil panen tambak ikan kolam terapung para petani menginsfirasi sebagian warga untuk membuat pusat kuliner ikan bakar. Deretan rumah makan yang menyediakan ikan bakar segar yang langsung diambil dari danau berjejer di pinggir danau. Banyak warga luar yang sengaja datang di akhir pekan untuk menikmati ikan bakar segar di pinggir Danau Ciminyak.
Saat Sebuah Danau Bermanfaat Untuk Warga Sekitar
4. Sumber mata air ketika kemarau.
Saat kemarau tiba, sumur dan sumber air lainnya mengering. Warga sekitar danau biasanya pergi ke danau untuk mencuci dan mandi. Di sana juga ada beberapa air resapan yang bisa dijadikan sumber air untuk minum danemesak. Ane pun dulu waktu kecil pasti nyuci baju sama sepatu di akhir pekan ke danau bareng teman-teman. Kami ke sana bisa berjam-jam, sambil main dan mandi. Banyak batu besar buat dijadikan tempat mencuci atau sekedar duduk-duduk bermain air.

Danau Ciminyak kini menjadi kebanggaan warga sekitar. Setiap tamu atau pendatang yang berkunjung. Meraka akan singgah dahulu untuk sekedar menikmati pesona danau. Setiap daerah memiliki tempat pavoritnya masing-masing, Danau ciminyak adalah salah satu tempat pavorit kami. Banyak anak yang bermain layangan dan berlarian di tepi danau. Bapak-bapak memancing di sana dari pagi hingga petang.
Saat Sebuah Danau Bermanfaat Untuk Warga Sekitar
Dulu, waktu ane kecil pun ane sering bermain di danau, belajar berenang saat air mulai agak surut. Mencari keong dan daun genjer untuk di masak di rumah atau sedekar bermain lumpur dan basah-basahan sampai kulit jadi bersisik dan hitam wkwk. Para orang tua pasti akan mencari kami ke danau jika senja kami tak kunjung pulang. Kami akan habis kena omelan emak sampai kuping terasa panas. Jadi pengen balik ke masa kecil yang indah dan tanpa beban. He ....

Sekian ulasan produk yang menginsfirasi di tempat ane. Semoga gansis juga bisa terinsfirasi dengan adanyanya event TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT
Jangan lupa rate, komen dan cendolnya.

Terima kasih.

Sumber : opini pribadi

Pic : dokpri
link gambar
Diubah oleh ymulyanig3 21-11-2019 08:22
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
560
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.