• Beranda
  • ...
  • Banyuwangi
  • [COC] Semarak Hari Pahlawan 10 November 2019 Di Padalarang Kabupaten Bandung Barat

VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
[COC] Semarak Hari Pahlawan 10 November 2019 Di Padalarang Kabupaten Bandung Barat
Acara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019





Assalamualaikum Agan Sista tercinta ....


Hari pahlawan jatuh setiap tanggal 10 November setiap tahunnya. Asal mulanya adalah untuk memperingati pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, dimana para tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari revolusi nasional Indonesia. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres no. 316 tahun 1959, pada tanggal 16 Desember 1959 ( Wikipedia ).
[/JUSTIF
Y]
[JUSTIFY]Untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dan memperingati pertempuran Surabaya tersebut, masyarakat Indonesia berlomba-lomba membuat suatu acara untuk menyemarakannya. Berbagai acara dilakukan nih Gansist, selain untuk seru-seruan, namun juga untuk memupuk jiwa nasionalisme kita.


Salah satu acara yang digelar untuk turut menyemarakkan hari pahlawan di kota ane adalah Semarak Hari Pahlawan 10 November 2019. Yang di selenggarakan oleh Bandung Barat Creative Network ( BBCN ), bekerjasama dengan Adi Tirta Bayu Padalarang ( ATB food court and swimming pool ).



Sumber : dokumen pribadi


Nah, Gansist acara yang digelar pada hari Minggu 10 November 2019 di Padalarang ini, diikuti oleh berbagai kalangan, baik anak kecil, muda maupun dewasa.
Jenis-jenis acara yang digelar antara lain :


1. Lomba mewarnai untuk anak TK
Lomba ini diperuntukkan bagi anak PAUD dan TK, tema yang diangkat adalah tentang pahlawan, jadi gambar yang diwarnai juga seputar pahlawan.



Sumber : dokumen pribadi


2. Peragaan pencak silat
Pencak silat merupakan salah satu olahraga tradisional khas Indonesia, untuk itu patut dilestarikan dan dikembangkan. Tujuan adanya hiburan berupa peragaan pencak silat adalah agar masyarakat semakin mencintai budaya daerah dan tergerak untuk turut serta mengembangkannya.



Sumber : dokumen pribadi


3. Bazar makanan
Kalau bazar makanan disini, beraneka ragam mulai dari perusahaan makanan yang menjadi sponsor acara, jajanan anak, bahkan makanan tradisional juga ada, Gansist.



Sumber : dokumen pribadi


4. Talkshow musikalisasi puisi dan mendongeng
Mendongeng adalah kegiatan positif untuk anak-anak, apalagi jika yang didongengkan adalah kisah tradisional kearifan lokal budaya Indonesia. Sedangkan puisi yang dibawakan bertema tentang perjuangan dan pahlawan dengan latar musik tradisional.



Sumber : dokumen pribadi


5. Photo selfie contest
Ini yang lagi kekinian, selfie contest di spot yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Hayo siapa dari agan dan sista yang hobby selfie?



Sumber : dokumen pribadi


6. Hiburan lagu-lagu
Hiburan untuk para peserta lomba maupun pengunjung, dari awal acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan lagu daerah, bahkan sampai lagu khas Indonesia yaitu dangdut pun ada.



Sumber : dokumen pribadi


Inilah aneka macam kegiatan di tempat ane. Kebetulan ane sendiri ikut serta pada salah satu acara tersebut, meski tidak secara langsung karena ane menemani putra ane yang kebetulan ikut lomba mewarnai. Acara tersebut selain untuk memperingati hari pahlawan juga untuk meningkatkan kreativitas masyarakat daerah Padalarang khususnya dengan tema pahlawan dan nasionalisme.



Sumber : dokumen pribadi

Menurut ane, acara Semarak Hari Pahlawan 10 November 2019 di Padalarang cukup menarik, karena melibatkan berbagai kalangan. Baik dari anak kecil sampai dewasa bisa mengikuti. Akan tetapi yang paling unik adalah saat acara mendongeng dan musikalisasi puisi, karena dalam acara tersebut mengedukasi anak-anak secara tidak langsung. Memberikan pengetahuan dan informasi lewat sebuah dongeng dan cerita, sehingga anak-anak enjoy melihatnya dan nasehat/pengetahuan/ilmu yang disampaikan bisa dicerna oleh anak-anak.



Sumber : dokumen pribadi



Sumber: dokumen pribadi



Sumber: dokumen pribadi



Kiranya untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme tidak harus dengan berjuang melawan penjajah ataupun harus bertumpah darah demi bangsa, namun dengan melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk kita semua.


Agan dan sista pasti ingat kan kutipan kalimat dari Presiden Soekarno yaitu,


bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya.

Jika kita tidak bisa menghargai diri sendiri bagaimana bisa menghargai orang lain.



Cukup sekian coretan dari ane dalam rangka mengikuti event COC dari komunitas Banyuwangi. Semoga yang ane sampaikan memberikan manfaat buat kita semua.


Bye ... Bye ....
banksonk
YenieSue0101
.g.gowang
.g.gowang dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Banyuwangi
BanyuwangiKASKUS Official
523Thread670Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.