Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tebing Breksi, Bekas Penambangan Batu Alam yang Menjadi Hits dan Menginspirasi

lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Tebing Breksi, Bekas Penambangan Batu Alam yang Menjadi Hits dan Menginspirasi


Assalamualaikum

Welcome To My Thread, agan sista. Apa kabar hari ini? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT,
Amiin.

Dalam rangka ikut meramaikan acara MLDSPOTKONTENHUNT  yang diadakan oleh KASKUSXMLDSPOT, ane akan mengulas salah satu INSPIRING PLACE yang memiliki TASTETHELOCAL di tempat tinggal ane yaitu Jogjakarta.

Agan sista ada yang pernah ke Taman Tebing Breksi?



Taman Tebing Breksi merupakan salah satu TASTETHELOCAL yang ada di Jogjakarta. Pada awalnya Tebing Breksi ini merupakan salah satu tempat penambangan batu alam untuk material pembangunan. Namun, sejak tahun 2014 demi terjaganya kelestarian lingkungan, pemerintah setempat menutup kegiatan penambangan.

Bekas penambangan ini pun akhirnya disulap dan dijadikan tempat wisata oleh warga sekitar. Wah, inspiring place banget kan, Gansist. Selain itu juga memiliki tastethelocal.

Ada beberapa hal yang menarik dari wisata Tebing Breksi ini, loh, Gansis. Penasaran? Simak yuk ulasan ane di bawah ini. Cekidot!

1. Taman Tebing Breksi masuk ke dalam cagar budaya



Tepatnya pada bulan Mei 2015, Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menandatangani prasasti yang menyatakan bahwa Taman Tebing Breksi merupakan salah satu cagar budaya yang dimiliki oleh Jogjakarta. Sejak saat itu, Tebing Breksi mulai memepercantik diri, berbagai pembangunan dilakukan untuk memanjakan para wisatawan.

2. Memiliki Pemandangan Sunrise dan Sunset

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Tebing Breksi adalah kita bisa menikmati indahnya matahari terbit (Sunrise) dan juga matahari tenggelam (Sunset). Selain itu kita dapat melihat kemegahan Gunung Merapi, Landscape Candi Prambanan, Candi Barong dan juga dekat dengan Candi tertinggi di Jogja yaitu Candi ijo. Wah keren kan Gansist.

3. Memiliki Fasilitas yang lengkap



Tebing Breksi memiliki fasilitas yang lengkap Gansist, dari area parkir yang luas, Musholla untuk beribadah, Toilet, food court jadi Gansist tak perlu takut kelaparan, terdapat spot foto yang keren dan instagramble, buat Gansist yang ingin berkeliling area tebing tanpa takut kelelahan bisa mencoba memakai mobil Jeep yang sudah banyak disewakan untuk para wisatawan, selain itu di Tebing Breksi juga terdapat panggung terbuka (tlatar) yang sering dipakai untuk menampilkan kesenian maupun pertunjukan budaya. Lengkap kan Gansist.

4. Wisata murah



Untuk sebuah tempat wisata dengan fasilitas yang lengkap serta memiliki keindahan yang luar biasa keren, Tebing Breksi termasuk ke dalam wisata yang murah meriah, Gansist. Bagaimana tidak? Kita tidak perlu membayar retribusi masuk cukup membayar biaya parkir saja. Murah kan? Kuy lah kita ke sini.

5. Menjadi tempat mata pencaharian warga sekitar




Kini, warga sekitar Tebing Breksi tidak perlu risau lagi akibat ditutupnya penambangan batu alam. Dengan dijadikannya bekas penambangan batu alam tersebut menjadi tempat wisata, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan wisata Tebing Breksi untuk mencari pendapatan sehari-harinya. Seperti berjualan sovenir, makanan, menjadi tukang parkir, bahkan bisa menjadi guide.

Nah Gansist, bekas penambangan yang kini disebut Tebing Breksi ini, menyimpan begitu banyak cerita. Tercipta dari letusan vulkanik, kemudian dimanfaatkan sebagai tambang, Tebing Breksi tetap eksis menjadi tempat wisata dan menginspirasi, meskipun tadinya Tebing Breksi merupakan bekas penambangan yang gersang dan juga tidak terurus, berkat kerjasama pemerintah dan masyarakat sekitar, kini, Tebing Breksi menjadi salah satu Tempat wisata favorit di Jogjakarta, bahkan menjadi salah satu cagar budaya. Hal ini bisa menginspirasi kita bahwa segala sesuatu yang tidak terpakai lagi jika kita bisa memanfaatkannya maka akan menghasilkan juga. Terbukti masyarakat sekitar mampu hidup sejahtera karena adanya tempat wisata Tebing Breksi.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa menjadikan inspirasi bagi kita. Nah, gimana Gansist, ingin berkunjung ke tempat yang keren ini? Ajak pacar, teman, saudara, atau keluarga Gansist untuk dapat menikmati indahnya Tebing Breksi ini Gansist.

Sekian trit ane kali ini, sampai jumpa di trit berikutnya. Jangan lupa tinggalin cendol, komen, dan subscribe ya, Gansist.

Pict. Google

Sumber tulisan. Opini pribadi

Referensi. klik

TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT
Diubah oleh lintangayudy 20-11-2019 08:41
alizazet
qoni77
sebelahblog
sebelahblog dan 11 lainnya memberi reputasi
10
2.7K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.