Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dceee7109b5ca68ee199d57/komunitas-literasi-yang-menginspirasi-ya-kpk-dong-yuk-simak-7-alasannya
Welcome to riwidy's thread Di thread ane kali ini, akan membahas sebuah komunitas yang selama ini ane jadikan panutan karena sangat inspiratif terutama di bidang literasi yaitu KPK. Wah, Komisi Pemberantasan Korupsi? No, bukan itu ya, tetapi KPK ini kepanjangannya lain, yaitu Kelas Pena Kreatif. Mengapa KPK sangat inspiratif? Simak 7 alasannya : 1. KPK Didirikan Atas Dasar Rasa Cinta Literasi KPK
Lapor Hansip
16-11-2019 01:29

Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!

icon-verified-thread
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!

Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!

Welcome to riwidy's thread



Di thread ane kali ini, akan membahas sebuah komunitas yang selama ini ane jadikan panutan karena sangat inspiratif terutama di bidang literasi yaitu KPK. Wah, Komisi Pemberantasan Korupsi? No, bukan itu ya, tetapi KPK ini kepanjangannya lain, yaitu Kelas Pena Kreatif.

Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!

Mengapa KPK sangat inspiratif? Simak 7 alasannya :



1. KPK Didirikan Atas Dasar Rasa Cinta Literasi


KPK didirikan dan dibesarkan atas nama cinta literasi oleh sekumpulan anak muda kreatif antara lain Mbak Deudeu Desmiati, Lia Susanto, Lilian Diana, Farah Qithink, Leeya, Eza Okta, Rully Bramasti, Titik Nurhayati dan dibantu teman-teman lainnya. Mantab kan!

Adapun Mbak Deudeu Desmiati adalah satu perempuan hebat pendiri sekaligus mentor KPK, yang mengungkapkan satu fakta penting bahwa KPK mulai dibentuk sejak tanggal 25 Agustus 2018, dan alhamdulillah berarti hampir tiga bulan yang lalu telah merayakan ulang tahun perdananya. Selamat ya KPK!
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!

2. KPK Mengajak Menulis Bareng, Bukan Sekedar Mengajarkan Ilmu Literasi


Mbak Deudeu mengatakan bahwa dia sebenarnya bukanlah mentor, hanya seorang sahabat yang ingin mengajak belajar nulis bareng, wow rendah hati ya! Di kelas kulwap, beliau akan sharing 7 materi dasar tentang kepenulisan, sekitar 7-10 hari, kemudian peserta berbayar tersebut akan lulus dari KPK dengan tanda bukti sebuah sertifikat KPK dan satu buku antologi cerpen terbit dari KPK Publishing sendiri.
Materi Dasar KPK


3. KPK Disiplin Dalam Menerbitkan Buku Alumni dan Proyek Buku Lainnya


Buku ini merupakan antologi tulisan bersama, semacam tugas akhir ya, sebanyak satu buku maksimal memuat 25 cerpen, hasil tulisan member sesuai genre yang dipilih mereka. Jadi misalnya saja ada 100 member KPK yang ikut belajar, maka pada waktu kelulusannya bisa diterbitkan empat buku, dari genre berbeda misalnya romance, horor, young adult, dan slice of life. Tentunya ada tenggat waktu, bimbingan dan pendampingan dari penulisan antologi cerpen tersebut.

Ane sendiri dulu mengikuti KPK batch 7, diadakan sekitar akhir februari sampai maret 2019 yang lalu dan terus berada di lingkungan penulis hebat itu dalam grup alumninya. Ane merasa betah dan nyaman karena profesionalisme dan inovatifnya komunitas satu ini.
Buku Terbit di KPK


4. KPK Berdasarkan Azas Demokrasi, Jadi Ada Rasa Saling Mendukung Antara Member dan Mentor


Sesungguhnya KPK bukanlah komunitas yang bersifat mentoring tetapi sharing lho. Jadi setiap member bisa menuangkan ide apapun tentang dunia kepenulisan dan ilmu-ilmu tambahan yang bermanfaat. Wah hebat ya! Jadi meskipun bisa dibilang KPK sudah merupakan komunitas yang lumayan besar, tetapi tidak terdapat sikap otoriter, diktator, kesewenang-wenangan, justru kebalikannya, malah kental sekali sistem demokrasinya. Bahkan apabila member lulus dari kelas misalnya KPE, bisa menjadi editor KPK, bertugas mengedit karya teman-teman sendiri dan mendapatkan fee lumayan. Ada juga teman yang berbakat menggambar juga bisa mendapat pekerjaan membuat cover dan layout buku KPK.

Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!

5. KPK Mempunyai Wadah Lanjutan untuk Menampung Aspirasi Member


Buktinya adalah KPK sampai sekarang terus berkembang, alhamdulillah ya, sudah memiliki seribuan alumni yang mempunyai wadah baru sebagai follow up yaitu Alumni KPK 1 dan 2 dalam facebook dan wa grup. Kami sudah akrab dan menyatu layaknya keluarga besar.

Awalnya, KPK batch 1 diadakan, masih ada peminat, lalu dilanjutkan lagi batch selanjutnya, terus sampai terakhir bulan lalu tidak terasa sudah mencapai batch 14 dan masih akan terus berlanjut ke batch 15 dan selanjutnya. Keren!
Grup Alumni KPK


6. KPK Sangat Disiplin dan Inovatif Dalam Membina Member Agar Semakin Bermanfaat


Komunitas ini bisa berkembang karena sangat konsisten dan disiplin dalam mengadakan berbagai macam challenge menulis berhadiah, antara lain challenge rutin mingguan, challenge suka-suka, challenge 30 days, challenge cerpen estafet, juga rutin mengadakan proyek mandiri nulis bareng cerpen dengan tema berdasar keinginan mayoritas member, bahkan pembuatan novel atau buku solo juga akan mendapat dukungan. Wow!

Contoh Challenge KPK

Nulis Bareng KPK

Unik kan, bahkan dari masalah hubungan dengan ibu mertua, kisah layangan putus, sampai kontroversi bubur aduk vs tak diaduk pun bisa menjadi tema tulisan KPK. Kreatif sekali!

Ada satu icon khas KPK yang menjadi reward bagi peserta yang berprestasi dalam challenge, mau tahu? Yup, sebuah bantal cantik KPK! Keren lho. Homemade pula, jadi desain bisa divariasikan sendiri. Pernak-pernik lainnya pun sudah bisa dibuat oleh member KPK juga. Yes, hebat kan?
Bantal KPK yang Iconic


7. KPK dan Kelas-Kelas Binaan Lanjutan yang Bermanfaat


Hebatnya lagi, KPK terbukti terus berkembang dan bahkan mempunyai 'saudara' komunitas yang berkaitan, dengan mentor dari KPK juga dan diselenggarakan secara bergantian dengan KPK, antara lain KPE (Kelas Pena Editor), KPR (Kelas Pena Realitas), KPA (Kelas Pena Anak), Kelas Speech Delay, Public Speaking, KBB (Kelas Belajar Blog), The Mentors, bahkan ada KFC (Kelas Foto Cantik) dan masih akan terus berkembang lagi sesuai kebutuhan, kemampuan dan aspirasi para membernya. Salut!
Kelas-kelas Lain di KPK



Demikianlah yang sudah ane ungkap di atas, 7 alasan mengapa KPK sangat inspiratif bagi penggiat literasi. Terbukti KPK atau Kelas Pena Kreatif sungguh berhasil menjadi panutan kita berdasar TASTETHELOCAL, atas keinginan membernya sehingga merupakan
INSPIRING COMMUNITY yang keren dalam hidup banyak anak muda pecinta dan penikmat literasi di Indonesia. Semoga selalu diberkahi. Aamiin.


Code :
TASTETHELOCAL,
INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT



UPDATE KPK TERKINI

Link : https://www.kaskus.co.id/show_post/5...7e9378165880f7

Sumber tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : KPK, pixabay, dokpri


Ngawi, 16 November 2019

Diubah oleh riwidy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embritz dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 09:53
Menginspirasi sekali😍
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 10:28
KPK gratis atau berbayar?
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 10:33
Waoww seru ya, boleh join nih, keren

Oh iya, apa gratis kah?
Diubah oleh S.e.m.e.d.i
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 10:44
Mantul ... Inspiratif banget
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 11:17
Ane pernah ditawarin masuk KPK.
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:09
anggota KPK?
profile-picture
riwidy memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:34
Quote:Original Posted By indahmami
Wahhh..
Keren banget..
emoticon-Matabelo


Xixixi ngumpulin badge doang masak keren
profile-picture
indahmami memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:36
Quote:Original Posted By haz0204
Menginspirasi sekali😍


Asyekkk, makasih emoticon-Shakehand2
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:37
Quote:Original Posted By noenlim
anggota KPK?


Iya dr batch 7 bulan feb maret 2019. Dr kpk bru msuk ke grup2 lainnya
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:38
Quote:Original Posted By anna1812
Ane pernah ditawarin masuk KPK.


Ow iya kah
Coba aja bgus kok. Bisa berkembang dsitu asal tekun n rajin bljr.
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:39
Quote:Original Posted By malaikatrindu
Mantul ... Inspiratif banget


Terimakasihhhhh. Ayo ikutan eventnya, berbatas kuotanya
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:40
Quote:Original Posted By S.e.m.e.d.i
Waoww seru ya, boleh join nih, keren

Oh iya, apa gratis kah?


Bolehhhhh. Klo preview nya grtis kelasnya bayar, ikut challenge grtis tapi ntr dpt hadiah ya grtis. Bisa ada kesempatan dpt job jg.
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:45
Quote:Original Posted By jnobasa
KPK gratis atau berbayar?


Berbayar. Pas kelas 7 hr doang. Preview nya yg grtis.Nanti msk klp alumni ya grtis trs.
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:47
Quote:Original Posted By triwinarti
moga" aja lolos pnyaku aja sminggu lbih dn tidak lolos
msak hbis kuota eventnya ya


Oh bisa sminggu lbih ya. Alamat jd kurang smangat ngetrit nih
Tapi gppa lah tdk lolos event pun klo lolos review msh bs dpt dr viewer ya
..

Banyak ide trit tapi aq kurang tenaga hahaha. Kdng capekkk bgt ma duta pdhl ga ngapa ngapain
profile-picture
triwinarti memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:49
Quote:Original Posted By lintangayudy
kereeen


Yg keren yg ht mulu hahahahaha tapi nganu mulu ga bosen? Ga ding ya koinnya enak. Ayo ajarin.
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:51
Quote:Original Posted By juneldi
No 4 kalimat terakhir itu ane banget, sis.

KPK udah membuka pintu untuk dunia baru yang dulunya hanya jadi sekedar impian bagi ane.

Sekarang ane jd profesi Layouter naskah, desainer cover buku, dsb. Tahun depan baru ane berani ambil kelas editornya, buat jalan jadi Editor.

Note:
Dua cover di atas itu bikinan ane lho
emoticon-Leh Uga


Eh cieee bangga lohhh dua buku jun yg desain sodara2 emoticon-Angel emoticon-Angel

Ditunggu next desain

Jd editor? Aq jg mau. Msh nunggu koin dr kaskus ahhh syedap hihi

Eh kok kita jd promo, hayo % nya jgn lupa wkwkwkw.
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:52
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Aku belum gabung di KPK nih.


Yuk mari dah lengkap beud ulasan ane... Bisa pm klo mau hahabaha eh emoticon-Leh Uga serius
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:54
Quote:Original Posted By darmawati040
dan senang rasanya jika karya kita bisa bersanding dgn karya temen temen lain yg dimuat dalam buku antologi


Seneng bgt dah. Dr kpk dah mau 4 buku
Yg 2 itu dah terbit ,yg 2 msh editing.
Dr kpk aja. Dr grup lain dah bbrp jg. Alhamdulillah
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:55
Quote:Original Posted By fitrijunita
numpang lewat lagi ah 😅🙈


Ayo lewat sini dapat berkah lo hahahaha. Eh. Ga byr ni. Ntr gantian main di sono. emoticon-Leh Uga
0 0
0
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!
19-11-2019 12:56
Quote:Original Posted By iissuwandi
Done🤩


Mksihhhhhh emoticon-#MAR16ERAK
0 0
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia