ahoy44
TS
ahoy44
Kenapa sih Kucing Doyan Banget Tidur?
Agan dan Sista yang pelihara kucing di rumah pasti tau deh kalo si meong kerjaannya molor mulu. Kalo kita biasanya cuma tidur siang selama beberapa menit, atau satu jam lah paling maksimal, si kucing bisa tidur siang sampe berjam-jam. Kenapa sih mereka suka banget tidur lama-lama?




Bukan, bukan karena  mereka males.  Ini nih alesannya, seperti dilansir dari Reader’s Digest :
 
Berapa lama kucing tidur dalam sehari?

Nggak ada jawaban pasti dari pertanyaan di atas. Namun, rata-rata seekor kucing bakal menghabiskan 12 hingga 15 jam setiap hari untuk tidur. Jumlah persisnya tergantung sama berbagai faktor. Kalau menurut PetMD ,sih, anak kucing dan kucing yang lebih tua akan tidur lebih lama dibanding dengan kucing dewasa. Tingkat keaktifan kucing juga berpengaruh. Semakin aktif si kucing, semakin banyak waktu tidur yang ia butuhkan.



Meski kebiasaan tidur ini merupakan hal yang wajar, kucing yang tidur lebih dari 15 jam sehari perlu diperhatiin nih, karena mungkin mereka tidur terus karena merasa bosan. Sama aja kaya kita yang tidur terus waktu weekend karena nggak diajak keluar. Kucing yang jam tidurnya berlebihan kaya gini mesti sering-sering kalian ajak main.
 

Apa kucing hewan nokturnal?

Meskipun kucing lebih banyak tidur di siang hari, kucing bukanlah hewan nokturnal, atau hewan yang aktif di malam hari. Melainkan, kucing merupakan hewan krepuskular, atau hewan yang aktif saat subuh atau senja.  Menurut Jodi Ziskin, pelatih hewan peliharaan dan Direktur Komunikasi dari Treatibles, kucing cenderung mengeluarkan banyak energi di jam-jam ini.  Nah, makanya, saat mereka tidur ,mereka sedang me-recharge tubuh mereka supaya mereka tetap aktif di jam subuh atau senja.

Jadi, bukannya karena males, ya, justru si kucing mau menyimpan energi supaya mereka bisa aktif.
 
Kenapa kucing banyak tidur di siang hari? Dan kenapa lama banget tidurnya?

Jam tidur kucing yang lebih banyak dilakukan di siang hari disebabkan oleh insting mereka untuk menghindari predator. Mereka punya naluri alamiah untuk berburu pada waktu subuh dan senja, dan bersembunyi dari predator pada waktu siang dan malam.



Terus, kenapa kucing lama banget tidurnya? Kita aja cuma butuh sekitar 8 jam untuk tidur yang puas.

Nah, meski kucing gampang banget untuk tertidur, karena insting di atas, indera mereka masih peka sama keadaan sekitar mereka. Mereka bisa langsung bereaksi kalau mendengar atau mencium sesuatu yang menarik.

Insting ini-lah yang membuat mereka cuma tidur nyenyak selama sekitar lima menit. Bisa dibilang, kucing itu kebanyakan cuma tidur-tidur ayam, Gan. Makanya, mereka butuh waktu sampai 15 jam buat mendapat tidur yang cukup.

Udah tau kan, kenapa kucing butuh waktu tidur yang lama? Makanya jangan ajak dia main terus, ya.



SUMBER
orgbekasi67tighanadrummerlina.wh
lina.wh dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.9K
33
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.