Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wismanganAvatar border
TS
wismangan
Sederet Prestasi DKI: Kota Ramah Anak hingga Pembenahan Transportasi
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih sederet penghargaan dari sejumlah lembaga hingga Kementerian. Penghargaan yang diraih DKI itu terkait berbagai bidang, mulai dari transportasi hingga soal ketenagakerjaan.

Pertama, DKI memperoleh predikat Kota Ramah Anak dari organisasi nirlaba internasional, Save the Children, pada 18 September 2019.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku berterima kasih atas penghargaan yang diberikan.

“Kami memang menginginkan agar Jakarta menjadi kota yang layak anak. Bila sebuah kota ramah pada anak, ramah pada lansia, ramah pada penyandang disabilitas, maka Insyaallah kota itu akan ramah pada semuanya," ujarnya.

Anies mengaku ingin mendorong adanya ekosistem kota yang ramah anak. Oleh sebab itu, ia berharap semua pihak ikut berusaha mewujudkan kota ramah anak, tak hanya Pemprov DKI saja.
Save the Children, organisasi yang memberi predikat Kota Ramah Anak kepada DKI Jakarta, menyebut, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk terima kasih pada Yayasan Sayangi Tunas Cilik. Yayasan tersebut merupakan mitra Save the Children yang terus berupaya memenuhi hak anak di Jakarta dan kota Bogor


Sederet Prestasi DKI: Kota Ramah Anak hingga Pembenahan Transportasi

Tema kegiatan berbunyi ‘Mewujudkan Jakarta sebagai Kota Layak Anak dan Kota Berketahanan’ bertujuan untuk menunjukkan penghargaan kami kepada para mitra terhadap upaya pemenuhan hak anak,” demikian pernyataan Save the Children.

Sederet Prestasi DKI: Kota Ramah Anak hingga Pembenahan Transportasi

Selain jadi Kota Ramah Anak, DKI Jakarta juga menerima empat penghargaan ketenagakerjaan dari Kementerian Ketenagakerjaan. Keempat penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Hanif Dhakiri selaku Menteri Ketenagakerjaan kepada Anies Baswedan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada 14 Oktober 2019.

Keempat penghargaan ini antara lain:

1. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik Kedua berdasarkan intensitas dan beban kerja urusan Pemerintah Daerah Bidang Ketenagakerjaan Kategori Sedang;
 
2. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Penduduk dan Tenaga Kerja;

3. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Kesempatan Kerja; 

4. Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Terbaik pada Indikator Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

"Indeks Ketenagakerjaan adalah alat ukur menilai kesuksesan kepemimpinan di daerah, bagaimana pimpinan daerah menyediakan lapangan kerja dan mengelola para tenaga kerja," kata Hanif di lokasi acara.

Usai menerima penghargaan, Anies mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja kerja keras Pemprov DKI, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).
"Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang telah bekerja keras membuat terobosan dan mencapai semua indikator utama dalam penghargaan ini," ujarnya.

Tak cuma itu saja, DKI Jakarta juga meraih penghargaan Honorable Mention, di ajang Sustainable Transport Award (STA) 2020 di Fortaleza, Brasil, Juni 2019. Penghargaan ini diberikan karena DKI Jakarta dianggap berhasil mengembangkan sistem Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta.

Pemprov DKI dinilai berhasil meningkatkan jumlah penumpang angkutan umum hingga 200 persen dalam waktu kurang dari tiga tahun. Jakarta masuk dalam nominasi bersama 12 kota lainnya.

Kota tersebut seperti Richmod (Amerika Serikat), San Jose (Costa Rica), Kingston (Kanada), Bogota (Kolombia), dan lain-lain. Selanjutnya, Jakarta masuk tahap semi final dan akhirnya meraih posisi tiga besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda).

Acara pemberian penghargaan akan berlangsung di Transport Research Board Annual Meeting di Washington DC, Amerika Serikat, pada Januari 2020.

"Anugerah Transportasi Berkelanjutan ini menunjukkan kemauan politik bahwa (pemerintah) kota menempatkan solusi jitu untuk memperbaiki lingkungan kota,” kata anggota Komite Sustainable Transport Award 2020, Aimee Ganthier.

Anies menyebut, prestasi ini bentuk pengakuan dari dunia internasional bahwa Jakarta serius mengelola transportasi umum.

"Keseriusan kita semua mendapatkan pengakuan dari lembaga kredibel tingkat dunia. Ini bukan lewat banyak-banyakan voting di social media, tapi pengakuan ini didapat dari ajang Sustainable Transport Award," kata Anies.


https://kumparan.com/kumparannews/se...si-1sGTIWGX1ze

bukan asumsi
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.2K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.