Lengky27Avatar border
TS
Lengky27
subliminal message dari sudut pandang gue
subliminal message adalah pesan tersembunyi yang diselipkan pada sebuah objek atau media tertentu yang kemudian dimanifestasikan menjadi sebuah propaganda politik atau iklan. yang bila mana terpapar maka dampak nya akan menimbulkan efek psikologis karena pesan ini memang dirancang untuk mempengaruhi alam bawah sadar dan pola pikir audiance.

dari segi teoritis, subliminal message berarti sinyal atau pesan yang digabungkan dengan objek lain, didesain sedimkian rupa untuk melewati batas normal persepsi kita.jika dilihat dari kecamata psikologi, pesan ini tidak dapat ditangkap oleh alam sadar kita tetapi dalam beberapa situasi dapat mempengaruhi alam bawah sadar atau alam terdalam kita untuk menciptakan sebuah aksi atau pada saat pertama kali melihatnya. pesan-pesan tersebut akan terekam di dalam otak kita dan akan bekerja seperti hipnotis, pengaruh yang ditimbulkan oleh pesan-pesan tersebut bisa berakibat positif maupun negatif tergantung pesan yang disembunyikan, baik itu bernada positif atau negatif. 


contoh,
dibulan lalu film joker garapan todd phillips ini sempat menjadi primadona di kancah perfilman dunia. film ini memperoleh U$$141 juta dari dari 22.552 layar di 73 negara. dengan pendapatan ini joker secara global mendulang U$$234 juta. film yang diwarnai decak kagum, sekaligus menjadi kontroversi ini ternyata memberikan efek psikologis kepada audiancenya. dampak yang paling mengerikan dapat memicu tigered atau 
audiance merasakan, setres atau depresi saat film ini berlangsung ya termasuk gue. emoticon-Takut

disilain ada scene dimana terjadi aksi teror dan kekacauan di Gotham city yang dalang nya merupakan joker itu sendiri. artinya film ini mengasosikan joker sebagai simbol sebuah revolusi diri atau gerakan tertentu. "melawan arus atau tertindas" itulah subliminal message yang disampaikan film ini. pesan semacan ini sebenarnya banyak ditemui di banyak film action atau horor lainnya, dan menjadi suatu ideologi bagi gerakan -- gerakan radikal. imbasnya terus menerus memakan korban jiwa,  jadi selama pesan ini ada, selama itu pula bendera perang terus dikibarkan.


Quote:




tukangsiomay17
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
1
3.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.