Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dceb8ca88b3cb75787dfde8/balada-rumah-mertua-2
Akhirnya kembali lagi setelah sekian lama vakum dulu. Sibuk urus anak. Thanks yg udah kasih masukan di cerita ane kemarin. Alhamdulillah ane sekarang kalo mandiin anak, jd ikutan mandi jg (untung anak cewek) :babygirl Jadi.. beberapa bulan lalu sempat terjadi hal yg sampe membuat ane hampir gila. Kejadiannya hari minggu, 8 september 2019. Awalnya habis maghrib msh kumpul di ruang keluarga bareng m
Lapor Hansip
15-11-2019 21:40

Balada Rumah Mertua (2)

Akhirnya kembali lagi setelah sekian lama vakum dulu. Sibuk urus anak.
Thanks yg udah kasih masukan di cerita ane kemarin. Alhamdulillah ane sekarang kalo mandiin anak, jd ikutan mandi jg (untung anak cewek) emoticon-Baby Girl

Jadi.. beberapa bulan lalu sempat terjadi hal yg sampe membuat ane hampir gila. Kejadiannya hari minggu, 8 september 2019. Awalnya habis maghrib msh kumpul di ruang keluarga bareng mertua, suami dan anak. Anak ane sambil main2 yg membuat kami terlihat begitu bahagia. Setelah sholat, mertua ada acara arisan RT. ane kebetulan ga datang krn harus suapin anak. Nah, arisannya di rumah tetangga yg orgnya akrab bgt sma mertua. Jadi, pas arisan selesai mereka msh kumpul2 deh tuh biasa nenek-nenek pd rumpi. Saat bersamaan, ane makan. anak digendong suami. Eh, anak jd pengen maen mulu (padahal udh malam jam setengah 9). Tapi malah sodara mertua ane sendiri yg nyuruh-nyuruh anak ane maen bahkan disamain sm anak orang yg masih maen malam-malam. Ditambah, dirumah sodara mertua ane itu ada ipar ane. Kebetulan emg anak ane gatau kenapa lengket bgt klo liat ipar ane (bude anak ane) itu melebihi orgtua kandungnya. Jadilah jerit-jerit anak ane disaat itu. Benar-benar membuat ane tambah pusing, anak disuruh tidur tp msh pengen main. Pas ane bawa ke kamar, karena jg sudah gak kuasa nahan sakit hati dan sakit kepala yg sekian tahun ane tahan. Lalu ane pukul lah itu tembok sekencengnya smpe jari-jari ane berdarah. semua barang ane buangin. sangkin setresnya gak kuat sm lingkungan rumah mertua. Suami ane panggil ke kamar, malah keluar lg manggil emaknya. Dan disitu ane curahkan segalanya kalo ane gk tahan tinggal di lingkungan seperti ini dgn org2 yg tdk menghargai ane sebagai seorang ibu. Jujur, memang ane selalu dianggap sepel sm seluruh org di lingkungan ini sejak ane nikah sma suami. saat nikah posisi msh kerja. resign pun setelah melahirkan dan anak usia 9 bulan.
disaat bersamaan pula, tetiba anak pun jd ikut nangis kejer saat di gendong mertua ane. Mungkin ngerasa kalo ibunya lg sedih. ane bener-bener merasa dikecewakan bgt.
Setelah itu, ane tlpn ibu kandung ane. lalu, ibu ane nyuruh utk ke rumah nya saja (kebetulan tdk jauh dri rmh mertua). Pasti nanya kan knp kok ga tinggal drmh ibu kandung ane sja? -ceritanya, pertama krn suami ane anak bontot. kedua, adik kandung ane kurang sreg sampe detik ini ane nikah sm suami ane. krn adik ane tau, model kya suami ane sbnernya bkn level ane. tpi knp ane pilih suami ane??? (ya entah, mgkin emang Allah takdirkan seperti ini jalannya).-
Oke, back lgi ke main cerita. Sampai ke rumah ibu kandung ane, disitu suami ane lgsung berlutut dan minta2 maaf ke ibu ane kalo selalu bikin ane nangis terus.. Sejujurnya ane g bgtu iba, karena buat apa berlutut kalo ga diubah sifat dan tingkah laku utk mengerti ane sebagai istri + seorang ibu. Suami ane pulang ke rmh emaknya. ane dan anak stay drmh ibu kandung ane selama 2 hari.
esoknya, suami seakan mau menyudahi hubungan pernikahan. Padahal hanya masalah sepele.
pasti bertanya kenapa gk ngontrak sja?
Aduh soal ini udah ane bahas dari dulu sebelum melahirkan.
dulu, pas hamil alasan suami .. nanti kalo tiba2 kamu lahiran siapa yg bantu bawa ke dokter.
Sekarang, udh punya anak.. uang kita kan pas-pasan. ditambah kamu udah resign, lalu kita pny cicilan rumah.
Iya emang kita sudah ambil rumah, tpi masih proses pembangunan dan belum serah-terima. jd blm bs ditempatin.

Ibu kandung sya selalu menyuruh sya utk sabar, terus sabar... tapi jujur, hati ini benar-benar teraniaya.
Bahkan sampai detik ini ane bikin tulisan ini, mertua ane masih bertingkah ga enakin.
Maghrib pun anak ane diajak keluar naek sepeda.. tpi lgsung ane blg dgn tegas, sudah maghrib knp bukan dari tadi.
Padahal dari tadi mertua diem aja leyeh-leyeh di ruang tivi.YaAllah......
bener-bener cobaan hidup ...

Sampe terkadang, kalo syaitan jahat lewat. ane disuruh mkir, knp sih milih ini orang. apa gue salah pilih suami. knp dlu ga sama yg itu, yg itu, yg itu ... *itu (ada tiga pilihan). lalu kebayang orgnya.
Astaghfirullah.. semoga tidak dosa.

just share aja ya gan, sis..

Kalau ada yg punya pengalaman seperti ane, boleh sharing jg dong. utk cari solusi or cerita2 aja. biar gak boring.
Nanti bs message, kalo mau sharing lbh lanjut kita ngobrol via wa..

Thankyou.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Balada Rumah Mertua (2)
15-11-2019 22:30
turut berduka atas konflik yg sis alami. yg namanya ikut tinggal sm orang psti akan ada clashnya. jalan satu2nya utk hidup damai ya cuma angkat kaki dr rumah mertua. selama blm ada rumah sendiri yg bs dtempati dan uang masih pas2an, sis tinggal di rumah ortu kandung aja dulu. ato sis bisa titip anak sis utk sementara sm ibu kandung, sis cari kerja buat nambah2in uang biar bs ngontrak.
jgn lg menyesali knp dulu milih suami, knp ga yg lain. ingat yg baik2nya ttg dia. gitu2 dia pilihan kamu yg udah direstui sm Tuhan.
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 01:40
hmmmm

namanya nikah emg byk ujiam.sis.ane lagi ngalamin sama sis berantem ma kak ipar ade ipar ampe dblokir nomor ane mertua ane si engga. mnding emg pisah si sis.

emg gtu pasti ada senggolan. kalau udh pisah ada senggolan, seenggaky bisa bodo amat sis. kalau satu rmh serba salah.


sis kerja aja lagi, anak dititip mamah kandung. emg mnding krja sis jadi pnya uang sndri gk usah trllu ngemis ma org, maaf bukan ngatain krg ajar. trkdg kita istri suka diremehin. kalau diem drmh. hmmm pdahl drmh.
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 01:51
Ngekos/ngontrak aja sist.. daripada tersiksa

Mungkin mertuanya sedang caper karena pas waktunya bersepeda ke tetangga/cari muka eh neneknya baik emoticon-Ngakak
Diubah oleh monkeydfarly
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 03:19
Masya Alloh sampe segitunya..stress gitu kok tanggapan suaminya kayak gitu.

Klo sekarang gimana ya? udah aman blm?
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 03:55
Quote:Original Posted By sunshineyellow
Akhirnya kembali lagi setelah sekian lama vakum dulu. Sibuk urus anak.
Thanks yg udah kasih masukan di cerita ane kemarin. Alhamdulillah ane sekarang kalo mandiin anak, jd ikutan mandi jg (untung anak cewek) emoticon-Baby Girl

Jadi.. beberapa bulan lalu sempat terjadi hal yg sampe membuat ane hampir gila. Kejadiannya hari minggu, 8 september 2019. Awalnya habis maghrib msh kumpul di ruang keluarga bareng mertua, suami dan anak. Anak ane sambil main2 yg membuat kami terlihat begitu bahagia. Setelah sholat, mertua ada acara arisan RT. ane kebetulan ga datang krn harus suapin anak. Nah, arisannya di rumah tetangga yg orgnya akrab bgt sma mertua. Jadi, pas arisan selesai mereka msh kumpul2 deh tuh biasa nenek-nenek pd rumpi. Saat bersamaan, ane makan. anak digendong suami. Eh, anak jd pengen maen mulu (padahal udh malam jam setengah 9). Tapi malah sodara mertua ane sendiri yg nyuruh-nyuruh anak ane maen bahkan disamain sm anak orang yg masih maen malam-malam. Ditambah, dirumah sodara mertua ane itu ada ipar ane. Kebetulan emg anak ane gatau kenapa lengket bgt klo liat ipar ane (bude anak ane) itu melebihi orgtua kandungnya. Jadilah jerit-jerit anak ane disaat itu. Benar-benar membuat ane tambah pusing, anak disuruh tidur tp msh pengen main. Pas ane bawa ke kamar, karena jg sudah gak kuasa nahan sakit hati dan sakit kepala yg sekian tahun ane tahan. Lalu ane pukul lah itu tembok sekencengnya smpe jari-jari ane berdarah. semua barang ane buangin. sangkin setresnya gak kuat sm lingkungan rumah mertua. Suami ane panggil ke kamar, malah keluar lg manggil emaknya. Dan disitu ane curahkan segalanya kalo ane gk tahan tinggal di lingkungan seperti ini dgn org2 yg tdk menghargai ane sebagai seorang ibu. Jujur, memang ane selalu dianggap sepel sm seluruh org di lingkungan ini sejak ane nikah sma suami. saat nikah posisi msh kerja. resign pun setelah melahirkan dan anak usia 9 bulan.
disaat bersamaan pula, tetiba anak pun jd ikut nangis kejer saat di gendong mertua ane. Mungkin ngerasa kalo ibunya lg sedih. ane bener-bener merasa dikecewakan bgt.
Setelah itu, ane tlpn ibu kandung ane. lalu, ibu ane nyuruh utk ke rumah nya saja (kebetulan tdk jauh dri rmh mertua). Pasti nanya kan knp kok ga tinggal drmh ibu kandung ane sja? -ceritanya, pertama krn suami ane anak bontot. kedua, adik kandung ane kurang sreg sampe detik ini ane nikah sm suami ane. krn adik ane tau, model kya suami ane sbnernya bkn level ane. tpi knp ane pilih suami ane??? (ya entah, mgkin emang Allah takdirkan seperti ini jalannya).-
Oke, back lgi ke main cerita. Sampai ke rumah ibu kandung ane, disitu suami ane lgsung berlutut dan minta2 maaf ke ibu ane kalo selalu bikin ane nangis terus.. Sejujurnya ane g bgtu iba, karena buat apa berlutut kalo ga diubah sifat dan tingkah laku utk mengerti ane sebagai istri + seorang ibu. Suami ane pulang ke rmh emaknya. ane dan anak stay drmh ibu kandung ane selama 2 hari.
esoknya, suami seakan mau menyudahi hubungan pernikahan. Padahal hanya masalah sepele.
pasti bertanya kenapa gk ngontrak sja?
Aduh soal ini udah ane bahas dari dulu sebelum melahirkan.
dulu, pas hamil alasan suami .. nanti kalo tiba2 kamu lahiran siapa yg bantu bawa ke dokter.
Sekarang, udh punya anak.. uang kita kan pas-pasan. ditambah kamu udah resign, lalu kita pny cicilan rumah.
Iya emang kita sudah ambil rumah, tpi masih proses pembangunan dan belum serah-terima. jd blm bs ditempatin.

Ibu kandung sya selalu menyuruh sya utk sabar, terus sabar... tapi jujur, hati ini benar-benar teraniaya.
Bahkan sampai detik ini ane bikin tulisan ini, mertua ane masih bertingkah ga enakin.
Maghrib pun anak ane diajak keluar naek sepeda.. tpi lgsung ane blg dgn tegas, sudah maghrib knp bukan dari tadi.
Padahal dari tadi mertua diem aja leyeh-leyeh di ruang tivi.YaAllah......
bener-bener cobaan hidup ...

Sampe terkadang, kalo syaitan jahat lewat. ane disuruh mkir, knp sih milih ini orang. apa gue salah pilih suami. knp dlu ga sama yg itu, yg itu, yg itu ... *itu (ada tiga pilihan). lalu kebayang orgnya.
Astaghfirullah.. semoga tidak dosa.

just share aja ya gan, sis..

Kalau ada yg punya pengalaman seperti ane, boleh sharing jg dong. utk cari solusi or cerita2 aja. biar gak boring.
Nanti bs message, kalo mau sharing lbh lanjut kita ngobrol via wa..

Thankyou.


Ini sekarang balik lagi tinggal di rumah mertua apa masih di ortumu? Rumahmu jadinya berapa lama lagi?

Emang betul salah pilih suami sih. Suami macam apa yg udah istri setres sampe nonjok tembok tangan bedarah2 masih nggak mau juga tinggal misah cuma gara2 uang, duh, mau tunggu apa lagi?

Duit kurang ya cari lah. Kan kalian sama2 sehat badan dan nggak cacat mental.

Saranku sih sementara rumah belum jadi, kalau suami kekeh nggak mau ngontrak, mending kamu sama anak tinggal aja di rumah ortumu. Daripada kamu jadi setres terus melakukan hal2 yg lebih parah kayak di berita2? Kalau udah begitu mana ada yg nyalahin suami, semua akan nyalahin kamu sebagai cewe kurang bersyukur, kurang sabar, dll.

Keluarga suamimu nggak akan berubah, karena mereka ngerasa nggak salah, kamu yg terlalu lebay, orang cuma anak di ajak main/jalan aja sampe ngamuk2.

Kalau kamu masih lemah juga dan tetap ikut suami tinggal di rumah mertua, mending standard ngurus anakmu dilupain aja semua, ikutin aja semua yg mertua mau, yg penting anak nggak mati, udah gitu aja. Nanti abis pindah rumah nggak usah lagi berhubungan sering2 sama mereka, cukup datang seminggu sekali aja sejam gitu. Daripada kayak sekarang setres, jangan2 rumah belum jadi kamu udah lebih parah, bukan cuma tembok yg ditonjok.
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 04:30
Latar belakang demografis Suami ente kek gimana sis,,, kelakuannya gitu amat emoticon-Ngakak (S)

Toxic parents are more dangerous than absent parents.

Ingat, energi negatif dari perselisihan anggota keluarga bakal numpuk dirumah dan diserap juga oleh anak. Anak sering liat orang tua pada bernyem gak usah aneh bgitu anak remaja keluannya aneh-aneh. emoticon-Sorry
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 05:44
Kenapa Ibu suami selalu crash ma mantu cewenya ye. Emang perlu treatment lebih dri si suami
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 06:01
jika belum mampu berumah tangga secara ekonomi lebih baik ngga usah, hidupmu adalah hasil rencanamu
profile-picture
pjhpjh memberi reputasi
1 0
1
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 19:52
jalan keluar satu satunya keknya emg kudu misah dr mertua sis. mertua kaya gitu kayaknya emg demen ngisengin dan seneng liat sis kayak gitu.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Balada Rumah Mertua (2)
16-11-2019 23:46
Dalam sebuah pernikahan, gak selalu suami yang salah istri yang benar. Gak selalu harus istri yang dimengerti suami, istri juga harus mengerti suami.

Suami yang pantas diceraikan adalah suami yang gak kasih nafkah. Jika suami sudah menghidupi istri anak, kerja diluar capek pulang kerumah istri cemberut marah marah harus dituruti keinginannya, sangat pantas istri begitu diceraikan.

Ts kamu psikologis nya gak beres, ada anak di dalam kamar kamu malah mempertontonkan kekerasan. Kamu juga tukang atur yang berlebihan, benar itu anak kamu, tapi itu cucu mertua kamu, gak mungkin mertua kamu membahayakan anak kamu. Ini hanya perbedaan pola pikir + pola asuh, tapi kamu tipe yang emosian, egois, semua harus sesuai keinginan kamu.

Setelah menikah tidak bisa lagi seperti itu. Kamu harus belajar untuk mengerti orang lain, mengontrol amarah dan keegoisan kamu, kecenderungan kamu yang merusak, cara bersosialisasi dengan orang lain dan bertenggang rasa dengan orang.

Kalau kamu sayang anak kamu, cerai saja. Serahkan anak ke suami. Anak belajar dari orang tuanya. Jika anak dibesarkan kamu, dia akan tumbuh dengan sifat kamu yang tidak bisa bersosialisasi dengan orang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kushina99 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Balada Rumah Mertua (2)
17-11-2019 02:23
tinggal di ortu sis aja. tapi tetap ya namanya numpang sm mertua/ortu mereka akan ikut campur soal cucunya walau itu ortu kandung km sndr, tp mungkin ga separah mertua. pengalamanku gitu.
klo mau 100% sesuai maumu ya harus dirumah sndr. klo ga memungkinkan ya terima aja konsekuensi dr pilihan yg ada..
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
17-11-2019 10:20
elu perduli ama harga diri elu

ato

anak elu sis


itu aja dulu


seorang ibu yang asli tidak akan keberatan difitnah nasbung gk sayang anak

selama sang ibu tetap menyayangi anaknya


kalo ane lihat

ente lebih khawatir ke harga diri ente



terbukti dengan kata kata ente

"kalo ane gk tahan tinggal di lingkungan seperti ini dgn org2 yg tdk menghargai ane sebagai seorang ibu"


seorang ibu kewajibanya mengurus anak agar tetap sehat , sukses


bandingkan diri sista

ama perempuan yang ditinggal hamil ama pacar

mereka lebih sakit lagi
karena mereka tidak dianggap ibu tapi babysitter lonte


itu aja saran ane sis
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
17-11-2019 10:42
Kayaknya pengalaman keluarga ente
persis ama yang gue alamin
Cuma bedanya gue laki

Pas anak lahiran, rumah juga belom jadi
Gue, bini dan anak tinggal di rumah nyokap

Namanya tinggal ama mertua,
Binik suka ngeluh mengenai nyokap
Dan nyokap suka ngeluh mengenai binik
(masalah kecil jadi besar)

Akhirnya belom ampe sebulan
Gue putusin ngekost yang deket rumah kita
Alasannya biar bisa sambil ngawasin
rumah yang lagi dibangun

Setelah rumah jadi,
Baru tinggal di itu rumah

Emang lebih enak tinggal di rumah
tanpa campur tangan mertua atau orangtua
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Balada Rumah Mertua (2)
17-11-2019 18:53
Kisahnya sama seperti adik saya, solusinya sis hrs bs rubah kemauan suami agar pisah rumah dari mertua, tapi ya sulit, keadaan adik saya smpai skrg jg msh suka ribut2, suami nya ga mau pisah ama ortu nya, yg kasian ya istri nya...
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
19-11-2019 20:03
Satu kapal 2 Nakhoda...
Emang repot lah..

Segera ambil sekoci dulu....
Sebelum punya kapal sendiri....
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Balada Rumah Mertua (2)
26-11-2019 12:00
sissss, duh ini yang aku takutin kalo pindah ke mertuaaa.

bentar lg suami dipindah ke kota mertua karna urusan kerjaan utk waktu 1-3 thn. Sbnrnya disana kami punya rmh, tp udah terlabjur dikontrakkan, dan suami pengennya kami tinggal di mertua 😭

dari awal aku udah ngebayangin pasti bakal ada drama kayak sis ini. ga kuat dan ga sanggup aku sis kayanya. sejak lahiran aku resign urus anak sendiri, aku buat rule sendiri buat anakku dan aku bisa stress berat kalo ada yang ganggu jadwal dan rule yang ane buat utk anak ane.

sis udh brp lama tinggal di mertua? ga pgn kerja lg aja?
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
27-11-2019 15:20
kasus yg dibuat sama diri sendiri, ampe detik ini gw masih bingung knp masih ada keluarga ....keluarga lohh ya sendiri yg masih nempel sama keluarga orang, dimana2 ya mana ada ratu di 1 istana, itu situasi penyakit yg dibuat sendiri, apel agi ente kayaknya tipe ibu rumah tangga yg apa segala diatur detail remah remahan krupuk kaya anak harus tidur jem sgini sgini, ane aja ama bini seumur idup ga pernah atur anak ane mo tidur jem brp kek mo maen kapan kek suka2 die namanya juga anak anak, ibu rumah tangga ribet ketemu mertua rumah tangga juga ya ancur dunia kwkwkw klop banget tinggal satu rumah.. urusan aturan anak remah2 yg bikin diri sendiri yg makin tertekan ....repot orang kaya gini campur tinggal di rumah orang
Diubah oleh anthraxxx
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
05-12-2019 20:00
emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh sunshineyellow
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
05-12-2019 20:06
Quote:Original Posted By mintcandy12
hmmmm

namanya nikah emg byk ujiam.sis.ane lagi ngalamin sama sis berantem ma kak ipar ade ipar ampe dblokir nomor ane mertua ane si engga. mnding emg pisah si sis.

emg gtu pasti ada senggolan. kalau udh pisah ada senggolan, seenggaky bisa bodo amat sis. kalau satu rmh serba salah.


sis kerja aja lagi, anak dititip mamah kandung. emg mnding krja sis jadi pnya uang sndri gk usah trllu ngemis ma org, maaf bukan ngatain krg ajar. trkdg kita istri suka diremehin. kalau diem drmh. hmmm pdahl drmh.


iya betul emg banyak aja ujiannya ketika sdh nikah ya. aduh berantem knp sis klo blh tau?

betul memang lbh enak pisah dri ortu kandung / mertua. malah klo tinggal drmh ortu kandungku lbh repot, krn emg mamaku orgnya suka ngatur2 haha.
doakan sja ya sis semoga ane segera nempatin rumah baru. emoticon-Betty
0 0
0
Balada Rumah Mertua (2)
05-12-2019 20:07
Quote:Original Posted By daisy90
turut berduka atas konflik yg sis alami. yg namanya ikut tinggal sm orang psti akan ada clashnya. jalan satu2nya utk hidup damai ya cuma angkat kaki dr rumah mertua. selama blm ada rumah sendiri yg bs dtempati dan uang masih pas2an, sis tinggal di rumah ortu kandung aja dulu. ato sis bisa titip anak sis utk sementara sm ibu kandung, sis cari kerja buat nambah2in uang biar bs ngontrak.
jgn lg menyesali knp dulu milih suami, knp ga yg lain. ingat yg baik2nya ttg dia. gitu2 dia pilihan kamu yg udah direstui sm Tuhan.


Makasih sis.. memang berat kalo msh numpang, mau drmh ortu sndiri apalg di rumah mertua. yg jdi masalah lgi, adek kandung ane (posisi msh tinggal drmh ortua kandung ane) doi suka uring2an. khawatir kalo titip anak ksna. iya,dosa ya kalo blg nyesel milih suami. yaampun emoticon-Frown emg kdg tuh syaitan byk dipikiran, jahat bgt jdi smpe mkir kya nyesel. makasih banyak sis. semoga selalu bahagia ya sis emoticon-Kiss
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia