• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gokil! Pria Ini Membuat Jam Tangan Dari Jamur, Gatel-gatel Gak Ya?

dompetjadipeci
TS
dompetjadipeci
Gokil! Pria Ini Membuat Jam Tangan Dari Jamur, Gatel-gatel Gak Ya?
Quote:


Semua organisme yang diciptakan tuhan pasti mempunyai manfaat. Tanpa disadari, organisme dekomposer yang tugasnya mendegradasi sampah-sampah organik ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan produk bernilai jual tinggi.

Jamur yang selama ini pemanfaatannya sedikit terutama jamur-jamur non edible (tidak bisa dimakan) akhirnya mulai menemukan masa keemasannya. Jamur-jamur non edible tersebut mulai ditemukan cara pengolahannya supaya bisa dijadikan bahan pembuatan aksesoris menarik.

Nah pada inovasi kali ini seorang pengusaha jam dari Indonesia berhasil menemukan cara pengolahan jamur-jamur non edible tersebut untuk diekstraksi kandungannya kemudian dikultur dan di manfaatkan menjadi lapisan pembuat kulit pada jam tangan. Penasaran bagaimanakah usaha yang dilakukan dalam memanfaatkan jamur menjadi jam tangan, yuk check thread berikut!

Quote:


Pria bernama Erlambang Ajidarma dari Indonesa berhasil menemukan cara pengolahan jamur untuk dijadikan bahan pembuatan jam tangan. Ia memulainya lewat perusahaan yang ia dirikan bernama Mycotech yang berdedikasi dibidang pemanfaatan jamur untuk dijadikan benda-benda bernilai jual tinggi. Memang sekilas tampak agak mustahil untuk membuat jamur menjadi gelang jam tangan namun dengan ketekunan dan kerja keras yang dilakukan pria ini akhirnya ide tersebut benar-benar terwujud.

Quote:


Tidak hanya jam tangan yang berhasil dikembangkan dengan pemanfaatan jamur ini, berbagai model hiasan rumah juga diproduksi dengan pemanfaatan jamur ini. Ketika Erlambang Ajidarma selaku pendiri perusahaan ditanya apa motivasi membuat jam tangan dengan jamur ini justru ia menjawabnya karena terinspirasi dari pembuatan makanan tradisional khas indonesia yakni tempe. Ia pun mengungkapkan bahwa usaha ini akhirnya berhasil setelah melakukan banyak riset sejak 2016 lalu. Wah cukup panjang juga ya R&D (Research and Development) yang dilakukan untuk menemukan cara pengolahan jamur tersebut.

Quote:


Bahan pembuatan jam ini berasal dari miselium jamur yang terbukti kokoh dan waterproof serta dalam pembuatannya sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon seperti jam-jam tangan sintesis lainnya. Selain itu tidak mengancam keberadaan hewan-hewan liar. Cara pembuatannya juga cukup unik yaitu jamur dikultur pada media serpihan kayu bekas gergaji mesin. Dalam kultivasinya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Kultur jamur harus benar-benar terkontrol agar media tidak terkontaminasi jamur-jamur kontaminan lainnya.

Quote:


Maka dari itu prosesnya terbilang sulit dilakukan. Namun ketika miselium sudah terbentuk sempurna dan jamur sudah masuk ke fase degradasi, miselium jamur bisa dipanen karena miselium sudah menjadi kokoh dan bisa diolah menjadi bahan pembuat aksesoris-aksesoris yang mempunyai sifat seperti kulit hewan. Proses pembuatan tidak sampai disitu saja, untuk pewarnaan kulit jam tangan digunakan bahan-bahan alami dari daun, akar, dan sisa-sisa bahan makanan.

Quote:


Kini jam dari kulit jamur ini sudah diproduksi secara massal dan menargetkan pasar eropa untuk penjualannya. Untuk harga, Mycotech watch dijual oleh Perusahaan Pala Nusantara mulai dari Rp900.000,- hingga Rp1.400.000,- atau kalau dijual diluar negeri seharga $64 hingga $93. Cukup terjangkau ya untuk sebuah jam tangan dengan proses pembuatan serumit ini. Intinya, jadi bangga deh ternyata ada Inovator dari Indonesia yang mampu menunjukkan dunia bahwa kita juga mampu berinovasi, salut deh sama pendiri Mycotech ini!


Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci 16-11-2019 03:28
sebelahblog4iinchtien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
9.2K
163
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread81KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.