Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling

bukahatimuAvatar border
TS
bukahatimu
Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
Alia-“SSSniperWolf”-Shelesh (quirkybyte.com)


Tak dipungkiri, profesi youtuber di kalangan milenial semakin diminati. Gimana enggak, gak perlu pusing ngapalin rumus kalkulus, atau harus pagi-pagi buta berdesakan di bus kota. Eh, bus kota masih ada gak sih? Masih lah.... Meski sebagian besar, khususnya di Jakarta, sudah mulai tergantikan dengan TransJakarta. Tajir dan terkenal. Mungkin itu 2 kata yang kayaknya pas kalau ditanya apa tujuan jadi youtuber.

Dan apa yang bikin banyak yang jajal bikin channel youtube? Karena bisa dibikin dengan handphone. Yups, benar sekali!

Namun demikian, meski diawal terkesan bisa running dengan modal apa adanya kita (maksud saya apa yang kita punya ya itu yang kita gunakan, adanya handphone ya handphone aja), namun supaya usahamu gak sia-sia, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

emoticon-Hot News


#1
Konsep/Content


Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
5 Jenis Video YouTube 2018 yang Laris Ditonton (detik.com)


Sebelum bikin channel youtube, kamu harus pikirin dulu mau diisi apa? Game kah? Standup Comedy? Cullinary? Prank? Bagi-bagi duit? Ngobrol gak jelas? Monolog sampah? Vlog?

Perlu diperhatikan:
  • Pilih sesuatu yang kamu banget. Kalau kamu pecinta otomotif, silakan berisi modif kendaraan, atau tips-tips knalpot yang suaranya mirip abang jualan makanan. Jangan memaksakan diri. Udah tau gak bisa berenang, ya jangan bikin content tutorial cara berenang!
  • Pilih yang lagi hype pokoknya. Supaya mendatangkan viewers dan subscriber. Misal kemaren saat ada artis yang gak bisa buka salak viral, langung bermunculan tutorial cara mengupas salah. Receh sih, tapi banyak mendatangkan viewers.

    Kalau yang baru-baru sih paling tutorial joget koplo. Ini gegara ada cewek joget koplo yang viral. Cuma contoh ya...

  • Tidak melanggar hukum. Jangan bikin content isinya tips nyolong duit emak. Jangan, itu udah kriminal, bisa kualat, dan risiko dicoret namamu dari KK dan list warisan!
  • Tidak bertentangan dengan norma kesusilaan. Jangan isinya tips ngerayu pacar untuk wikwik. Meski saya juga mau tau apa tipsnya, tapi jelas itu gak etis.
  • Jangan content yang cuma bisa terjadi sekali. Misal tutorial bunuh diri. Saat tutorial kamu sukses, video kamu bisa jadi pertama dan terakhir emoticon-Big Grin
  • Jangan comot video orang!

emoticon-Hot News


#2
Mau Pake Nama Apa?


Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
Kimi Hime (twitter.com)


Kamu mau pake nama apa? Nama asli? Nama panggilan? Nama alias? Nama brand? Atau nama janda komplek sebelah?

Silakan pake nama asli. Baim Wong, Raditya Dika, Arief Muhammad, dan tentu saja Atta Halilintar, adalah contoh youtuber yang menggunakan nama asli mereka. Tapi kalau nama kamu ejannya ribet macam Hgdyhgeewiacbgwpoiayhekyskegaqlksdhwgwgw ya sebaiknya jangan maksa.

Pake nama panggilan juga silakan. Youtuber yang pake nama panggilan misalnya: Ria Ricis (nama aslinya Ria Yunita), Deddy Corbuzier (nama aslinya Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo), Zara Cute (nama aslinya Zara Nugroho), dan favorit saya dan jutaan pria lainnya tentu saja Kimi Hime yang memiliki nama asli Kimberly Khoe.

Pake nama alias yang unik juga bisa jadi pilihan. Sebelum 'pede' pake nama asli, Arief Muhammad sebelumnya pake nama Poconggg.

MiawAug. Ini adalah nama alias Reggy Prabowo. Saya yakin banyak yang gak kenal siapa Reggy Prabowo. Beda dengan nama MiawAug, para maniac game saya rasa kenal dengannya.

PewDiePie. Bacanya gimana ya? Piyu-Dai-Pai? Apa dibaca normal PewDiePie? Ah sudahlah.

PewDiePie adalah youtuber ngetop asal Swedia. Nama aslinya adalah Felix Kjellberg. Nama aslinya malah lebih gampang disebutnya.

Intinya sih, kalau nama alias kamu agak-agak cabul, mendingan jangan sih. Daripada disemprit KPAI haha. Dan jangan nekad juga pake nama yang udah famous, misal: Raisa Andriana, atau Isyana Sarasvati.

Saran saya sih, pilih nama yang di Gmail dan Instagram masih available. Loh, kok Instagram segala? IG dan youtube keduanya saling melengkapi. Kalau nama IG dan nama Youtube samaan kan gampang.

emoticon-Hot News


#3
Registrasi Gmail


Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
Gmail (wikipedia.org)


Youtube kan punyanya google. Jadi meski daftar gmail. Usahakan email gmail ini khusus untuk mengelola channel youtube, dan daftar social media lain saja. Jangan dipake untuk yang lain. Biar gak campur aduk.

Dalam memilih username gmail, usahakan juga sama dengan nama yang mau kita gunakan di Channel Youtube. Jadi misalnya mau pake nama "PraTeMi"(singkatan dari Perawan Terakhir di Bumi), usahakan gmailnya adalah: "pratemi@gmail.com". Username IG nya @pratemi supaya bisa diakses di url instagram.com/pratemi. Nah, nanti channel youtubenya kalau udah 100 subs kemungkinan besar bisa klaim url "youtube.com/pratemi.

Kalau mau afdol sekalian twitter dan fb nya. Jadi twitternya: "twitter.com/pratemi". Fb-nya juga "facebook.com/pratemi".

emoticon-Hot News


#4
Bikin Video untuk yang Pertama Kalinya


Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
OPPO Reno2 (iSpyPrice.com)


Kalau udah daftar gmail, otomatis kamu udah punya youtube channel. Tapi memang belum ada videonya. Nah, itu yang harus kamu lakukan sekarang.

Sesuai dengan judul, kamu bisa pake handphone untuk bikin video. Saya menyarankan OPPO Reno2. Karena sesuai dengan tagline dari OPPO sendiri 'Saatnya jadi Storygrapher', spec hp ini memang menonjolkan dari sisi kameranya. Jadi pas banget kalau kamu mau memulai profesi youtuber dan berbekal handphone.

Terdapat tidak hanya 1 kamera utama di bagian punggung OPPO Reno2. Tidak juga cuma 2 atau 3. Tapi 4 kamera! Mantul kan?

Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
OPPO Reno2 (grid.id)


Kamera 1: Kamera Wide 48 MP (Sony IMX 586 dengan F/1.7)
Kamera 2: Kamera Telephoto 13 MP (dengan F/2.4)
Kamera 3: Kamera Ultrawide 8 MP
Kamera 4: Kamera Monokrom 2 MP untuk efek portrait.

Kamera depan atau kamera selfie OPPO Reno2 gak kalah gahar. Yakni 16 MP dengan mengusung pop-up Pivot Rising Camera yang mirip dengan sirip ikan hiu.

Fitur kamera pada OPPO Reno2 dibekali dengan berbagai pilihan fitur, antara lain 5x Hybrid Zoom, Ultra Dark Mode, hingga Ultra Steady Video yang mengandalkan sesor OIS dan EIS secara bersamaan, agar video yang kita buat tetap stabil.

Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
OPPO Reno2 (harveynorman.co.nz)


Layarnya sangat jernih karena berpanel AMOLED dengan ukuran yang cukup lebar untuk merekam video yakni 6.53 inci. Dan kamu gak perlu dikit-dikit ngecas saat lagi ngambil video, karena batterynya cukup besar kapasitasnya yakni 4,000 mAh, dan sudah dibekali dengan fast charging VOOC 3.0 20W).

Jeroan OPPO Reno2 cukup mumpuni, karena sudah menggunakan Chipset Snapdragon 730G, dengan RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan internal 256 GB.

emoticon-Hot News


#5
Konsisten


Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
OPPO Reno2 (dailysocial.id)


Belajar lah konsisten. Misalnya kamu bikin video dengan OPPO Reno2 dan upload setiap hari Senin. Lakukanlah dengan konsisten. Agar para subscriber tau kamu update setiap hari Senin. Jangan lupa juga promote di account socmed kamu.

emoticon-Hot News


#6
Claim URL


Apa itu claim URL? Alamat URL yang gampang diingat atau sesuai dengan nama channel kamu. Nama channel youtube itu secara default panjang dan ribet. Gak mungkin diapal sama cicitnya Einstein sekalipun! Jadi perlu claim URL kamu. Jadi misal sesuai contoh di atas, maka channel kamu akan bisa diakses di 'youtube.com/pratemi'.

Syaratnya apa untuk claim URL?
1. Gunakan foto profile (foto icon channel). Langsung dah. Abis bikin channel buru-buru upload foto untuk profile kamu.
2. Ganti header. Pilih foto dengan ukuran sesuai yang disarankan. Kalau mau gampang sih dari laptop atau PC.
3. Minimal 100 subscribe.
Dulu sih gak harus 100 subscribe juga bisa claim URL. Sekarang minimal 100 subscribe. Gak menutup kemungkinan ke depan bisa lebih dari itu. Mumpung masih cuma 100, buruan lah bikin channel youtube dari sekarang.

Untuk dapetin 100 subscribe gimana? Rutin upload dan sering-sering promo. Kalau perlu minta bantuan youtuber atau selebgram yang udah ngetop duluan. Cara cepat hehe. Nah, sambil nunggu bisa claim URL, gapapa alamat youtube kamu dipersingkat dengan link shortner seperti bitly.com atau tiny.url. Misal, sementara bisa diakses di 'bit.ly/pratemi'.

4. Berusia minimal 30 hari.

Untuk lebih jelas tentang claim URL youtube channel, silakan klik di sini.

emoticon-Hot News


#7
Lakukan SEKARANG!


Tips Bikin Channel Youtube Modal Handphone. No. 2 Bikin Mata Susah Berpaling
10 Penyebab kenapa cewek yang udah jadi mantan malah tambah cantik (brilio.net)


Jangan suka menunda. Segera bikin channel youtube kamu sendiri. Dan ngingetin kembali, supaya videonya nampak keren, rekam video youtube kamu dengan OPPO Reno2.

Selamat mencoba...
Diubah oleh bukahatimu 13-11-2019 14:49
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
1.5K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.