Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cunhidaAvatar border
TS
cunhida
Membentuk Diri Agar Bermental Kaya Bersama Laskar Sedekah


sumber : di sini

Berkomunitas bisa membuat kita lebih peka dalam menjalani kehidupan sosial dan pergaulan. Lewat komunitas kita juga dapat menjadi manusia yang berguna dan salah satunya adalah dengan mengikuti komunitas yang bergerak dalam bidang sosial. Kali ini di ajang menulis yang diadakan MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT, ane mau berbagi tentang salah satu INSPIRING COMMUNITY yaitu Laskar Sedekah yang pantas menjadi salah satu TASTETHELOCAL. 

Laskar Sedekah ini adalah sekumpulan para pemuda yang giat melakukan berbagai kegiatan sosial sebagai penyalur sedekah secara sukarela. Ada banyak program yang mereka miliki dan komunitas ini sudah ada di banyak kota. Awalnya komunitas ini dirintis di Yogyakarta oleh Ma'ruf Fahrudindan teman-temannya. Seiring berjalannya waktu anggota komunitas ini semakin bertambah dan banyak donator yang membantu dalam mewujudkan setiap programnya. Beberapa kegiatan yang dilakukan komunitas ini adalah sebagai berikut ini :
1.     Bebrayat

sumber : di sini
Bebrayat ini adalah singkatan dari (Belanja bareng anak yatim). Dalam program ini, para pengurus Laskar Sedekah mengajak anak-anak yatim yang sudah didata untuk diajak berbelanja kebutuhan sekolahnya. Mereka diajak ke toko untuk memilih sendiri apa saja yang dibutuhkan seperti sepatu, seragam, alat tulis, tas dan lain sebagainya. Disini terlihat sekali raut bahagia anak-anak karena bisa memperoleh perlengkapan sekolah baru yang mungkin selama ini diimpikannya.
 
2.     Menyalurkan sedekah
Seperti namanya, Laskar sedekah ini tujuan utamanya adalah menyalurkan sedekah. Biasanya eksekusi sedekah yang dilakukannya akan diberikan kepada orang sakit yang tidak mampu, para lansia, anak yatim piatu, janda tidak mampu dan lain sebagainya. mereka semua bekerja secara sukarela tanpa digaji karena mereka yakin kebikan yang ditebarkan akan tumbuh menjadi buah keberkahan dalam hidup. Slogan mereka adalah "Bayarlah kami dengan doa". 
 
3.     Odot
Mungkin banyak orang yang merasa sangat berat untuk bersedekah walaupun gaya hidupnya sangat mewah. Untuk melatih jiwa berbagi dan bersedekah, Laskar Sedekah membuat program ODOT (One Day One Thousand). Jadi Laskar Sedekah menyediakan celengan yang bisa digunakan untuk memasukkan uang setiap harinya. Jika sudah terkumpul banyak, nantinya uang dapat disalurkan ke Laskar Sedekah. Dengan membiasakan diri bersedekah tentu saja akan membuat diri agan atau sista lebih merasa ringan lagi dalam bersedekah.
 
4.     Tebar nasi bungkus
Program tebar nasi bungkus ini biasanya dilakukan setiap minggu pagi yang sasarannya adalah para tukang becak, tukang sampah, tukang sapu jalan, pengemis, gelandangan dan lain sebagainya. Ini juga merupakan salah satu upaya untuk menyalurkan hasil sedekah yang sudah terkumpul.
 
5.     Ambulance gratis

sumber : di sini
Komunitas Laskar Sedekah ini juga memiliki ambulance gratis yang dapat digunakan setiap saat. Pembelian ambulance ini juga merupakan hasil patungan sedekah dari banyak orang hingga dapat dikumpulkan untuk membeli mobil ambulance. Ambulance ini biasanya mengantarkan pasien sakit yang tidak mampu, orang yang meninggal tanpa dipungut biaya. Tak hanya itu saja, ambulance ini juga biasanya selalu siap sedia mengawal dan memberikan bantuan saat ada acara sosial sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat.
 

Dengan bergabung di komunitas ini ane jadi lebih tergerak untuk bersedekah dan bermental kaya. Ane semakin yakin kalau dengan bersedekah harta kita tidak akan berkurang dan bahkan akan bertambah berkali-kali lipat. Ini sudah ane jalanin dan sekarang rasanya ane ketagihan untuk terus menerus bersedekah. Bersedekah nggak harus nunggu kaya lho, kalau nunggu kaya dulu baru bersedekah, berarti mental kita adalah mental miskin.

Begitu mulia sekali para pemuda yang mau memanfaatkan masa mudanya dengan banyak hal yang bermanfaat bagi banyak orang. Semoga komunitas ini bisa menjadi salah satu teladan bagi agan sekalian untuk bisa membuat komunitas yang bermanfaat. Bukankah salah satu tujuan hidup manusia adalah untuk menjadi pribadi yang bermanfaat dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT

 

Diubah oleh cunhida 15-11-2019 04:40
sebelahblog
sebelahblog memberi reputasi
1
495
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.