Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
110
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdad8c4f4ae2f2ee40c4ea1/bulan-puasa-nasi-megono-tetap-idola
Agan Sista di mana pun berada, masih tetap semangat menjalankan puasa! Tentunya masih dong. Semoga di bulan penuh berkah ini benar-benar diberi keberkahan yang berlipat-lipat.
Lapor Hansip
14-05-2019 22:03

Bulan Ramadhan Nasi Megono Tetap Idola

Past Hot Thread
Makanan sedap ramah di kantong


Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola

Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola

Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola

Agan Sista di mana pun berada, masih tetap semangat menjalankan puasa! Tentunya masih dong. Semoga di bulan penuh berkah ini benar-benar diberi keberkahan yang berlipat-lipat.

Ketemu lagi dengan saya warga asli Pekalongan. Begitu mendengar kata Pekalongan pasti ingat dengan nasi megono. Ternyata Nasi Megono menjadi makanan favorit warga Pekalongan. Di samping harganya yang aman di kantong, ternyata rasa dari nangka muda yang dibuat megono bikin nagih Gan! Apalagi dengan tempe mendoan ditambah sedikit sambal terasi, wow rasanya begitu nendang di lidah.

Ada yang bilang nasi megono gak ada vitaminnya Gan, cuma bikin kenyang. Itu salah besar, makanya emang nasi megono, tapi tambahannya ada tempe mendoan, sate telur puyuh atau telur dadar, kurang vitamin apalagi coba.

Di bulan Ramadhan ini, nasi megono tetap jadi idola. Mau tahu kenapa jadi idola, katanya orang-orang yang merantau, megono itu cuma ada di Pekalongan. Nasi megono yang dipadukan dengan daun kecombrang, wow lebih mantap lagi. Berikut langkah-langkah membuat Megono berikut tempe mendoan nya.

Quote:1. Ambil nangka yang masih muda. Kupas kulitnya, bersihkan getahnya. Kemudian cuci bersih dan cincang halus. Untuk mencincang sampai halus biasanya butuh tenaga laki-laki, biar benar-benar jadi cincangan kecil.

2. Siapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, mrica, ketumbar, kemiri, trasi, garam kemudian haluskan, jangan lupa tambahkan daun salam, sereh, lengkuas daun jeruk purut. Haluskan bumbu kecuali dauh salam, lengkuas dan sereh. Tambahkan sepotong gula merah.

3. Parut satu butir kelapa yang sedang, bukan kelapa yang sudah tua.

4. Nangka muda dikukus bersama bumbu yang sebelumnya telah digoreng dan parutan kelapa, tunggu sampai empuk.

5. Angkat Megono dalam wadah besar, kemudian campur dengan bumbu-bumbu tadi. Taburkan bawang goreng di atasnya. Siap untuk dihidangkan.


Selain nasi megono pasangan setianya adalah tempe mendoan. Kalau membuat tempe mendoan, seperti menggoreng tempe tepung pada umumnya, hanya saja angkat sebelum tempe kering. Istilahnya masih mendo alias mendoan.

Harga seporsi nasi megono itu beda Gan, kalau pagi nasi Megono dua ribu rupiah itu masih banyak. Tapi yang dijual malam isinya lebih sedikit. Di bulan Ramadhan ini nasi megono masih dicari terutama yang suka makanan sedap. Kalau belinya dibungkus daun pisang wah lebih sedap lagi.

Warga Pekalongan, harus bangga dengan makanan khas daerahnya. Siapa yang ingin menikmati nasi megono bersama teman-temannya, Silakan berkunjung ke Pekalongan. Banyak sekali warung-warung di pinggir jalan yang menjajakan nasi Megono, gak sampai sepuluh ribu dijamin kenyang.sOh iya, nasi megono juga nikmat disantap dengan pindang tetel lho gan. Akh ... Jadi pengen Nasi megono beneran, tunggu apalagi langsung cap cus beli nasi megono ya.
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botakbin dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 6
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
31-05-2019 18:24
Quote:Original Posted By ceuhetty
Kagak sih agieh pengen ajaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Oh gitu ya
0 0
0
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
31-05-2019 18:26
Quote:Original Posted By trifatoyah
Oh gitu ya


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
03-06-2019 05:21
nyaaammmm...Enak kayaknya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
09-06-2019 15:53
Quote:Original Posted By astian.rachman
nyaaammmm...Enak kayaknya


Uenak tenan😘emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
0 0
0
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
13-11-2019 19:07
istilah tempe medoan dan tempe tepung itu beda banget lho oom...tempe mendoan bukan tempe yang hanya ditepungi...jadi takut aja di ketawain orang banyumas dan sekitarnya. mending amannya tempe goreng aja
Diubah oleh ariestarbut
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
14-11-2019 05:46
Quote:Original Posted By ariestarbut
istilah tempe medoan dan tempe tepung itu beda banget lho oom...tempe mendoan bukan tempe yang hanya ditepungi...jadi takut aja di ketawain orang banyumas dan sekitarnya. mending amannya tempe goreng aja


Kalau di ane emang tempe mendoan ya seperti itu, kan beda daerah juga beda macam dan beda rasa juga tentunya😁
profile-picture
botakbin memberi reputasi
1 0
1
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
09-12-2019 20:53
lapeeeer nih jadinya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
10-12-2019 03:24
Quote:Original Posted By botakbin
lapeeeer nih jadinya


Makaaaan doooong
profile-picture
botakbin memberi reputasi
1 0
1
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
10-12-2019 13:58
Quote:Original Posted By trifatoyah
Makaaaan doooong


Makan-makan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
1 0
1
Bulan Puasa Nasi Megono Tetap Idola
10-12-2019 15:55
Quote:Original Posted By botakbin
Makan-makan


Makan nasi megono
0 0
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia