betiatinaAvatar border
TS
betiatina
Mencegah Anak Rewel di Pusat Perbelanjaan, Lakukan Cara Mudah Berikut
Agar anak tidak rewel saat diajak belanja (parenting)


--Welcome to betiatina thread--


Ketika mambawa si kecil belanja di pusat perbelanjaan dan si doi rewel, marah, ngambek, berteriak, bahkan tantrum. Kadang kita dibuat gemes oleh tingkahnya ya gansis.

Pengen ikut marah, mata melotot, bahkan tangan sudah mulai gatal ingin mencubit? No. Harus dihindari!

Hindari hal-hal yang akan menambah si doi makin bertingkah. Karena itu hanya senjata pamungkas untuk melancarkan keinginannya demi mendapatkan apa yang doi mau.




Banyak hal yang sebenarnya bisa kita lakukan sebelum mengajak doi berbelanja. Dan pastikan dulu, anak dalam keadaan sehat dan moodnya bagus.



Nah,berikut ini adalah hal-hal yang sebenarnya bisa kita lakukan kepada anak setiap akan mengajaknya belanja. Apalagi kalau belanjaan kita bakal banyak nanti. Bisa-bisa acara belanja bisa gagal ya gansis


1. Buat kesepakatan
Ibu atau orang dewasa lainnya bisa membuat kesepakatan bersama anak. Misal anak hanya boleh membeli satu mainan. Anak tidak boleh menangis. Anak boleh membeli jajanan sehat saja dll. Ini akan membuat anak memahami sebuah aturan.

2. Ajak membuat daftar belanja


Buat daftar belanja sesuai kemampuan anak. Jika anak belum bisa membaca, maka membuat gambar menjadi solusinya.
Daftar ini akan membantu anak menahan diri dari keinginan terhadap barang lain. Jelaskan juga pada anak tentang barang yang boleh diambil sesuai daftar belanja.

3. Beri kesempatan memilih


Jika dalam kenyataannya anak menginginkan barang lain, atau tambahan barang diluar catatan. Maka beri anak kesempatan memilih salah satu, sehingga jumlah barang belanja tetap sama. Cara ini membantu anak belajar disiplin dan tanggung jawab juga.

4. Biarkan anak membantu


Biarkan anak membantu memilih dan mengambilkan barang kebutuhan ibunya. Tentunya dengan arahan sesuai daftar belanja. Anak akan senang jika diberi tanggung jawab dan kepercayaan.

5. Beri pujian
Beri anak reward berupa pujian, belaian, ciuman atau ungkapan yang lain jika anak berhasil melewati semua godaan. Anak menurut, belanja sesuai aturan, tidak nangis, tidak marah dll, sesuai kesepakatan. Ini akan menimbulkan rasa percaya diri karena merasa dihargai usahanya.

Jika terpaksa anak masih rewel, maka biarkan anak mengeluarkan beban hatinya. Biarkan menangis dan rewel tanpa harus menuruti semua keinginan anak. Tapi, harus tetap dijaga keamanannya agar tidak terluka atau membayakan diri sendiri dan orang lain. Tawarkan minum, makan, dan istirahat. Dan dampingi anak sampai reda amarahnya.


Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua sebelum mengajak anak belanja

Semoga bermanfaat

Menerima kritik dan saran

Sampai jumpa di thread selanjutnya


Sumber tulisan. Opini pribadi
Sumber foto. sumber
Diubah oleh betiatina 14-01-2020 16:42
grg.
ondapriatna
farrelaura
farrelaura dan 44 lainnya memberi reputasi
45
10.8K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.