News
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcba326e83c7233df0dd2f3/sejumlah-warga-hentikan-paksa-ritual-upacara-keagamaan-di-bantul
Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan.
Lapor Hansip
13-11-2019 13:31

Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul

Past Hot Thread
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019). [Dok. umat]

Suara.com - Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019).

Penghentian tersebut karena adanya desakan dari sejumlah warga sekitar pelaksanaan upacara tersebut.

Salah seorang umat yang mengikuti upacara Odalan Setiaji membenarkan peristiwa tersebut ketika dikonfirmasi. Upacara keagamaan Hindu dan Budha tersebut sebenarnya dilaksanakan tanpa pengeras suara. Bahkan, sebelumnya umat yang hendak melaksanakan kegiatan tersebut juga telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar terkait upacara hari Selasa (12/11/2019).

"Tetapi warga tetap saja melakukan penolakan terhadap kegiatan kami,"ujarnya.

Setiaji menuturkan upaya penolakan yang dilakukan oleh warga sebenarnya sudah terlihat sehari sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut. Bahkan, petugas dari Polsek Pajangan telah berusaha melakukan mediasi dengan mempertemukan antara warga dan juga umat yang akan melaksanakan kegiatan upacara tersebut.

Setiadji mengatakan mediasi dilaksanakan oleh polisi pada Senin (11/11/2019) malam. Hasilnya, warga menolak karena kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dan tidak izin, hanya melakukan pemberitahuan ke tetangga dan polsek.

Dia juga membantah hal tersebut, karena sebelum dilakukan acara mereka telah melakukan diskusi dengan warga sekitar. Bahkan sebagai bentuk persetujuan, ada warga yang menyediakan halaman rumahnya untuk parkir dan menyediakan toilet tamu untuk peserta upacara dari luar kota.

"Acara ini sendiri dibatalkan untuk menghindari perselisihan lebih besar,"lanjutnya.

Aparat kepolisian dari Polsek Pajangan juga meminta kepada umat yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk menghentikannya. Alasannya, untuk melakukan kegiatan seperti itu perizinan diperlukan hingga tingkat provinsi. Padahal petinggi mereka, Ida Begawan Manuaba telah tiba di lokasi kegiatan.

Warga yang sebelumnya telah sepakat dan menyetujui digelarnya acara tersebut tidak bisa berbuat banyak lantaran aparat kepolisian yang hadir di lokasi kegiatan. Kendati begitu, warga bersiaga ketika akan terjadi perusakan rumah lokasi kegiatan maka mereka akan memanggil warga yang lain.

sumber : https://jogja.suara.com/read/2019/11...m_medium=share

Komen TS ; Pelu diselidiki lebih jauh, siapa yang dimaksud dengan "warga"
Diubah oleh azhuramasda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 12
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:50
lah yang kemarin larung ritual di pantai kalo ga salah jg dibubarkan kaum sebelah yg mayoritas . parah
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan manbrotheking memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:56
kenapa jaman sekarang tidak bisa bebas manjalankan kepercayaan masing²? bukannya Indonesia sudah merdeka..

harusnya yg tidak sepaham, cukup mengabaikan saja.. tp jangan mengganggu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ron_jeremy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:56
Quote:Original Posted By kopoktaw
Coba aja kejadianya kebalik dan melalukanya di bali. Bisa heboh ini emoticon-Smilie


Sy jg pingin melakukan hal yg sama,sebagai bentuk toleransi tp ah sudahlah,biarkan cm onta berotak manusia sj yg melakukan hal begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:57
ada beberalaoihak keknya
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 17:59
kemarin member ini membahas kebebasan agaman akibat larangan cadar dan cingkrang. sekarang beda lagi, bener2 bencana bagi semesta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dic.lvx dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:00
warga sekitar
warga muslim
warga kristen
warga agama lain
atau orang gilak dibalik agama🤣🤣🤣


ga jauh2 itu dari kadrun
profile-picture
profile-picture
JokerGenius dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:00
Pelakunya Atheis.
Pasti.
Sangat mungkin.
Tentunya.
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:02
Namanya juga media.., lagi gencar-gencar nya nih buat framing
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 18:05
Balasan post Kakek.Sugiono69
biar makan agama aja brew, toh jaminannya 72 bidadari toh.. #katamereka
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:05
Sangat rasis , dan intoleran,,,,cari selidiki dan habisi,,, emoticon-Wakaka
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:05
semoga ada solusinya
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:06
Aneh2 aja deh...
emoticon-Cape d...
profile-picture
ritsco memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:07
"Tahun 2012 Bu Uti (Utiek dari Paguyuban Padma Buwana) pernah membuat pernyataan bermeterai tidak akan melakukan kegiatan ritual sebelum ada izin terkait."

Belum juga mendapat izin, pantes dibubarin...
Buat framing mulu khususnya untuk kaum cingkrang
Persis Orientalis

emoticon-Traveller
Diubah oleh kmalhakim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan 8 lainnya memberi reputasi
0 9
-9
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:09
Di Jogja ya? Udah gak heran sih. emoticon-Big Grin

Acara kebaktian diserang, gereja diserang, salib kuburan dipotong, dll.. IMO, masih mendingan JaBar dikit kalau soal toleransi. emoticon-Big Grin
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:09
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
Jangankan yg belum mengantongi ijin, pengajian yang udah mengantongi ijin aja bisa dibubarkan kok.
Tanya aja banser kalo gak percaya.

emoticon-Traveller


Bener bro. Merasa paling bener aja.. Dan faktanya itu kajian dan pengajian juga di bubarin paksa kok.

Lagian media2 skrg juga harus berimbang dan menyampaikan sesuai fakta, jgn asal narasi dan redaksi biar laku dipasar.. itu namanya fitnah dan pembodohan.
profile-picture
profile-picture
youpork dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Lapor Hansip
13-11-2019 18:11
Balasan post chef.dayat
Quote:Original Posted By chef.dayat
kata temen gue orang jogja, disana udah semakin intoleran.
jangankan ibadah umat lain, orang pengajian saja didatangi, ditanya-tanya ini pengajian apa?!!


Paling nggak kalo dinyinyirin masih bisa diam membisu kan?

Lah didaerah gw, mesjid yang berafiliasi ama gerakan politik dijadikan bahan sarkas pada ngamuk semua ("katanya netral, gak bakal nyinyirin kinerja rejim jokowi. Kok khotbahnya gak jauh dari apapun yang terjadi salah jokowi?", "katanya rejeki diatur Tuhan, kok banyak pengangguran nyalahin jokowi yang lebih milih tenaga kerja asing?") emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan stomap memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:11
Ada juga ucapara seperti itu ?
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:12
bantul ga heran emoticon-Big Grin

masi mending sleman
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 18:13
Quote:Original Posted By Abc..Z
Paling nggak kalo dinyinyirin masih bisa diam membisu kan?

Lah didaerah gw, mesjid yang berafiliasi ama gerakan politik dijadikan bahan sarkas pada ngamuk semua ("katanya netral, gak bakal nyinyirin kinerja rejim jokowi. Kok khotbahnya gak jauh dari apapun yang terjadi salah jokowi?", "katanya rejeki diatur Tuhan, kok banyak pengangguran nyalahin jokowi yang lebih milih tenaga kerja asing?") emoticon-Ngakak (S)




Makanya bedain dulu agama sama pengetahuan agama, jadi ngrti maksud rezeki, jodoh itu diatur tuhan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Halaman 3 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia