• Beranda
  • ...
  • Health
  • Begini 8 Manfaat Kesehatan Pijat Akupresur dan Cara Melakukannya

rogaye343Avatar border
TS
rogaye343
Begini 8 Manfaat Kesehatan Pijat Akupresur dan Cara Melakukannya
Akupresur merupakan salah satu jenis terapi yang bisa dilakukan sebagai pengobatan alternatif berdasarkan teknik akupunktur yang berasal dari China sejak seribu tahun yang lalu. Seperti namanya, terapi bisa dilakukan dengan memberi tekanan pada berbagai titik syaraf atau meridian di tubuh. Penekanan yang diberikan pada poin tersebut dapat membantu mengobati berbagai jenis penyakit dan kelainan.

Perbedaan antara akupresur dengan akupunktur adalah jika akupunktur menggunakan jarum dalam metode pengobatan maka akupresur lebih bergantung pada jari atau peralatan lain untuk menekan bagian tubuh tertentu. Akupresur biasanya dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul. Sedangkan Akupunktur biasanya dilakukan tidak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan, Anda bisa membaca manfaat Akupunktur .

Sebagai salah satu teknik pengobatan, akupresur dianggap sebagai salah satu jenis terapi paling ampuh untuk menghilangkan masalah nyeri atau jenis masalah kesehatan lainnya seperti sakit kepala, mualise, mual, dan sebagainya. Itulah sebabnya orang sekarang menggunakan manfaat kesehatan dari pijat akupresur sebagai pilihan perawatan medis.

Manfaat akupresur untuk kesehatan

Poin akupresur terletak di kedua telapak kaki sebagai titik utama dan tersebar di seluruh tubuh sebagai titik kecil. Di telapak tangan, ada titik akupresur untuk jantung, paru-paru, ginjal, mata, hati, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid pankreas, timus, sinus dan timus otak. Ada banyak manfaat pengobatan akupresur seperti:

1. Mual

Mual adalah salah satu dari banyak gangguan kesehatan yang dialami seseorang dengan berbagai jenis penyebab yang berbeda .

Bagaimana cara melakukannya :

Anda bisa menekan titik tengah lengan.
Lakukan di area pergelangan tangan yang dihitung dari tiga jari lebar lipatan pada pergelangan tangan.

Dengan melakukan teknik ini rasa mual yang mengendap perlahan akan hilang. Apalagi bagi anda yang sedang dalam perjalanan, maka teknik ini akan sangat membantu anda dalam mengatasi mual perjalanan.

2. Masalah pencernaan

Masalah pencernaan bisa menyebabkan ketidakmampuan tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi yang telah Anda konsumsi. Mari 'periksa manfaat kesehatan dari pijat akupresur dan bagaimana melakukannya di bawah ini!

Bagaimana cara melakukannya :

Untuk mengatasi gangguan pencernaan dengan menggunakan teknik akupresur ini bisa dilakukan dengan menekan bagian tengah tubuh.

Bagian yang ditekan dihitung dari sekitar enam jari di atas pusar dan dua jari di bagian bawah tulang rusuk Anda.

3. Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala kesehatan yang tidak mengenal waktu dan tempat. Sakit kepala bisa sangat mengganggu sehingga menyebabkan hilangnya konsentrasi dan lainnya.

Bagaimana cara melakukannya :

Menghilangkan sakit kepala dengan menggunakan akupresur bisa dilakukan dengan menekan tepat di area antara ibu jari dan telunjuk.

4. Nyeri saat menstruasi

Ada lebih banyak manfaat kesehatan dari pijat akupresur. Menstruasi adalah situasi bulanan yang dialami setiap wanita. Jika Anda mengalami rasa sakit saat menstruasi, Anda bisa menggunakan akupresur untuk mengatasinya.

Bagaimana cara melakukannya :

Caranya adalah dengan menekan bagian dalam atau pada lekukan lutut untuk mengatasi haid yang menyakitkan.

5. Sakit di leher

Untuk meringankan rasa sakit di leher, cara melakukannya adalah Anda bisa menekan lubang yang ada di bagian belakang kepala menggunakan ibu jari Anda. National Health Institute of America mengklaim bahwa akupresur diketahui mempercepat pemulihan pergerakan motorik.

6. Konstipasi

Untuk mengatasi sembelit atau mungkin masalah pencernaan yang menyebabkan Anda kentut dengan susah payah, Anda bisa mengatasinya dengan menggosok perut ke arah tangan jam. Lakukan aktivitas ini sebanyak 150 sampai 300 kali.

7. Insomnia

Apakah kamu sulit tidur? Jika demikian, Anda bisa menggunakan teknik perawatan Acupressure untuk mengatasi masalah ini. Anda juga bisa mencoba pengobatan manfaat refleksi pijat kaki untuk kesehatan .

Bagaimana cara melakukannya :

Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan lipatan dan pergelangan tangan sejajar dengan jari kelingking. Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

8. Kaki bengkak atau Edema

Cara mengatasi gejala ini adalah dengan menekan bagian dalam kaki, sekitar 5 jari jika diukur dari pergelangan kaki tepat di belakang shin.

Perhatian Pijat Akupresur

Manfaat kesehatan dari Pijat Akupresur bisa jadi begitu beragam, tapi pasti ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk seseorang yang ingin melakukan akupresur, seperti:

Jangan lakukan akupresur saat Anda mengalami kegelisahan emosional.
Wanita seharusnya tidak menekan titik apapun pada payudara.
Wanita hamil akan lebih baik karena tidak melakukannya, terutama untuk kehamilan tiga bulan pertama.
Jangan gunakan akupresur sebagai perawatan untuk penyakit kronis dan penyakit jangka panjang.
Jangan melakukan akupresur dalam empat jam setelah mengkonsumsi berbagai jenis obat, memabukkan makanan atau minuman, dan tanaman obat atau tumbuhan obat.
Jangan melakukan akupresur jika Anda mengkonsumsi obat secara teratur.
Jangan lakukan itu jika kondisi jantung Anda diketahui mengalami gejala seperti yang berkaitan dengan degenerasi seperti radang sendi kronis, kanker, katarak, tumor, dan varises.
Jangan menggunakannya lebih awal sebelum atau setengah jam setelah mandi hangat, makan makanan berat, atau melakukan aktivitas fisik yang keras.
Tidak hanya digunakan untuk orang dewasa tapi teknik perawatan akupresur juga berguna untuk anak-anak. Ada banyak jenis gangguan kesehatan pada anak yang bisa diatasi melalui akupresur seperti demam, autisme, perut kembung, sulit makan, batuk, kaki terkilir, epilepsi atau bisa juga masalah yang berhubungan dengan masalah pernafasan. Manfaat kesehatan pijat akupresur untuk anak-anak dapat dilakukan sekitar 10 sampai 15 menit sedangkan untuk orang dewasa, akupresur bisa dilakukan 15 sampai 20 menit, meski sudah cukup lama 2 menit untuk perawatan rutin sehari-hari.xjodo.com
Silakan Berbagi jika Informasi Ini Berguna ^ V ^!

Baca juga:

7 Manfaat Kesehatan Hebat Makan Daun Kemangi Selama Kehamilan
4 Manfaat Kesehatan Memakai Tembaga
Begini 10 Manfaat Kesehatan Minyak Kelapa Selama masa Kehamilan
57 Manfaat Kesehatan Madu (No.1-25 Basis Ilmiah)
0
1.9K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.