Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

limewineAvatar border
TS
limewine
Selain Jenderal Gatot, Anies Disebut Berpeluang Maju Pilpres 2019
Jakarta - Sejumlah partai politik menggadang-gadang Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk diajukan sebagai calon presiden atau calon wakil presiden 2019. Setidaknya ada 4 partai yakni: NasDem, PPP, PAN, dan Gerindra yang 'melirik' Jenderal Gatot.

Baca juga: Jenderal Gatot Jadi Rebutan

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan peluang Gatot sebagai Capres 2019 agak kecil. Namun sebagai cawapres peluang Gatot masih terbuka.

Ini lantaran dari 4 partai yang menyebut nama Gatot, NasDem dan PPP sudah menyatakan diri mengusung Jokowi sebagai Capres. Adapun PAN dan Gerindra, jika berkoalisi tak cukup mengusung Capres. Gerindra telah lebih dulu menyatakan koalisi dengan PKS dan mencapreskan Prabowo.

"Tentu saja PKS akan mengajukan kadernya sebagai cawapres jika berkoalisi dengan Gerindra," kata Qodari kepada wartawan, Rabu (26/7/2017).

Qodari justru menyebut nama Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan yang berpeluang menjadi Capres 2019. Menurut dia Anies saat ini memiliki modal yang cukup, yakni elektabilitas dan potensi.

Elektabilitas Anies masih berpeluang naik ketika nanti menjabat Gubernur DKI Jakarta. Qodari kemudian mencontohkan pada peristiwa majunya Joko Widodo sebagai capres 2014, padahal belum genap 2 tahun jadi gubernur DKI.

"Kalau berkaca pada Jokowi, tak sampai 1 tahun elektabilitasnya melonjak sebagai capres. Anies masih menjabat satu setengah tahun sebelum Pilpres 2019. Bisa saja elektabilitasnya juga naik," kata Qodari.

Dan jika nantinya elektabilitas Anies bisa naik di atas Prabowo Subianto, terbuka peluang Gerindra mencapreskan mantan rektor Universitas Paramadina Jakarta itu.

"Ketika elektabilitas Anies di atas Prabowo, ada kemungkinan Prabowo mengajukan Anies, atau diajukan oleh partai lain," kata Qodari.

Mungkinkah Prabowo atau partai lain mengajukan Anies di Pilpres 2019?

Menjawab pertanyaan tersebut, Qodari mengingatkan bahwa Anies Baswedan memiliki seorang pelobi senior. "Jangan lupa, Anies punya pelobi ulang, Jusuf Kalla," paparnya.

Menurut Qodari terpilihnya Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta tak bisa lepas dari peran JK. "JK punya kemampuan untuk menggedor pintu-pintu partai politik, JK bisa punya potensi untuk membantu Anies," kata dia. (erd/tor)

https://m.detik.com/news/berita/3575005/selain-jenderal-gatot-anies-disebut-berpeluang-maju-pilpres-2019

Mantabs anies emoticon-Angkat Beer
0
2.5K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.